Artikel & Tips Yang Wajib Diketahui sebelum Mencari Resep Cemilan
Yang Wajib Diketahui sebelum Mencari Resep Cemilan

Yang Wajib Diketahui sebelum Mencari Resep Cemilan

30 Aug 2021, 09:08

Resep cemilan sangat mudah ditemukan di dunia maya saat ini. Namun, pasti Mama tahu bahwa tidak semua cemilan cocok buat semua orang. Mereka yang diet, membentuk tubuh, dan mempersiapkan diri untuk perlombaan harus memperhatikan kudapan mereka. Sebagai bekal, setidaknya ada tiga jenis snack yang harus Mama ketahui.  


Cemilan sederhana  

Resep cemilan yang paling banyak kita tahu, bahkan sejak masih muda, adalah resep untuk membuat kudapan-kudapan sederhana. Yang termasuk ke dalam cemilan sederhana ini adalah seperti pisang goreng, cilok atau baso aci, bakwan, dan lain sebagainya. Banyak dari Mama pasti sudah bisa membuat banyak kudapan ini sejak masih remaja.  


Ada beberapa hal yang menjadi ciri resep-resep snack semacam ini. Yang pertama paling menonjol adalah banyak dari cemilan sederhana ini yang hanya memerlukan garam, gula pasir, bawang putih bubuk, dan tepung yang mudah ditemukan seperti tepung gandum, tapioka, maizena, beras, atau tepung roti.  


Bahkan, ada juga lho yang hanya membutuhkan tepung berbumbu. Mama tinggal tuang adonan, tambahkan air, aduk hingga rata, dan panaskan minyak di atas wajan. 

 

Resep cemilan sederhana dengan hanya tepung


Itulah cirinya yang kedua: banyak yang digoreng. Menggoreng memang cara yang mudah untuk mendapatkan kudapan yang gurih. Ketika kudapan dari tepung terigu yang sudah berbumbu bertemu dengan minyak panas, yang tercipta adalah kudapan yang menggiurkan. Selain gurih, yang didapatkan resep-resep sederhana ini adalah cemilan asin.  


Karena adanya rasa asin dan proses penggorengan, ada yang perlu Mama waspadai. Yang perlu diwaspadai di sini adalah kandung lemak dan garam.  


Cemilan Rendah Kalori  

Resep yang semakin populer adalah cara membuat cemilan rendah kalori. Kudapan rendah kalori banyak dicari khususnya untuk acara-acara santai sore atau malam hari, ketika tubuh tidak semestinya mengkonsumsi banyak gula atau karbohidrat. Beberapa contoh kudapan rendah kalori adalah tahu rempah, alpukat olahan, salad buah, dan beberapa lainnya.  


Satu dari beberapa hal yang merupakan ciri cemilan rendah kalori ini adalah dominannya unsur buah. Buah banyak dipilih sebagai kudapan rendah kalori untuk malam dan sore hari karena selain rendah kalori, dia justru banyak mengandung serat. Hal ini menjadi kudapan rendah kalori ini bagus untuk makan malam atau kapan saja sesuai selera.  


Cemilan rendah kalori


Ciri lain dari kudapan rendah kalori yang mulai digemari ini adalah adanya dressing. Dressing untuk cemilan rendah kalori bisa berupa menggunakan mayo atau yoghurt. Dengan dressing yang gurih dan lezat ini, bahan-bahan kudapan bisa semakin terasa menggiurkan. Dengan dressing yang tepat, tidak akan ada bedanya antara buah, agar-agar, maupun sayuran. 


Beberapa resep cemilan rendah kalori yang mudah dibuat bisa ditemukan di sini.


Cemilan Kekinian

Jenis kudapan terakhir yang begitu menggoda berkat kelezatan sekaligus karena menjadi viral di media sosial adalah cemilan kekinian. Sesuai namanya, cemilan kekinian adalah cemilan yang memang muncul baru akhir-akhir ini. Cemilan-cemilan kekinian yang bisa ditemui antara lain adalah es kepal milo, snow cake, struddle apel, nugget pisang, dan lain-lain yang bisa dilihat di sini


Ada dua hal yang mencirikan camilan kekinian ini. Ciri yang pertama dari snack kekinian adalah eksperimen dengan produk yang digemari, mulai dari coklat sampai susu cair. Para pengusaha kuliner muda memang tidak pernah berhenti mencari inovasi untuk selalu menarik minat pembeli. Salah satu contohnya yang paling unik, adalah Oreo goreng. 


Ciri kedua, yang paling menonjol, adalah kecenderungannya memiliki kadar gula yang tinggi. Memang, makanan yang manis bisa menjadi comfort food. Dia bisa membuat kita merasa nyaman, apalagi kalau sedang bekerja yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Namun, Mama harus waspada karena banyak dari makanan kekinian itu yang bisa membawa risiko diabetes.


Dengan mengetahui jenis-jenis cemilan ini, Mama jadi bisa lebih waspada saat mencari resep cemilan. Setidaknya, Mama bisa juga memperhitungkan sebanyak apa olahraga yang dibutuhkan setelah mengkonsumsi cemilan tertentu, yang terkadang memang dibutuhkan.  


sumber:https://www.freepik.com/free-photo/nam-neaung-vietnamese-meat-ball-wraps_1239671.htm

sumber:https://pixabay.com/id/photos/zoodles-mozzarella-timun-jepang-2293047/

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.