3 Tips untuk Mudah Membuat Anak Jadi Doyan Makan Sehat

Ini adalah tips yang bisa dilakukan untuk mudah membuat anak jadi mau makan. Hindari gerakan tutup mulut dengan cara-cara ini. 


Memberikan asupan makanan yang kaya akan gizi sangatlah penting untuk anak, terutama di masa-masa emas pertumbuhannya. Akan tetapi, kadang kala anak sama sekali tidak mau makan atau biasa disebut dengan istilah GTM (gerakan tutup mulut). Pastinya Mama merasa kesulitan dalam menghadapi problem ini. Nah, bagaimana cara mudah membuat si Kecil doyan makan? 


Banyak faktor yang memengaruhi anak tidak mau makan, seperti bosan pada menu makanan yang itu-itu saja, porsi makan yang terlalu besar, atau terlalu banyak makan snack dan minum susu. Mama tidak perlu khawatir jika anak mengalami hal tersebut, karena berikut ini ada 3 tips untuk mudah membuat anak jadi doyan makan:


1.Beri porsi kecil untuk mudah membuat anak menghabiskan makanan

Saat si Kecil melihat porsi makan yang diberikan untuknya terlalu besar, ia akan merasa tak mampu menghabiskan makanannya sehingga menjadi kehilangan selera makan. Oleh karena itu, Mama harus menyajikan porsi makan yang kecil agar mudah membuat si Kecil merasa mampu menghabiskannya. 


Jika si Kecil berhasil menghabiskan makanannya, coba tanyakan apakah ia mau tambah atau tidak. Dengan begitu, sedikit demi sedikit Mama bisa menambah porsi makannya secara bertahap. 


2. Berikan Menu yang Variatif

Sangat wajar jika si Kecil merasa bosan dengan makanan yang biasa ia makan, Mama bisa mengakalinya dengan membuat berbagai menu yang variatif. Misalnya mashed potato yang dicampur dengan sayur-sayuran rebus. Bentuk lucu sayuran tersebut dan tata di piring makannya ya, Ma! Pasti mudah membuat si Kecil menumbuhkan selera makan kalau dia melihat ada menu baru di hadapannya.


Mama juga bisa membentuk makanan secara unik. Misalnya dengan bentuk hewan tertentu atau bentuk kartun. Si Kecil pun akan merasa penasaran untuk mencoba makanan Mama. Mama juga bisa menambahkan sedikit penyedap rasa, agar makanan si Kecil terasa lebih enak. Mama cukup menambahkan Aji-no-moto untuk menyempurnakan cita rasa makanan. Cek inspirasi menu makanan di Dapur Umami


3. Ajak Anak untuk Ikut Memasak

Tips terakhir yang Mama bisa coba untuk mudah membuat si Kecil untuk makan adalah ajaklah dia untuk memasak bareng Mama! Dengan begini si Kecil akan merasa terlibat langsung bagaimana cara makanannya dibuat, ia pun akan belajar mengolah makanan dan bahan apa saja yang akan ia makan. Dengan begitu, si Kecil akan lebih penasaran untuk memakan yang sudah dibuatnya. Mama juga bisa sambil mengajarkan nama-nama bahan makanan pada si Kecil! 


Memang susah-susah gampang untuk membuat si Kecil mau makan. Tapi tidak ada kata terlambat untuk mencobanya. Pastikan Mama dan si Kecil dalam suasana hati yang happy agar mudah membuat anak mau makan. Tambahkan juga Aji-no-moto sebagai penyedap rasa agar menggugah selera makan anak. Semoga berhasil ya, Ma!