Artikel & Tips Variasi Olahan Tempe Rumahan yang Bisa Jadi Favorit Keluarga
Variasi Olahan Tempe Rumahan yang Bisa Jadi Favorit Keluarga

Variasi Olahan Tempe Rumahan yang Bisa Jadi Favorit Keluarga

14 Feb 2023, 18:02

Tempe adalah salah satu bahan makanan yang paling tepat untuk Mama masak ketika ingin berhemat sehari hari. Meskipun murah, tapi gizinya nggak murahan, demikian dikenal oleh masyarakat. Olahan berbahan dasar biji kedelai ini punya aneka nutrisi yang tubuh butuhkan. Termasuk, protein.


Namun, untuk membuat semua anggota keluarga di rumah mau mengkonsumsinya, Mama perlu pintar-pintar dalam mengolahnya. Gunakan resep yang variatif dan tidak monoton. Bagaimanapun, penting untuk memastikan orang-orang yang Mama cintai senantiasa lahap saat makan dan gizinya terpenuhi.


Dapur Umami punya sejumlah ide menu tempe mudah yang dapat membantu Mama untuk tujuan ini!


Ide Camilan Tempe, Murah Bahannya, Nagih Rasanya!

Mau ngemil tapi males keluar rumah? Gunakan saja stok tempe yang Mama punya, lalu mulai berkreasi dengan ide dari Dapur Umami!


Martabak Tempe

Kalau biasanya martabak telur itu isinya daging, sekarang Mama bisa coba menggantinya dengan bahan makanan tradisional ini. Bukan hanya sama-sama punya kandungan protein, rasa dari resep ini nggak kalah kok.


Isian yang perlu Mama siapkan adalah tumisan cincang tempe, bawang putih, daun bawang, serta bubuk kari. Lalu, campurkan tumisan dengan telur kocok, garam, dan AJI-NO-MOTO® dan aduk-aduk dalam satu wadah. Nantinya, semua isian dibungkus dengan kulit lumpia dan digoreng sampai matang. Mudah kan?


Keripik Tempe

Mama pernah mencoba kan bagaimana lezat dan gurihnya keripik tempe sebelumnya? Sekarang, ayo coba buat sendiri Ma, siapa tahu bisa lebih lezat dengan resep Dapur Umami.


Cara bikinnya super simpel. Mama hanya perlu menyiapkan tempe dengan potongan tipis yang Mama rendam dulu dengan air es. Kemudian, gunakan Sajiku® Tepung Bumbu untuk memberi efek renyah sebelum menggorengnya. Kalau Mama suka camilan yang agak pedas, bisa juga memakai Sajiku® varian pedas.


Nugget Tahu Tempe

Kalau ide camilan terakhir ini, paling cocok jadi olahan tempe untuk anak yang nafsu makannya lagi rendah. Meski sebenarnya, oke juga kalau Mama menjadikannya lauk.


Adonan nugget terdiri dari campuran tahu, tempe, seledri, daun bawang, tepung, dan Sajiku® Tepung Bumbu Tahu Tempe. Mama bisa bentuk kotak-kotak lalu membalur adonan dengan tepung roti agar teksturnya mirip dengan nugget yang biasa anak-anak makan di rumah.

Untuk ide yang lebih banyak, Mama bisa kunjungi aneka resep camilan tempe yang sudah kami buat.


Ide Tempe Crispy Tepung, Dijamin Kriuk dengan Sajiku®

Tempe adalah salah satu makanan yang cukup banyak orang-orang olah jadi sajian yang crispy. Kalau Mama mau ikut mencobanya, gunakan berbagai varian tepung bumbu Sajiku®. Ini adalah kunci dari tempe crispy dan umami! 


Tempe Crispy Sajiku®

Resep ini adalah tempe crispy yang paling simpel. Untuk Mama yang benar-benar tidak punya banyak waktu atau lagi kurang mood untuk berlama-lama di dapur, cocok nih masak camilan ini.


Hanya butuh potongan tempe dan dua wadah berisi Sajiku® Tepung Bumbu kering serta basah (dengan air larutan air es). Sebelum menggorengnya, Mama hanya perlu secara berurutan masukkan tempe ke adonan basah, adonan kering, dan goreng dengan minyak panas. Kalau suka pedas, bisa siapkan sambal kecap.


