Artikel & Tips 5 Jenis Nasi Goreng Bagi yang Peduli Kandungan Gizi
5 Jenis Nasi Goreng Bagi yang Peduli Kandungan Gizi

5 Jenis Nasi Goreng Bagi yang Peduli Kandungan Gizi

14 Dec 2022, 13:12

Kalau ada makanan Indonesia yang bisa dibilang paling terkenal di seluruh dunia, nasi goreng adalah salah satunya. Tapi, tidak sedikit juga yang kurang sreg dengan nasi goreng karena dianggap kurang bergizi. Padahal, ada lho Ma yang namanya nasi goreng kaya dengan kandungan gizi itu!


Namun, Mama perlu tahu bahwa ada berbagai cara yang bisa kita lakukan bila ingin mendapatkan manfaat terbaik dari nasi goreng. Sederhananya sih, ada sejumlah bahan di kulkas dan mungkin minimarket yang bisa dilirik dan disertakan saat memasak nasi goreng. 


Dengan bahan-bahan ini, Mama dan kawan-kawan yang mampir ke rumah pasti tidak akan merasa bersalah ketika makan nasi goreng bersama. Sebaliknya, Mama dan keluarga malah akan senang bisa menikmati kelezatan rasa, warna, dan manfaatnya. 

Kebetulan ya, Ma, di Dapur Umami kita sudah punya beberapa resep andalan nasi goreng yang masuk ke dalam kategori hidangan bagi yang peduli kandungan gizi yang seimbang!


5 Nasi Goreng Kaya Gizi


1. Nasi goreng sayur SAJIKU®

Seperti halnya nasi goreng pada umumnya, cara membuat hidangan pertama kita ini cukup sederhana. Dan tentu saja cepat ya, Ma. Tapi, meskipun mudah dan cepat, tetap saja hidangan kita yang satu ini sangat sehat. 


Nasi Goreng Daging Sayur: sayuran berlimpah


Yang pertama kali perlu disiapkan oleh Mama tentu saja adalah bahan-bahannya. Menurut resep di Dapur Umami ini , berikut bahan-bahan yang kita butuhkan: nasi, wortel, daging giling, Sajiku® nasi goreng rasa ayam, 1 batang daun bawang, minyak goreng secukupnya, dan sebutir telur dadar yang dipotong suwir. Kalau Mama ingin bumbunya terasa lebih kuat, boleh menambahkan dua siung bawang putih dan merah. 


Tambahkan daun bawang ketika nasi putih, bumbu, daging, dan wortel sudah merata. Tunggu sebentar sebelum mematikan kompor. Tambahkan telur dadar yang sudah disuwir ketika akan menyajikan.

Dengan berbagai sayuran plus daging giling yang digunakan dalam membuat hidangan ini, kita bisa mendapatkan gizi yang berlimpah bagi keluarga.  


2. Nasi Goreng Tauge

Nah, yang kedua ini dari namanya sudah kelihatan di bagian mana gizinya. Betul, Ma, hidangan yang satu ini kaya banget dengan zat besi. Kalau soal zat besi, pasti Mama sudah hapal betul apa manfaatnya. 


Zat besi membantu menghindarkan kita dari anemia. Bagi Mama yang sedang datang bulan, tambahan zat besi ini sifatnya wajib lho! Tapi, selain Mama, anggota keluarga yang lain juga bisa mendapat manfaat dari zat besi. Dia membantu menjaga kinerja otot dan mendukung fungsi otak. 


Oke, bagaimana sih caranya kalau mau makan nasi goreng kita ini? Pertama-tama, bahan-bahannya kita sesuaikan dengan yang di Dapur Umami ini


Ada dua kelompok bahan. Pertama adalah bahan nasi goreng, yang terdiri dari nasi putih, tauge, sawi, tempe, cabai merah, rebon goreng, daun bawang, Sajiku® Bumbu Nasi Goreng Rasa Ayam. 

Kelompok bahan kedua adalah bahan bakwan. Untuk membuat bakwannya, Mama perlu siapkan wortel, seledri, daun bawang, kol, tauge, jagung pipilan, dan Sajiku® Tepung Bumbu Bakwan. 


Kalau melihat bahan-bahan ini, pasti Mama sudah bisa melihat sebanyak apa kandungan zat besi yang ditawarkan hidangan kita yang satu ini. 


3. Nasi goreng sayur kaya serat 

Dari namanya saja, hidangan Dapur Umami ini yang satu ini sudah ketahuan juara dalam hal apa. Tentu, nasgor kita yang satu ini adalah jagonya serat. Kalau sekilas melihat fotonya, pasti Mama bisa menebak apa yang menjadikannya kaya serat. 


