4 Makanan untuk Anak Susah Makan ala Dapur Umami

Sebelum membahas rekomendasi makanan untuk anak susah makan ala Dapur Umami, Mama perlu tahu alasan mengapa anak susah makan.

“Umumnya anak usia 6-9 tahun takut mencoba makanan-makanan baru yang belum pernah mereka coba. Baik karena bentuk, aroma, maupun tekstur. Karena itu, penting membuat tampilan makanan menarik agar anak terpancing untuk mencobanya.”¹

Jika sudah buktikan makanan yang dimakannya ternyata enak, anak biasanya bakal ketagihan kok! Nah, Dapur Umami akan memberikan inspirasi menu makanan untuk orang tua yang masih bingung bikin apa.




Healthy Cute Muffin

Resep ini merupakan juara pertama lomba kreasi menu si kecil yang pernah Dapur Umami selenggarakan pada 2016. Kelebihan makanan ini terletak pada kepadatan nutrisi dalam makanan dalam porsi yang tak begitu besar.

Adonan muffin yang berisi telur, wortel, jagung, paprika, roti parut, keju parut, serta susu cair dapat menggambarkan betapa lengkap nutrisi di dalamnya. Tambahan bumbu dari kayu manis bubuk, merica, dan masako rasa sapi yang mama aduk rata membuat rasanya semakin kaya.

Tak salah juga Mama mengolahnya langsung bersama si kecil yang sulit makan untuk mengenalkan bahan-bahan makanannya yang banyak. Ini juga bisa jadi salah satu cara membuatnya makan lebih semangat.² 




Sandwich Donat Ayam Teriyaki

Bagaimana supaya anak lahap makan? Mengkombinasikan bahan bahan makanan dengan variasi warna terang dalam satu wadah adalah ide yang bisa Mama coba untuk membuat selera makan si kecil naik. Donat cantik kaya karbohidrat ini sesekali dapat menjadi pengganti nasi yang sehat dan lezat untuk anak.

Mama bisa mendapatkan adonan donat dari campuran tepung terigu, ragi instan, gula, telur, margarin, dan garam yang diuleni hingga kalis. Setelah adonan di oven Mama perlu melapisinya dengan tepung roti agar tampak crispy dan menggorengnya.

Supaya gizinya lengkap, Mama bisa menambahkan isian ayam cincang, bawang bombay, bawang putih, minyak wijen, serta Saori saus teriyaki. Selain sehat, rasanya pasti lezat untuk anak yang susah makan.




Pizza Mie Goreng 

Kalau si kecil suka makan mie, Mama bisa coba resep pizza mie ini. Selain agar nafsu makan meningkat, Mama bisa menambahkan komponen lain untuk memperkaya nutrisi dan rasa.

Hal yang perlu Mama siapkan adalah mie yang sudah direbus dan potongan sosis. Campurkan keduanya dalam satu wadah lalu tambahkan tepung bumbu bakwan Sajiku. Setelah merata, goreng hingga warnanya kuning kecoklatan.

Terakhir, Mama bisa gunakan parutan keju dan seledri cincang untuk topping-nya. Nah, pizza mie sudah siap santap dengan cocolan saus tomat atau mayonaise favorit untuk memberikan rasa lebih nikmat.




Kentang Saus Bolognese ala Delito

Saus bolognese khas Italia bukan hanya cocok jenis makanan pasta, namun cocok juga Mama padukan dengan kentang goreng. Cemilan kaya karbohidrat ini pasti bikin si kecil lahap makan.

Kunci spesial dari resep ini bukanlah kentangnya, melainkan sausnya. Delito adalah merk saus bolognese yang sebaiknya Mama gunakan dalam resep ini. Produk saus dari Ajinomoto ini dibuat dari bahan-bahan berkualitas yang membuat rasa gurih dan asamnya tak kalah dengan saus ala restoran.

Jangan lupa tambahkan sosis dan brokoli saat Mama menumis saus agar gizinya semakin lengkap.

Jadi sesungguhnya, salah satu obat untuk anak susah makan ada pada kreativitas bundanya. Selain soal tampilan menarik, rasa adalah hal yang harus benar-benar Mama perhatikan saat membuat makanan untuk anak susah makan. 

Memastikan berbagai produk Ajinomoto ada dalam resep-resep di atas, pasti bisa membuat anak Mama makan dengan lebih lahap!