Yang Wajib Diketahui sebelum Mencari Resep Cemilan

Resep cemilan sangat mudah ditemukan di dunia maya saat ini. Namun, pasti Mama tahu bahwa tidak semua cemilan cocok buat semua orang. Mereka yang diet, membentuk tubuh, dan mempersiapkan diri untuk perlombaan harus memperhatikan kudapan mereka. Sebagai bekal, setidaknya ada tiga jenis snack yang harus Mama ketahui.  


Cemilan sederhana  

Resep cemilan yang paling banyak kita tahu, bahkan sejak masih muda, adalah resep untuk membuat kudapan-kudapan sederhana. Yang termasuk ke dalam cemilan sederhana ini adalah seperti pisang goreng, cilok atau baso aci, bakwan, dan lain sebagainya. Banyak dari Mama pasti sudah bisa membuat banyak kudapan ini sejak masih remaja.  


Ada beberapa hal yang menjadi ciri resep-resep snack semacam ini. Yang pertama paling menonjol adalah banyak dari cemilan sederhana ini yang hanya memerlukan garam, gula pasir, bawang putih bubuk, dan tepung yang mudah ditemukan seperti tepung gandum, tapioka, maizena, beras, atau tepung roti.  


Bahkan, ada juga lho yang hanya membutuhkan tepung berbumbu. Mama tinggal tuang adonan, tambahkan air, aduk hingga rata, dan panaskan minyak di atas wajan. 

 

Resep cemilan sederhana dengan hanya tepung


Itulah cirinya yang kedua: banyak yang digoreng. Menggoreng memang cara yang mudah untuk mendapatkan kudapan yang gurih. Ketika kudapan dari tepung terigu yang sudah berbumbu bertemu dengan minyak panas, yang tercipta adalah kudapan yang menggiurkan. Selain gurih, yang didapatkan resep-resep sederhana ini adalah cemilan asin.  


Karena adanya rasa asin dan proses penggorengan, ada yang perlu Mama waspadai. Yang perlu diwaspadai di sini adalah kandung lemak dan garam.  


Cemilan Rendah Kalori  

Resep yang semakin populer adalah cara membuat cemilan rendah kalori. Kudapan rendah kalori banyak dicari khususnya untuk acara-acara santai sore atau malam hari, ketika tubuh tidak semestinya mengkonsumsi banyak gula atau karbohidrat. Beberapa contoh kudapan rendah kalori adalah tahu rempah, alpukat olahan, salad buah, dan beberapa lainnya.  


Satu dari beberapa hal yang merupakan ciri cemilan rendah kalori ini adalah dominannya unsur buah. Buah banyak dipilih sebagai kudapan rendah kalori untuk malam dan sore hari karena selain rendah kalori, dia justru banyak mengandung serat. Hal ini menjadi kudapan rendah kalori ini bagus untuk makan malam atau kapan saja sesuai selera.