Artikel & Tips 4 Variasi Donat Hits dari Bahan Hingga Bentuknya
4 Variasi Donat Hits dari Bahan Hingga Bentuknya

4 Variasi Donat Hits dari Bahan Hingga Bentuknya

26 Jul 2022, 19:07

“Bulet-bulet bolong tengahe,” begitu kata Joshua Suherman waktu masih jadi penyanyi cilik. Mama pasti sudah akrab betul bahwa kue yang dimaksud, si kue donat, adalah favorit anak-anak sampai orang dewasa. Tapi, apa donat harus “bulet-bulet bolong tengahe?”


Nah, itulah yang akan kita bicarakan hari ini, Mama. Ayo kita lihat berbagai varian donat yang bentuk, bahannya macam-macam, dan cara membuat donat. Simak ya, Ma.


Cronut

Kalau dari namanya, donat hits yang satu ini sangatlah berbeda dari bahan hingga rasanya. Cronut ini merupakan sebuah perkawinan antara croissant dan donat. Bahannya croissant dan bentuknya donat. 


Bahan yang diperlukan untuk membuat cronut ini sangatlah mudah, karena sekarang sudah tersedia kulit pastry instan yang dengan mudah Mama dapatkan di pasar maupun swalayan. Sedangkan untuk fillingnya Mama siapkan kuning telur, susu cair, sedikit maizena, vanilli ekstrak, dan gula pasir.


Untuk membuat cronut, langkah pertama yang perlu Mama lakukan adalah pembuatan fillingnya. Campurkan tepung maizena, kuning telur dengan susu cair. Aduk hingga merata, lalu panaskan diatas kompor dengan api sangat kecil. Aduk dengan cepat hingga mendidih, lalu masukkan gula dan vanilla.


Angkat dan tiriskan lalu sisihkan terlebih dahulu. Filling pun jadi!

Untuk membuat cronutnya, siapkan kulit pastry instan dalam suhu ruang. Cetak dengan cetakan donat.


Goreng cronut dengan panaskan minyak terlebih dahulu, namun api sedang. Goreng hingga mengembang, namun tidak sampai mengembang dua kali lipat dan berwarna coklat keemasan. Bila sudah dingin, beri filling yang sudah dibuat sebelumnya.


Cronut yang gurih dan legit siap disantap! 


Bomboloni crispy

Di sini kita mulai ketemu donat yang tidak lagi standar. Bagian tengahnya tidak berlubang dan tetap bentuk bulat. Bentuknya utuh tapi bisa diisi dengan berbagai macam rasa filling atau diberi taburan gula halus maupun saus gurih umami pada permukaannya.


Bahan yang diperlukan dalam membuat bomboloni cukup standar kok, Ma. Kita bisa pakai tepung berprotein tinggi, gula, ragi instan, susu bubuk, kuning telur, margarin, dan sedikit garam. 


Sementar itu, untuk langkah pembuatannya, Mama campur bahan kering terlebih dahulu (yaitu tepung terigu, ragi instan, gula pasir, dan sedikit susu bubuk) dan kemudian aduk hingga rata.


Masukkan kuning telur dan air, mixer dengan kecepatan tinggi atau uleni hingga adonan menyatu. Masukkan margarin dan garam, uleni kembali hingga adonan kalis. Bagi adonan atau dough bomboloni, diamkan sesaat dan tutup adonan hingga mengembang sempurna kira-kira kurang dari 10 menit tidak sampai 30 menit. 


Terakhir, goreng hanya dengan sekali balik ya, Ma. Tujuannya agar bisa muncul white ring-nya. Bila donat sudah dingin, lubangi salah satu sisinya dan isi dengan filling sesuai selera. Kalau ingin, jangan lupa pula taburi seluruh permukaan bomboloni dengan gula halus.


Nah, kalau Mama ingin membuat bomboloni dengan variasi rasa gurih umami, coba gunakan saus bolognese seperti pada Pizza Bolognese ala AJI-NO-MOTO® ini.  


Kkwabaegi

Kita sudah mulai sering jumpai Kkwabaegi atau “donat kepang ala korea” di gerai-gerai penjual donat saat ini. Tapi, apakah Mama tahu bahwa cara membuatnya sangat mudah dan sama persis dengan pembuatan donat biasa. Yang membedakan hanya bentuk dan taburannya. Coba deh Mama lihat bentuknya yang tidak umum ini:


Untuk bahan dan cara membuatnya, Mama bisa gunakan resep donat yang menjadi andalan Mama. Cara membuatnya, Mama harus membagi adonan menjadi sama besar, lalu potong menjadi kurang lebih 16 bagian. Untuk selanjutnya, setiap bagian adonan digulung memajang. 


Ambil satu potong adonan dan kemudian kepang-kepang. 

Lalu goreng donat kepang tersebut dalam minyak panas. Bila sudah dingin taburi dengan gula putih yang dicampur dengan kayu manis bubuk.


Lukumades

Lukumades ini adalah donat yg hits dari Yunani, walaupun di Indonesia juga sudah menjamur. Donat yang satu ini originalnya adalah donat berbentuk bulat, ukuran kecil-kecil, tidak ada lubangnya dan dimakan di sirup madu.


Di Amerika Serikat, bentuk donat yang seperti ini disebut “doughnut holes” atau lobangnya donat. Disebut begitu karena memang bola-bola ini adalah bagian tengah tepung donat pipih yang diambil dengan alat cetak. 


Bahan yang diperlukan untuk membuat Lukumades hanyalah tepung berprotein tinggi, susu cair, gula dan ragi. Untuk membuatnya, aduk rata semua bahan dan kemudian diamkan kurang lebih 1 jam. Masukkan dalam piping bag yang digunting ujungnya. Goreng dalam minyak panas. 


Nikmati dengan sirup madu, gula halus, maupun berbagai topping, seperti donat abon yang pernah dibahas di Dapur Umami.


Donat mana yang menjadi favorit Mama dan keluarga?

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.