IPAU KLASIK khas Banjarmasin

IPAU KLASIK khas Banjarmasin
Resep Kiriman : Anna Anna

Waktu Memasak 150 menit
1 Porsi
Kalori

protein

karbo

lemak

serat

Terujiumami challenge dengan tema WORTEL. IPAU adalah salah satu makanan khas kota Banjarmasin yang biasanya hanya ada pada saat bulan Ramadhan. Banyak yang menyebutnya Lasagna dengan kearifan lokal. Terbuat dari dadar yang disusun berlapis diselingi dengan isian berupa irisan wortel , kentang dan daging sapi / ayam , menjadikan ipau sebagai hidangan istimewa yang selalu dicari para warga Banjarmasin untuk berbuka puasa.

Bahan-bahan

Bahan Kulit : 200gr tepung terigu 2btr telur 400ml air 2sdm margarin dicairkan Sedikit garam
Bahan saus : 250ml santan kental 1sdm margarin cairkan 1btr telur Sedikit garam
Bahan isian : 200gr dada ayam yang sudah direbus dan dipotong dadu 3buah kentang potong dadu 2buah wortel potong dadu 1/2buah bawang bombai cincang Daun bawang secukupnya 1sachet bumbu kari Gula secukupnya Garam secukupnya Masako secukupnya
Bahan vla santan 200ml santan kental 1sdm margarin cairkan 2 sdm terigu Sedikit garam
Bahan taburan Daun seledri cincang Bawang merah goreng Telur rebus iris

Cara memasak

Langkah 1

Caranya: 1. kulit IPAU.  Campur semua bahan kulit jadi satu lalu aduk sampai rata dan licin, kemudian saring. Panaskan teflon dengan api sedang, olesi minyak tipis-tipis, lalu tuang adonan kulit IPAU , masak sampai  matang seperti membuat kulit risoles. Lakukan sampai adonan habis lalu sisihkan.

Langkah 2

2. Saus, campur dan aduk sampai rata, lalu sisihkan.

Langkah 3

3.  isian IPAU.  Siapkan wajan, tuang sedikit minyak, lalu tumis bawang bombai sampai harum, setelah bawang bombai harum, masukkan kentang dan wortel yang sudah dipotong dadu. Aduk rata dan  biarkan sebentar. Kemudian tuang air secukupnya, masukkan ayam ,  daun bawang juga bumbu karinya, aduk rata. Beri gula garam dan kaldu bubuk secukupnya, aduk rata kembali. Jangan lupa koreksi rasanya. Masak isian sampai matang dan kuah susut.

Langkah 4

4. vla santan. Campur semua bahan , lalu dimasak sambil diaduk sampai meletup letup.

Langkah 5

5. Penyelesaian Setelah semuanya siap dan matang. Panaskan kukusan. Olesi loyang bulat dengan minyak tipis-tipis. Ambil selembar kulit IPAU tata di dasar loyang  beri  isian IPAU ratakan. Kemudian siram dengan saus nya , taburi bawang goreng dan seledri . Ulangi langkah diatas sampai selesai. Terakhir  tutup adonan dengan kulit  IPAU kemudian siram dgn sisa saus. Kukus selama kurleb 60 menit. Setelah matang , tunggu dingin sebentar. Tuang vla santan diatas  IPAU yg sdh matang lalu beri taburan seledri cincang, bawang goreng dan irisan telur rebus . IPAU klasik siap dinikmati Bisa dikatakan membuat IPAU memang membutuhkan kesabaran ya .... Selamat mencoba

Inspirasi Menu Lainnya Untuk
Capai Gizi Seimbang