3 Trik Mudah Membuat Tutorial Masak

Apakah kunci agar bisa mudah membuat video tutorial masak yang layak tonton dan bermanfaat? Sebenarnya tidak banyak. Di sini Mama akan mempelajar tiga trik mudah yang akan membantu mama sesekali membuat video tutorial untuk mengabadikan kreasi-kreasi pribadi dan membaginya dengan teman dan keluarga.  


Yang kita perlukan adalah tempat yang terang dan perencanaan yang matang. Untuk tempat yang terang, memang ini tidak bisa ditawar-tawar, karena video pada dasarnya adalah menangkap cahaya. Untuk perencanaan, itu yang akan kita bicarakan di sini. 


Oh ya, untuk perlengkapannya, Mama pasti sudah punya. Semua orang punya meja dapur beserta bahan makanan, kompor sekaligus peralatan memasak, dan handphone sekaligus tripod atau penyangganya. 


Sekarang, mari kita lihat tiga trik untuk membuat tutorial tersebut. Mama boleh muncul di gambar maupun tidak. 


Mudah membuat video tutorial masak dengan kamera HP


Mengambil Gambar Meja Memasak

Hal pertama yang perlu Mama lakukan adalah mengambil gambar di meja memasak. Bagian ini vital karena di sinilah kita membuka video dan menunjukkan bahan-bahan yang kita gunakan. Bila Mama ingin ikut tampil di video, bisa di bagian inilah mama memperkenalkan resep yang akan dibuat. 


Untuk bagian ini, pastikan mama menyajikan bahan-bahan makanan dengan jelas. Tunjukkan bahan yang sesuai dalam ukuran sesuai buku resep. Bila membutuhkan dua gelas air, tunjukkan air sebanyak dua gelas. Usahakan agar semua bahan perlu ditempatkan di wadah tersendiri atau terpisah. Ini akan memudahkan calon pemirsa melihat semua bahan yang digunakan. 


Mengambil Gambar Proses Memasak

Ini adalah bagian aksi dari video ini. Kalau ingin membuat video yang lebih banyak aksi, mama bisa mengambil gambar langkah demi langkah yang diperlukan untuk membuat sajian tertentu. Ini cocok untuk proses memasak makanan yang butuh perlakuan khusus untuk bahan-bahannya, misalnya memasak hidangan yang urut-urutan menyiapkannya agak panjang. 


Kalau ingin yang sederhana, mama bisa mengambil gambar hanya ketika memasukkan bahan-bahan ke dalam panci atau wajan. Kalau mama ingin mengabadikan proses membuat makanan tertentu secara singkat seperti untuk Instagram video, cara ini bisa dilakukan.


Di bagian ini, untuk memudahkan, mama bisa menuliskan urut-urutan proses membuat makanan tertentu. Dengan mencatatnya pertama-tama, mama akan bisa dengan mudah membuat videonya. Itu karena mama tinggal melakukan segala sesuatu seperti urutan yang diberikan dalam teks. 


Mengambil Gambar Makanan Jadi

Pengambilan gambar setelah makanan jadi adalah hal yang wajib dilakukan. Di bagian ini, mama bisa mengambil gambar di meja dengan masakan dalam kondisi siap santap. Di bagian ini nanti, mama akan menghias makanan seperti layaknya seorang food stylist


Bila masakan cenderung berwarna gelap, gunakan piring berwarna putih. Begitu juga sebaliknya: bila makanan cenderung terus, gunakan piring warna gelap. Hal ini akan membantu menyoroti kecantikan makanan.


Bagian ini mungkin terkesan sangat sepele. Tapi jangan salah, justru inilah bagian yang membuktikan kepada viewer bahwa resep yang kita tunjukkan itu benar-benar bisa diterapkan dan menghasilkan makanan yang menarik. Jadi, audience tidak hanya akan tahu cara membuatnya, tapi juga tahu hasil jadinya. 


Bagian ini juga akan bermanfaat ketika mengedit video. Tunjukkan makanan yang sudah jadi di awal video atau sebagai thumbnail karena itu menggugah minat. 


Penyajian hidangan ala food stylist


Selain tiga lokasi pengambilan gambar ini, ada satu hal yang perlu mama perhatikan ketika agar mudah membuat video tutorial memasak. Mama perlu membuat catatan sederhana berisi bahan-bahan dan proses pembuatannya. Dapur Umami adalah contoh bagus yang bisa dijadikan contoh. 


Di satu sisi, catatan ini akan memudahkan seluruh proses pembuatan video tutorial. Di samping itu, catatan ini juga akan bermanfaat ketika mama juga mau membagikan resep ini secara online dengan membuat website gratis di wordpress atau blogspot. Mama tinggal menyalin catatan sederhana ini ke website tersebut. 


Selamat berkreasi dan berbagi!


sumber:https://www.pexels.com/id-id/foto/emas-iphone-5s-diaktifkan-73082/

sumber:https://pixabay.com/id/photos/makanan-ikan-salmon-teriyaki-ikan-712665/