5 Cara Membuat Ritual Pagi Di Dapur Lebih Nyaman

Memasak pagi adalah bagian dari ritual pagi yang paling vital. Agar sepanjang menjadi indah, kita perlu menguasai cara membuat ritual pagi di dapur ini menjadi nyaman. Dari banyak hal yang bisa dilakukan, ada empat hal sederhana yang bertujuan untuk membuat memasak pagi lebih nyaman.


Gunakan Bahan yang Ada

Inilah yang paling penting: bersikap fleksibel dan menggunakan bahan yang sudah ada. Hal ini penting karena tidak setiap hari kita punya semua yang dibutuhkan untuk mencoba satu resep tertentu. Bahkan, sering kali Mama tidak menemukan satu dua hal yang idealnya ada. Ada kalanya satu bahan rusak, dan bisa jadi pula salah satu bumbu telah habis. 


Sikap fleksibel ini bisa membuat Mama nyaman dan tidak uring-uringan. Gunakan saja bahan yang masih ada atau sudah ada. Tidak semua masakan harus sekelas karya Master Chef. Ada kalanya aroma jahe hilang dari hidangan Mama karena jahe bubuk sudah habis. Katakan kepada anggota keluarga dan mereka pun akan belajar menerima hidup yang tak selalu sempurna. 


Bersihkan Dapur Malam Sebelumnya 

Setelah hari yang panjang, di malam hari kita hanya ingin segera tidur. Kalau sudah begitu, dapur sering ada paling belakang dalam skala prioritas. Akhirnya, ketika bangun pagi, kita harus berhadapan dengan piring yang berserakan di tempat cuci piring atau peralatan masak masih di atas konter dapur. Jadinya, sebelum masak pun Mama sudah harus bersih-bersih dulu. Belum capek sudah lelah. 


Padahal, ada cara membuat pagi lebih indah: membersihkan dapur pada malam sebelumnya. Di sore atau malam hari, sebagian besar anggota keluarga masih terjaga. Karena itulah keluarga bisa saling membantu membersihkan dapur malam itu juga. Peralatan makan dan masak yang sudah selesai dipakai bisa langsung dicuci. Makanan sisa yang masih bagus bisa masuk ke kulkas. 


Mungkin terdengar berat, tapi membersihkan dapur di malam hari sangat berarti. Sempatkan pula untuk mengeluarkan kotoran atau tempat sampah dari dapur pada malam hari. Dengan melihat dapur bersih di pagi hari, kita bisa lebih produktif pada pagi harinya

Dapur Bersih Termasuk Cara Membuat Ritual Pagi Nyaman


Miliki Daftar Portal Resep Favorit

Portal resep atau website kuliner sangat mudah dicari dengan mesin pencari. Tapi, di antara ratusan website kuliner yang bisa ditemukan, pasti ada beberapa yang paling Mama sukai karena paling jelas atau praktis. Miliki daftar website-website seperti ini, baik untuk berjaga-jaga atau untuk membaca resep-resep baru. 


Website kuliner yang menunjukkan cara membuat makanan sehari-hari adalah solusi yang tak pernah salah. Ada kalanya Mama masih belum menguasai resep-resep tertentu dan masih butuh contekan. Tapi, bisa juga terjadi karena satu dua bahan tidak tersedia Mama harus mencari alternatif masakan. Ketika website-website ini mudah dijangkau, ritual pagi di dapur pun jadi lebih rileks. 


Kuasai Cara Membuat Sarapan Sederhana

Pada saat-saat tertentu, ketika waktu memasak tidak selonggar biasanya. Banyak sebabnya: bangun kesiangan, ada acara kantor lebih awal, atau lain-lain. Di sini, penyelamat Mama adalah cara membuat sarapan sederhana yang tidak butuh waktu lama. Tentu saja tanpa mengurangi kelezatannya. 


Yang perlu dikuasai di sini antara lain cara membuat sup ayam, cara membuat omelet dengan sayur, atau bahkan cara membuat sandwich yang sehat tapi indah. Dengan menguasai ketrampilan-ketrampilan memasak kilat ini, ritual pagi Mama bisa nyaman. Bila cara membuat sarapan sederhana ini belum bisa dikuasai sepenuhnya, daftar kuliner yang sudah dimiliki sebelumnya tetap bisa membantu.  


Meski terdengar sederhana, empat hal ini tidak bisa diharapkan terjadi dengan sendirinya. Yang biasanya paling sulit dilakukan adalah membersihkan dapur pada malam hari. Perlu ditumbuhkan pemahaman di seluruh anggota keluarga bahwa hal ini penting bagi mama dan keluarga. Akhirnya, dengan keempat cara membuat kegiatan pagi di dapur ini lebih nyaman, keluarga bisa menjalani hari dengan lebih produktif. 


sumber:https://pixabay.com/id/photos/dapur-kompor-memasak-rumah-makanan-3148954/

aumber:https://pixabay.com/id/photos/dapur-mengetuk-tenggelam-keran-1867663/