Variasi Resep Bolu Pisang dengan Buah dan Kacang-kacangan

Satu hal yang membuat banyak orang suka bolu pisang adalah bolu yang satu ini cenderung lebih segar, tidak eneg. Adanya cita rasa pisang (dari pisang betulan!) dalam kue ini membuatnya terasa segar. Untuk menambah kekhasan rasa kue ini, ada beberapa variasi yang bisa dilakukan pada resep bolu pisang yang biasa Mama buat. 


Variasi-variasi ini pada dasarnya adalah penambahan bahan-bahan tertentu. Ada setidaknya dua jenis penambahan yang memberikan cita rasa berbeda-beda. Jenis pertama adalah penambahan buah-buahan (baik kering maupun basah). Penambahan kedua adalah kacang-kacangan. 


Sebagai pengingat saja ya, Mama, resep bolu pisang panggang yang kita pakai tetap sama, yaitu pisang yang manis dan sudah tua, margarin, gula palem, gula pasir, minyak goreng, bubuk kayu manis, telur, minyak goreng atau minyak sayur, tepung terigu, dan soda kue (bila dikukus) atau baking powder (bila dipanggang). Gunakan juga kertas roti saat memanggangnya.

Mari kita lihat lebih jauh!


Buah-buahan

Penambahan buah-buahan pada resep bolu pisang bisa memberikan kesegaran dan rasa yang berbeda. Dan, yang asyik lagi, penambahan buah-buahan ini bisa dilakukan dengan lebih mudah, yaitu dengan mencampurkannya langsung ke adonan bolu pisang. 


  • Kismis

Buah pertama yang paling mudah adalah anggur kering atau kismis. Kismis memiliki campuran rasa manis dan sedikit asam. Kedua rasa ini ketika bergabung dengan aroma pisang dan rasa manis bolu pisang akan menghasilkan rasa segar yang khas. 


Coba deh ingat-ingat bagaimana sensasinya ketika makan roti atau bolu apa saja dan kemudian tergigit kismisnya.  


Kismis ada di daftar paling atas buah yang bisa ditambahkan ke resep pisang bolu karena yang perlu Mama lakukan hanyalah mengambil segenggam kismis dan memasukkannya ke adonan bolu pisang yang sudah siapkan dituangkan ke loyang. Pastikan untuk mengaduknya agar kismis tercampur rata. 


  • Jeruk

Buah lain yang juga memberikan sensasi bagus untuk bolu pisang adalah jeruk. Mama bisa memilih jeruk apa saja untuk ini. Dan karena jeruk ini lebih berair daripada kismis, maka bolu pisang yang diberi jeruk perlu dihabiskan pada hari pembuatan, atau satu hari setelahnya. 


Nah, yang agak tricky adalah Mama harus mengupas dulu jeruknya dan memastikan jeruk cukup bersih dari serat-serat sebelum dicampurkan ke adonan kue bolu. Ya, itung-itung ini bisa dilakukan sambil Mama panaskan oven, menunggu suhu yang tepat. 


Tapi, segala kerepotan ini terbayar kok kalau nanti Mama atau tamu Mama merasakan nikmatnya jeruk di tengah-tengah bolu pisang ini. 


Kacang-kacangan

Selain buah-buahan yang memberikan tambahan rasa segar ke salah satu resep kue kegemaran Mama ini, kacang-kacangan adalah juga tambahan yang bagus, meskipun memberikan cita rasa yang berbeda. Biji-bijian ini memberikan cita rasa creamy yang cocok mengimbangi aroma segar bolu pisang.  


  • Kacang tanah

Kacang tanah sangat populer di Indonesia dan banyak ditemukan di mana-mana untuk berbagai kebutuhan kuliner. Kacang tanah memiliki cita rasa creamy yang kuat. Rasa ini, ditambah dengan teksturnya yang menganduk kriuk itu akan memberikan sensasi penyeimbang yang bagus. 


Selain itu, kacang tanah sendiri adalah bahan yang kaya dengan serat, protein, dan lemak baik. So, why not? 

Oh ya, cara menyiapkan kacang tanahnya sendiri adalah dengan cara ditumbuk kasar dengan cobek dan ulekan. Usahakan agar serpihannya tidak terlalu lembut atau terlalu kasar. 


Kacang-kacangan dapat menjadi bahan tambahan untuk resep bolu pisang Mama


  • Almond

Nah, yang terakhir ini justru jenis kacang-kacangan yang paling populer dipakai di bolu. Banana bread di Amerika Serikat banyak yang menggunakan irisan almond sebagai topping. Karena teksturnya yang pastinya lebih liat dibandingkan bolu pisang itu sendiri, almond iris lebih cocok untuk dijadikan topping daripada isi. 

Jadi, Mama, mana di antara tambahan ini yang akan Mama coba untuk resep bolu pisang akhir pekan ini?