3 Cara Masak Sayur Labu Siam yang Jarang Dicoba

Labu siam adalah satu jenis sayuran sangat kaya gizi yang mudah kita temukan di sekitar kita. Sayuran ini bisa ditemukan di pasar-pasar tradisional dengan sangat mudah sepanjang tahun. Meski tidak sepopuler bayam, kangkung, dan kacang panjang. Tapi pasti Mama sering masak sayuran ini kan?


Tapi, ada banyak hal yang tidak semua orang tahu tentang labu siam. Yang pertama adalah soal gizinya yang sangat tinggi vitamin C dan vitamin B9 serta berbagai nutrisi lainnya. Sebagian besar orang menggunakan labu siam untuk sayur lodeh. Tahukah Mama bahwa sayur ini bisa Mama masak sebagai tumis, sambal goreng, dan bahkan dijadikan bakwan untuk cemilan.


Tumis Labu, Buncis Jagung

Mari kita mulai dengan tumis. Untuk membuatnya, Mama membutuhkan labu siam, buncis, dan jagung manis. Selain itu, Mama juga membutuhkan bumbu halus, yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, lada, ketumbar, dan Masako rasa ayam.


Cara membuatnya relatif sederhana. Pertama, siapkan bahan-bahan utama. Potong-potong labu siam seperti korek. Untuk buncis, potong-potong menyerong. Pipil jagung dari bonggolnya. Selanjutnya, siapkan bahan-bahan bumbu. Mama bisa menghaluskan semua bumbu atau mencincang bawang merah dan bawang putih. 


Terakhir, mari kita mulai masak. Panaskan dua sendok minyak goreng dan tumis bumbu. Selanjutnya, masukkan sayuran satu per satu dimulai dengan labu siam, kemudian jagung dan buncis. Beri sedikit air agar tidak gosong dan sayur menjadi cukup empuk. Terakhir, berikan Masako serta gula dan garam.

Oh ya, Mama juga bisa coba variasi kecil atas resep ini di Dapur Umami.


Bakwan Labu Siam

Betul, memang bakwan bukanlah cara masak labu siam yang cukup lazim. Biasanya kita memilih wortel, kubis, atau toge untuk wortel. Tapi bukan berarti sayur ini tidak bisa dipakai kan? 

Bahan-bahannya tidak terlalu berbeda dengan saat membuat bakwan atau “ote-ote.” Mama butuh labu siam (dipotong-potong korek), wortel (juga dipotong-potong korek), bawang daun, dan tepung bakwan sajiku. 


Cara membuatnya adalah campurkan semua bahan dan tambahkan air secukupnya. Pastikan tidak terlalu kental agar bakwan tidak menjadi terlalu keras. Setelah semua bahan cukup, nyalakan kompor dan panaskan minyak. Saat minyak sudah mulai panas, tuangkan adonan sedikit demi sedikit (setiap kali satu sendok makan). Jangan lupa untuk membalik bakwan setelah beberapa agar agar satu sisi tidak sampai gosong.


Sambal Goreng Labu Siam

Nah, yang terakhir ini dijamin cara masak labu siam yang berbeda dan tidak semua orang pernah melakukannya. Bahan-bahannya pun cukup banyak, tapi mungkin sebagian Mama sudah akrab. Untuk bahan utama, yang Mama perlu siapkan adalah labu siam (potong korek) dan tahu (potong dadu dan goreng setengah matang).


Untuk bumbunya sendiri tidak terlalu beda dengan saat masak sambal goreng biasa. Yang paling penting adalah bumbu halusnya, yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, cabe merah besar, kemiri, dan ebi. 

Bahan-bahan lainnya adalah lengkuas, serai (1 saja, memarkan), daun salam (3 lembar), tomat (1 buah, iris atau cincang), gula pasir, garam, dan penyedap rasa Ajinomoto. 


Cara membuatnya adalah sebagai berikut. Pertama, tumis bumbu halus hingga aromanya keluar. Masukkan labu siam yang sudah dipotong korek. Sebentar kemudian, masukkan tahu yang sudah setengah matang ini. Tambahkan sedikit air agar tidak gosong dan labu siam matang sepenuhnya. 


Selanjutnya, tambahkan bahan-bahan penyedap lain. Oh ya, jangan lupa untuk memasukkan garam ketika semuanya sudah siap dimatikan. 

Dengan tiga cara masak ini, Mama bisa mendapatkan variasi cita rasa labu siam. Tetapi, Mama tetap bisa mendapatkan manfaat gizinya yang luar biasa itu. Tapi, ingat, jangan terlalu lama memasaknya agar kandungan gizinya tetap pada kisaran maksimal.