2 Cara Masak Udang Sederhana tapi Tidak Biasa

Di antara berbagai jenis seafood, udang adalah yang paling mudah ditemukan dan jenisnya sangat beragam. Yang biasanya kita dengar adalah, bagaimanapun kita akan masak udang, hasilnya pasti lezat. 


Namun, terlepas dari rasanya yang mengandung jaminan kelezatan itu, udang juga kaya kandungan gizi bagi tubuh. Kandungan protein udang tidak perlu diragukan lagi. Selain itu, udang juga kaya akan Omega 3, yang merupakan zat yang sangat penting untuk otak. 


Pasti Mama sudah akrab dengan berbagai cara masak udang. Tapi bagaimana dengan cara masak udang yang anti-mainstream tapi sebenarnya muda ini?


Udang siap masak


Udang Cah Mangga Muda

Ya, Mama tidak salah dengar kok. Kita akan masak udang dengan mangga muda. Pasti sudah bisa dibayangkan campuran antara gurih udang dan asamnya garam muda. Yang menjadikan makanan ini unik adalah karena di sini mangga muda tidak digunakan sebagai pepes, melainkan sebagai tumis. 


Nah, apa yang kita butuhkan? Bahan utama kita adalah udang kupang (300 gram), mangga muda (2 buah, kupas dan serut), bawang merah (5 siung, rajang), bawang putih (3 siung, rajang), cabe rawit hijau (5-10 biji atau sesuai selera), cabe merah (3-5 buah), daun jeruk (2 lembar), jahe (1 ruas), Masako® (rasa ayam, secukupnya) dan terakhir gula-garam (secukupnya).


Setelah semua bahan siap, panaskan 3 sendok makan minyak di atas wajan untuk menumis bawang merah dan bawang putih. Setelah aroma harum tercium, masukkan cabe, daun jeruk, dan jahe. Setelah cabe cukup layu, masukkan udang. 


Terakhir, setelah udang berubah warna menjadi kemerahan, masukkan mangga yang telah diserut. Biarkan sebentar hingga mangga cukup layu. Tambahkan gula, garam, dan Masako® sesuai selera. 

Cah mangga muda dan udang ini akan sangat cocok dinikmati baik sebagai makan siang maupun makan malam.


Udang Goreng Saus Telur Asin

Yang kedua ini adalah salah satu cara masak udang yang mudah tetapi tidak terlalu lazim. Keistimewaannya adalah pada saus yang dipakai, yaitu saus telur asin, yang mulai populer beberapa waktu ini. 


Untuk membuatnya ada dua kelompok bahan yang diperlukan. Pertama adalah bahan untuk udang goreng tepung, yaitu udang kupas (300 gram), telur (1 butir), tepung terigu (5 sendok makan), dan garam secukupnya. 


Kelompok kedua adalah saus telur asin. Di sini, yang Mama butuhkan adalah susu cair (200 ml), kuning telur asin matang (3 butir), daun kari (3 lembar), daun bawang (iris kasar), AJI-NO-MOTO®, dan garam (secukupnya). 


Untuk membuat udang goreng, campurkan tepung terigu, telur kocok, dan sedikit air. Kemudian masukkan udang ke adonan. Panaskan minyak di wajan dengan api sedang. Setelah minyak cukup panas, tuangkan masing-masing udang yang sudah dibaluri adonan. Goreng hingga berwarna keemasan. 


Untuk membuat saus telur asin, Mama perlu menghaluskan kuning telur telur asin dan mencampurnya dengan sedikit susu cair dan telur haluskan. Setelah itu, panaskan satu sendok margarin di wajan. 


Setelah margarin meleleh, tuangkan mentega yang sudah dihaluskan dan dicampur sedikit susu. Aduk adonan saus agar tercampur rata dengan margarin dan kemudian tambahkan sisa susu. Terakhir, tambahkan AJI-NO-MOTO® dan daun bawang. 


Paling akhir, masukkan udang yang sudah digoreng ke dalam wajan dan aduk agar saus tercampur rata dengan saus telur asin. 



Udang goreng saus telur ala AJI-NO-MOTO® dari Dapur Umami

Dengan dua cara masak udang yang tidak biasa ini, Mama bisa mendapatkan makanan dengan kadar protein yang tinggi dan lezat. Selain itu, kalau Mama mau, bisa lho untuk dipakai sedikit pamer ke teman-teman dekat. 


Tapi, kalau pamer, jangan lupa masak yang banyak biar semua senang.