Artikel & Tips Seperti Apa Kebutuhan Gizi pada Pria Dewasa? Cek Infonya di Sini
Seperti Apa Kebutuhan Gizi pada Pria Dewasa? Cek Infonya di Sini

Seperti Apa Kebutuhan Gizi pada Pria Dewasa? Cek Infonya di Sini

17 May 2024, 15:05

Memahami kebutuhan gizi yang tepat adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan tubuh, khususnya bagi pria dewasa. Kebutuhan gizi pria dewasa dapat bervariasi tergantung pada usia, tingkat aktivitas, dan kondisi kesehatan secara keseluruhan. Artikel Dapur Umami kali ini akan membahas secara rinci kebutuhan gizi esensial bagi pria dewasa sehingga bisa mencapainya melalui pola makan yang seimbang.

Kebutuhan kalori harian pria dewasa umumnya berkisar antara 2.000 hingga 3.000 kalori per hari, tergantung pada tingkat aktivitas fisik. Pria yang lebih aktif mungkin memerlukan lebih banyak kalori untuk mendukung energi yang dibutuhkan tubuh. Sedangkan berikut adalah penjelasan mengenai kebutuhan zat gizi makro dan zat gizi mikro bagi pria dewasa.

Kebutuhan Zat Gizi Makro

Protein

Protein penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan otot. Pria dewasa disarankan untuk mengonsumsi sekitar 56 gram protein per hari. Sumber protein yang baik meliputi daging tanpa lemak, ayam, ikan, telur, kacang-kacangan, dan produk susu.

Karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh. Disarankan untuk mendapatkan sekitar 45-65% dari total kalori harian dari karbohidrat. Pilihlah karbohidrat kompleks seperti biji-bijian utuh, buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan untuk mendapatkan nutrisi yang optimal.

Lemak

Lemak sehat diperlukan untuk berbagai fungsi tubuh, termasuk penyerapan vitamin. Pria dewasa sebaiknya mendapatkan sekitar 20-35% dari total kalori harian dari lemak, dengan fokus pada lemak tak jenuh seperti yang ditemukan dalam ikan, kacang-kacangan, dan minyak zaitun.

Zat Gizi Mikro

Vitamin dan mineral memainkan peran penting dalam menjaga fungsi tubuh yang optimal. Beberapa vitamin dan mineral yang sangat penting bagi pria dewasa meliputi:

  • Vitamin D: Penting untuk kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh. Sumber yang baik termasuk paparan sinar matahari, ikan, dan produk susu.
  • Vitamin B12: Penting untuk produksi sel darah merah dan fungsi saraf. Sumbernya antara lain daging, ikan, unggas, dan produk susu.
  • Magnesium: Penting untuk fungsi otot dan saraf, serta kesehatan jantung. Terdapat dalam kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran hijau, dan biji-bijian.
  • Zat Besi: Penting untuk pembentukan hemoglobin yang mengangkut oksigen dalam darah. Sumber zat besi yang baik yaitu daging merah, hati, dan sayuran hijau 
  • Kalsium: Penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Sumber utama adalah produk susu, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.

Hidrasi Tubuh

Air sangat penting untuk menjaga fungsi tubuh yang optimal, termasuk pencernaan, penyerapan gizi, dan pengaturan suhu tubuh. Pria dewasa dianjurkan untuk minum setidaknya 2.5-3.5 liter air per hari, namun kebutuhan ini dapat meningkat tergantung pada tingkat aktivitas fisik dan kondisi lingkungan.

Menjaga pola makan yang seimbang dengan memperhatikan kebutuhan gizi adalah kunci untuk menjaga kesehatan pria dewasa. Dengan memahami kebutuhan kalori, zat gizi makro dan zat gizi mikro, pria dewasa dapat membuat pilihan makanan yang mendukung kesehatan jangka panjang. Yuk jalani hidup dengan makanan bergizi seimbang bersama Dapur Umami.

(NTR-AM)

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.