4 Resep Bakso Mercon, Pedesnya Nampol

Bagi pecinta kuliner pedas, kehadiran bakso mercon ini menjadi salah satu alternatif menikmati bakso dengan cara yang lain.


Bakso yang diberi isian sambal dan dimakan dengan kuah cabe ini pedesnya nampol dan bikin nangis. Mama bisa membuatnya sendiri di rumah dengan takaran dan level pedas yang disesuaikan dengan selera keluarga. 


Jangan lupa siapkan air putih saat memakannya ya ma, karena rasanya yang pedas banget.

Meskipun rasanya jelas berbeda dengan bakso biasa, sebenarnya cara membuat bakso mercon ini tidak ada bedanya dengan bakso pada umumnya.


Hanya saja pada bakso mercon ada tahap memberi isian sambal. 

Untuk membuat adonan baksonya pun Mama hanya perlu mempersiapkan daging, es batu, bawang putih goreng, lada, tepung tapioka sebagai campurannya, garam dan tentu saja MASAKO® rasa daging sapi.


Sedangkan untuk isian sambelnya, Mama haluskan dan tumis bawang putih, cabe rawit, dan cabe besar. Sambal ini kemudian “disuntikkan” ke dalam bakso untuk sensasi merconnya.


Pada artikel ini kita akan membahas resep bakso mercon bila dipadukan dan diolah menjadi berbagai macam, sehingga ada beberapa cara dalam menikmati bakso mercon pedas nampol.


Bakso mercon oseng puyuh pedas

Sesuai dengan namanya, bakso mercon ini tidak dinikmati dengan kuah pedas seperti biasanya, namun bisa dinikmati dengan nasi hangat. Untuk membuatnya, Mama memerlukan bakso mercon super pedas, telur puyuh matang, daun jeruk, sereh dan daun salam.


Untuk bumbu yang dihaluskan, Mama siapkan bawang merah, bawang putih, cabe rawit, cabe keriting sesuai selera. 


Yang perlu Mama lakukan selanjutnya adalah tumis semua bumbu halus, tambahkan SAORI® saos tiram untuk memperkuat rasa. Masukkan bakso mercon, telur puyuh dan semua bahan. Aduk hingga rata dan matang. Sajikan dengan sepiring nasi hangat, dijamin nambah piring kedua.


Bakso bakar mercon dower

Bakso bakar mercon dower ini siap membuat ketagihan, dengan rasa pedas dan aroma bakarannya yang menambah nikmat.


Untuk membuat bakso bakar ini Mama terlebih dahulu siapkan bahan olesan yang diperlukan, haluskan bawang putih, cabe rawit, cabe merah keriting, kecap manis, minyak goreng dan sedikit MASAKO® rasa sapi.


Tusukkan bakso mercon pada tusuk sate dari bambu dan kemudian olesi dengan bumbu yang sudah dipersiapkan. Bakar di panggangan atau bisa juga di teflon. Ulangi olesan agar bumbu semakin meresap dan rasa pedas dower semakin terasa. Angkat bila bakso telah matang dan sedikit kecoklatan.


Bakso bakar mercon ini bisa disajikan begitu saja dengan nasi hangat, atau bisa juga disajikan dengan kuah bakso, lengkap dengan bihunnya. Kalau butuh ide kuah bakso, bisa coba ini ya, Ma. Awas, bakso bakar mercon ini bisa membuat ketagihan,


Bakso mercon beranak

Seperti bisa dibayangkan, pembuatan bakso mercon beranak ini harus melewati dua step penyiapan: penyiapan “anak” dan kemudian “induknya”.


Persiapkan adonan bakso dan isian sambalnya. Mama buat terlebih dahulu bakso dengan ukuran kecil-kecil sebesar kelereng dengan menggunakan adonan bakso. Masukkan ke dalam air rebusan tulang yang sudah mendidih. Lalu sisihkan bakso berukuran kecil ini. 


Langkah kedua adalah Mama buat bakso dengan menaruh adonan di telapak tangan Mama. Isi adonan ini dengan isian sambel dan 3 butir bakso ukuran kecil yang sudah jadi tadi. Kemudian bulatkan hingga bulat sempurna. Rebus dalam panci yang berisi air mendidih dan tunggu agak lama hingga bakso nampak di permukaan. 


Untuk menikmati bakso mercon beranak ini, Mama juga bisa menikmatinya dengan kuah yang sangat pedas.

Cukup tambahkan cabe rawit pada kuah bakso yang Mama buat, double pedas.


Bagaimana ma, sudah siap berkreasi dengan aneka bakso mercon diatas? Risiko ketagihan ditanggung sendiri ya, Ma.