10 Bahan Makanan yang Bisa Jadi Pengganti Daging Sapi

Ada 10 bahan makanan untuk pengganti daging sapi untuk para vegetarian dan mereka yang sedang diet. Dapatkan tubuh yang sehat dan bebas kolestrol dengan bahan-bahan ini!


Daging sapi memang dikenal sebagai asupan makanan dengan tingkat protein hewani yang tinggi. Protein ini sangat dibutuhkan oleh tubuh yang mempunyai peranan paling besar untuk memelihara otot, tulang, jantung, dan juga otak. Akan tetapi, banyak juga orang yang memutuskan untuk tidak lagi memakan produk-produk dari hewan, terutama daging sapi.


Seorang vegetarian biasanya akan lebih memiilih untuk mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Meski begitu, beberapa vegetarian tetap mengonsumsi telur atau susu. Nah, untuk Mama yang ingin menjaga keluarga agar bebas dari kolesterol atau ingin menjadi vegetarian, tak perlu khawatir saat mencari pengganti protein daging sapi. Baca daftar berikut ini!


1.Alpukat 

Alpukat dikenal sebagai buah yang tinggi protein dan kalori yang sangat baik untuk tubuh dan cocok untuk menggantikan daging sapi sehari-hari. Konsumsi alpukat secara rutin dengan cara dimakan langsung atau dijus. 


2.Brokoli

Kandungan protein, serat, dan karbohidrat membuat brokoli menjadi salah satu sayuran terbaik. Tumis brokoli, kentang sebagai pengganti daging sapi, dan bawang putih, pasti akan menggugah selera keluarga Mama!


3.Edamame

Memiliki banyak kandungan protein dan asam amino, edamame cocok dijadikan cemilan di kala senggang. Konsumsi edamame sangat baik terutama jika Mama sedang mengandung lho! 


4.Jamur

Jamur ternyata sering dikonsumsi para vegetarian, Mama bisa mengolahnya dengan cara ditumis dengan sayuran atau digoreng dengan tepung, tambahkan penyedap rasa Aji-no-moto untuk cita rasa yang sempurna!


5.Kacang Merah

Kacang merah juga sangat cocok dijadikan makanan pengganti daging sapi karena memiliki kandungan protein yang tinggi. Coba es kacang merah untuk variasi makanan agar tidak bosan!


6.Kacang Polong

Ternyata protein dalam kacang polong setara dengan susu sapi. Saat ini kacang polong sudah banyak tersedia di supermarket sebagai makanan frozen food. Jadi Mama bisa dengan mudah mengolahnya di rumah.


7.Selai Kacang 

Kaya akan protein dan vitamin, selai kacang sangat lezat untuk dijadikan makanan pengganti daging sapi. Oleskan selai kacang pada roti atau jadikan sebagai topping di atas. Tambahkan juga buah-buah kering agar makanan menjadi lebih lezat. 


8.Tahu

Terbuat dari kacang kedelai, tahu dikenal memiliki kandungan protein yang cukup tinggi sama seperti daging sapi. Mama bisa mengolah tahu dengan cara digoreng, ditumis, ataupun dibuat semur dengan kecap. 


9.Telur

Telur sangat mudah didapatkan dan juga awet disimpan di kulkas. Mengandung protein, vitamin B komplek, dan folat, telur bisa Mama sajikan dalam menu sarapan. Telur dapat memenuhi gizi demi membentuk energi untuk beraktivitas seharian penuh, bahkan jika tubuh kita tidak mengonsumsi daging sapi!


10.Tempe

Tempe adalah makanan favorit orang Indonesia, bahkan sampai mancanegara. Ternyata, kandungan protein pada tempe masih lebih unggul dari! Sama seperti tahu, Mama bisa menyajikan tempe dengan cara digoreng, ditumis dengan sayuran, atau diulek menjadi sambal tempe.  


Itulah 10 makanan pengganti daging sapi yang bisa Mama dapat dengan mudah. Konsumsi secara rutin untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bebas kolestrol. Mama juga bisa menambahkan penyedap rasa Aji-no-moto di setiap masakan Mama. Selamat mencoba!


sumber:https://www.pexels.com/id-id/foto/foto-tampak-atas-sayuran-3026802/