Semakin kaya serat dengan tambahan sup


Betul, Ma, hidangan kita kali ini disebut kaya serat karena dia mengandung banyak buncis. Serat dari buncis yang termasuk ke dalam serat pangan ini sangat dibutuhkan oleh tubuh kita untuk pencernaan dan membantu mencegah berbagai kondisi berbahaya seperti kanker dan diabetes. 


Tapi, apakah nasi goreng sayur ini hanya mendapatkan seratnya dari buncis? Tentu tidak. Bahan-bahan untuk membuat nasi goreng ini ada dua kelompok: bahan untuk nasi goreng dan bahan untuk sup. 


Untuk nasi gorengnya, Mama perlu menyiapkan nasi, wortel, jagung pipil, buncis, masukkan telur 1 buah atau lebih sesuai selera, dan tentu saja Sajiku® Bumbu Nasi Goreng Rasa Ayam. Sementara itu, untuk sup pendampingnya Mama perlu menyiapkan wortel, buncis, kentang, kol, makaroni, seledri, dan Sajiku® Bumbu Sop. Jika sudah siap disajikan, mama boleh masukkan bawang merah goreng sesuai selera.


Bagaimana tidak kaya serat? Kedua kelompok bahan makanan kita yang satu ini begitu kaya serat pangan!


4. Resep Nasi Goreng Hijau Berkalsium

Kalau di tiga nasi goreng sebelumnya kita memiliki warna warni sayuran dari yang hijau, putih, hingga oranye, di resep kita kali ini kita akan mendapati nasi goreng yang didominasi warna hijau. 


Kalsium sangat dibutuhkan tubuh guna mempertahankan tulang, menjaga jantung, dan juga merawat syaraf. Kalsium memang dibutuhkan oleh semua orang berbagai usia, namun, anak-anak dan lansia adalah kelompok yang paling membutuhkan ini. 

Nasgor kita kali ini memiliki kalsium karena bahan-bahan utama dalam pembuatannya adalah bayam, kacang panjang, brokoli, dan wortel. 


Namun, agar lebih lengkap, Mama bisa melihat bahan-bahan lengkap untuk hidangan ini di sini . Bahan utama pembuatan hidangan ini adalah: tambahkan nasi, bayam, kacang panjang, ikan teri jengki, dan Sajiku® Bumbu Nasi Goreng Rasa Ayam. 

Selain nasi goreng, Mama juga membutuhkan topping yang terdiri dari brokoli dan telur. Sementara itu, untuk acaranya Mama bisa menggunakan mentimun, cabai rawit, bawang merah, wortel, gula pasir, garam, gula, cuka dan air. 


Dengan bahan-bahan seperti ini, tampilan nasgor kaya kalsium ini tentu didominasi hijau. Mengingat manfaatnya tadi, hidangan andalan ini akan sangat cocok bagi si buah hati dan orang tua Mama yang sedang berkunjung di rumah.


5. Resep Nasi Goreng Shitake 

Nah, yang terakhir ini yang melengkapi berbagai jenis nasi goreng sehat favorit keluarga Mama. Seperti namanya, nasi goreng shitake ini menggunakan satu jenis jamur yang paling populer dan kaya gizi. 

Shitake dikenal kaya dengan protein dan serat. Dua nutrisi ini benar-benar dibutuhkan oleh tubuh. Protein adalah kunci pembentukan otot dan perbaikan jaringan tubuh, khususnya setelah sakit. 


Dan, yang tidak boleh dilewatkan, shitake adalah termasuk ke dalam makanan yang memiliki glutamat atau sumber rasa umami yang alami. 


Oh ya, jangan lupa fakta terakhir ya, Ma: resep kita kali ini adalah resep nasgor yang paling mudah dibuatnya. Bahan-bahan utamanya tidak berbeda dengan nasgor lain yang ada di daftar ini. Bedanya adalah, kali ini Mama harus menggunakan shitake dan bukan buncis, bawang, atau sejenisnya. 


Makanya, kalau melihat deskripsi di atas, nasi goreng yang satu ini memiliki gabungan antara kenikmatan rasa, kekayaan gizi, dan … kemudahan pembuatan. 


Siap memasak? 

Setelah melihat daftar ini, pastinya Mama sekarang sudah tidak perlu ragu kalau kalau soal nasi goreng. Dengan kandungan berbagai jenis sayuran ini, tidak perlu sedikit pun ada keraguan bahwa nasi goreng adalah favorit yang terus bisa menjadi favorit. Demikian 5 resep nasi goreng yang menyehatkan yang dapat Mama kreasikan dan tentu saja bisa menjadi penyelamat di saat-saat genting.

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.