3 Olahan Daging Sapi Ini Cocok untuk Pemasak Pemula yang Ingin Sehat

Daging sapi adalah salah satu jenis makanan yang paling dibutuhkan bagi mereka yang ingin membentuk otot. Selain itu, protein dan lemaknya yang dibutuhkan otak merupakan sebuah kekayaan daging sapi yang tak boleh dilewatkan. 


Tapi, tidak bisa dipungkiri, satu alasan terkuat kenapa Mama dan keluarga suka daging sapi adalah karena cita rasanya yang memang sangat khas dan tak tergantikan oleh daging apa pun. Daging jenis ini punya cita rasa umami yang lezat.


Nah, apalagi yang bisa menyempurnakan kenikmatan daging sapi kalau bukan cara memasaknya yang sehat. Maka, hari ini, kita akan melihat beberapa resep daging sapi yang lezat dan bergizi, tanpa menggunakan santan sama sekali. 


Brokoli Sapi Lada Hitam

Mari kita mulai dengan yang paling mudah. Ya, Mama tidak salah. Untuk membuat brokoli daging sapi lada hitam ini, yang Mama butuhkan hanya 50 gram daging sapi, 150 gram brokoli, SAORI® Saus Lada Hitam, minyak secukupnya, dan air sekitar 50 ml. 


Untuk membuatnya, praktis yang Mama butuhkan hanya mengiris daging tipis-tipis agar cepat lunak dan memotong-motong brokoli menjadi ukuran kecil. Selanjutnya, panaskan minyak secukupnya untuk memasak daging sapi hingga cukup berubah warna menjadi kecoklatan dan cukup lunak. 


Terakhir, ketika daging sudah cukup lunak, masukkan brokoli, SAORI® Saus Lada Hitam, dan air. Ketika air mendidih, maka matang juga brokoli dan masakan siap diangkat. 


Betul sangat mudah, kan? Kalau ada resep daging sapi yang bisa membuat Mama tidak lagi mengira bahwa daging sapi sulit dimasak, inilah resep itu. Untuk detailnya, silakan lihat di sini.


Sop Iga Sapi

Kalau di resep pertama tadi bahan sangat minimalis, di resep kedua ini bahan lumayan banyak, tapi cara memasaknya juga sangat tidak sulit. Untuk detail bahan-bahannya, silakan perhatikan di halaman Dapur Umami ini. Namun, secara umum yang dibutuhkan ada tiga kelompok: bumbu, daging sapi (daging iga dan bakso sapi), dan sayuran. 


Sebagaimana bisa dilihat di laman Dapur Umami, cara memasaknya cukup simple. Pertama, didihkan air dan rebus daging sapi agar matang dan tercipta kaldu. Sementara itu, tumis semua bumbu yang ada di resep, mulai dari bawang sampai kapulaga. Setelah tumisan bumbu sudah harum, masukkan tumisan ini ke rebusan daging sapi. Terakhir, ketika daging sudah cukup matang, masukkan potongan-potongan sayur yang beragam itu!

Sebelum diangkat, jangan lupa tes rasa dan pastikan rasa yang didapatkan sesuai keinginan. 


Dari cara memasak yang mudah ini, Mama sudah mendapatkan, sup iga, salah satu hidangan favorit banyak orang, sekaligus dengan sayuran yang berlimpah. Sayuran inilah yang menjadikan kelezatan daging sapi semakin lengkap. 


Sup Sawi Sapi

Terakhir, ini resep yang unik. Bahannya sederhana dan tidak terlalu banyak. Namun, cara memasaknya sedikit membutuhkan pengingat tahap. 

Seperti resep sebelumnya, bahan utama Mama ada tiga: daging sapi, bumbu, dan sayuran. Di sini, daging sapi yang dianjurkan adalah ganding atau bagian lain yang tidak banyak mengandung lemak. Sementara itu, bumbu yang dibutuhkan adalah bawang merah, bawang putih, cabe hijau keriting, dan belimbing wuluh. Sayur yang dipakai adalah sawi daging atau pakcoy atau caisim. Untuk ukurannya, silakan intip resepnya di sini.


Oh ya, jangan lupa bumbu kaldu rasa sapi dari Masako®!

Untuk membuatnya, Mama perlu merebus daging sapi hingga lunak. Kemudian potong-potong dadu daging tersebut. Selanjutnya tumis semua bumbu yang sudah diiris-iris kecil. 


Ketika sudah matang, masukkan daging sapi ke tumisan bumbu disertai sayur sawi dan tunggu hingga matang. Jangan lupa koreksi rasa dengan gula, garam, dan Masako® hingga mendapatkan rasa yang dikehendaki.

Dengan tiga resep mudah iniini, Mama bisa tetap mendapatkan manfaat terbesar dari daging sapi sekaligus mendapatkan sayuran yang dibutuhkan tubuh.