Artikel & Tips 5 JAJAN PASAR INI BERBAHAN DASAR KETAN
5 JAJAN PASAR INI BERBAHAN DASAR KETAN

5 JAJAN PASAR INI BERBAHAN DASAR KETAN

17 Nov 2022, 12:11

Memang paling asyik bila akhir pekan ini kita berburu berbagai kudapan alias jajan pasar ya Ma, baik yang rasa asin maupun rasa manisnya. Dari berbagai kudapan jajan pasar ini dibuat dari berbagai macam bahan dasar, salah satunya dari beras ketan. Artikel ini akan membahas lengkap dan ciamik, agar Mama bisa juga mempraktekan dan menjadi referensi.


Jajan pasar berbahan dasar ketan sangat cocok dengan teh panas


Lemper, jajan pasar berbahan ketan andalan

Kudapan atau jajanan bercita rasa gurih ini siapa yang tak kenal ya, Ma. Yak, lemper yang berbungkus daun ini memang masih menjadi jajanan favorit untuk mengganjal perut. Terbuat dari kukusan dengan bahan utamanya beras ketan bercampur dengan santan yang gurih ini, akan semakin nikmat dengan isian suwiran daging ayam yang berbumbu dang dibungkus daun pisang. 


Atau kini Mama bisa menemukan beberapa modifikasi isian dan cara olahnya, ada yang berisi abon. Atau, kalau mau yang kekinian, saat ini yang laris manis adalah lemper bakar. 

Oh ya, di Dapur Umami ada resep Lemper Isi Rendang lho, Ma! Masak nggak tertantang?


Ketan serundeng

Jajan pasar yang satu ini cocok banget buat sarapan, karena bisa dimakan untuk sarapan disandingkan dengan secangkir teh hangat. Dengan rasanya yang gurih pedas, ketan serundeng ini bikin kenyang.


Mama juga bisa membuat jajan pasar ini di rumah. Caranya adalah siapkan saja beras ketan putih dengan kualitas bagus, kukus hingga pulen. Yang menarik adalah pembuatan serundengnya. Serundeng kit aini berbahan dasar kelapa yang diparut memanjang.


Selanjutnya kelapa tersebut yang dibumbui dengan duo bawang, cabe merah, kunyit, jintan, lengkuas, merica, sereh, daun salam, gula, garam, dan tentu saja MASAKO® Rasa Ayam agar rasa semakin mantap.


Ketan srikaya

Ketan srikaya ini merupakan jajan pasar dengan rasa yang unik, gurihnya tepung ketan putih dan legitnya srikaya cocok disantap untuk kudapan sore bersama keluarga. Terbuat dari beras ketan, santan, dan daun pandan.


Cara membuatnya juga cukup mudah: terbuat dari kukus beras ketan dengan santan dan daun pandan hingga matang. Masukkan ke dalam loyang. Untuk selanjutnya membuat srikaya dari santan, gula kelapa, gula pasir, dan sejumput garam hingga larut, tambahkan maizena sebagai pengentalnya. Tuang srikaya ini ke dalam loyang yg sudah berisi ketan tadi. Kukus hingga matang, ketan srikaya yang legit siap disajikan.


Wajik

Jajan pasar yang satu ini selain dimakan sebagai kudapan, namun karena cita rasa nya, sering kita temukan untuk acara khusus, seperti misalnya untuk acara pernikahan. Apalagi kalau bukan wajik. Jajanan ini memiliki arti tersendiri ketika dibawa atau disajikan dalam pesta pernikahan.


Apakah Mama mengetahui arti dari jajan wajik ini ketika menghadiri pernikahan? Jajanan ini dihidangkan dalam maksud agar kedua mempelai selalu erat atau lengket seperti ketan, dan kehidupan rumah tangga yang manis seperti rasa wajik.


Sesuai dengan namanya, wajik memiliki bentuk jajaran genjang. Bahan dasarnya adalah beras ketan, gula merah atau air gula merah, santan kental, dan daun pandan untuk menambah aroma harum. Walaupun proses memasaknya tidak sebentar, Mama dan keluarga tentu mau menunggu untuk menikmati jajanan manis yang satu ini.


Lepet

Jajanan tradisional pasar yang satu ini sering kita temui bersamaan dengan tradisi kupatan dan juga hari biasa lainnya. Untuk membuatnya, Mama bisa siapkan bahannya terlebih dahulu, beras ketan, kelapa parut, dan kacang tolo. Yang membuat menarik dari lepet ini adalah pembungkusnya Ma, lepet ini dibungkus dengan daun kelapa muda atau biasa disebut janur dan diikat atau dililit dengan tali bambu.


Tekstur dari lepet yang padat ini menjadikan salah satu jajan pasar yang mengenyangkan.

Dari semua jajan pasar ini mana yang jadi favorit Mama? Untuk resep dan artikel lain, seperti onde onde, semar mendem, dan lainnya. Mama bisa mengakses Dapur Umami.

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.