Stik Tempe Crispy

Kemungkinan sih belum banyak yang mencoba resep sejenis ini. Tapi jangan khawatir Ma, rasa tempe crispy dengan saus madu itu lezat kok. Buktikan saja di rumah Ma, olah resepnya!


Cara membuatnya mirip-mirip dengan tempe crispy pertama. Bedanya, tempe Mama potong berbentuk stik. Nah, untuk saus madunya, Mama perlu mencampurkan madu dengan margarin cair dan tomat untuk menghasilkan rasa yang spesial. Sensasi gurih stik tempe dengan saus madu ini wajib Mama coba, deh!


Crispy Tempe Sambal Matah

Sambal matah khas Bali bukan hanya cocok jadi bumbu daging-dagingan seperti ayam. Sebenarnya, cocok juga kok dengan bahan makanan lain seperti tempe. Apalagi kalau tempe crispy. 


Bikin tempenya sih sama dengan dua resep sebelumnya, pakai Sajiku® Tepung Bumbu. 


Sementara untuk sambal matahnya, terdiri dari campuran irisan cabai rawit merah, bawang merah, sereh, daun jeruk, terasi, garam, air jeruk nipis, serta minyak goreng. Rasa pedas dengan aroma yang khas, bisa membuat Mama dan keluarga nggak berhenti makan camilan ini.

Intinya sih, selama menggunakan Sajiku® sebagai tepung crispy-nya, tak perlu khawatir bereksplorasi dengan aneka resep tempe crispy.


Ide Tempe Sayur, Bikin Nutrisi Hidangan Tempe Lebih Kaya

Kalau mau membuat lauk yang lengkap, campurkan tempe dengan sayuran. Vitamin dan mineral pada sayuran yang lebih kaya, bisa jadi pelengkap nutrisi pada sajian tempe.


Sate Tempe Brokoli

Ide sate brokoli ini mungkin sederhana. Tapi, kalau disajikan, bisa menggugah selera keluarga untuk mencoba kenikmatannya.


Sebelum memanggang satenya, Mama harus menumis dulu potongan tempe dan brokoli bersama bawang bombay, lada dan SAORI® Saus Tiram. Tak perlu sampai matang, cukup setengah matang saja. Barulah setelah itu panggang satenya, lalu santap dan rasakan cita rasa asam, manis, dan gurih dari hidangan ini.


Oseng Tempe Kacang Panjang

Kalau Mama nggak biasa dengan makanan panggang, pakai resep ini. Oseng tempe dengan kacang panjang adalah hidangan yang ‘merakyat’ tapi terjamin lezat. 


Untuk sayurannya, Mama bisa gunakan kacang panjang dan jagung manis. Sementara rempah dan bumbunya, campurkan SAORI® Saus Tiram, kecap manis, merica, garam, dan tomat. 


Oh ya, sebelum menyertakan tempe dalam campuran bahan lainnya, masak dulu tempenya sampai setengah matang agar tidak hancur saat Mama oseng.

Kami juga punya resep tempe dengan sayuran lain yang bisa Mama jajal jika masih butuh referensi.


Ide Tempe Unik, Makan Tempe dengan Resep Tak Biasa

Untuk Mama yang cari sajian yang unik-unik, boleh mencoba aneka resep olahan tempe unik yang Dapur Umami miliki. Ini tiga diantaranya yang patut Mama pertimbangkan!


Samosa Tempe

Pastry berbentuk segitiga ini biasanya berisi kentang rebus dengan aneka rempah khas yang membuat rasanya lezat. Kali ini, Mama bisa gunakan tempe parut sebagai isian utama pengganti kentang.


Selain tempe parut, tambahkan juga dengan campuran daging giling. Adapun bumbu tumisnya, cukup bawang bombay, daun bawang, dan Sajiku® Bumbu Rendang. Hasil tumisan ini perlu Mama bungkus dulu dengan kulit lumpia lalu menggorengnya lagi bersama balutan putih telur agar melekat.


Tempe Panggang


Bagi Mama yang sedang punya problem dengan makanan yang proses penyajiannya digoreng atau menggunakan minyak, olahan panggang adalah jalan keluarnya. Tapi sebaiknya, tetap pastikan hidangan panggang ini terasa nikmat dengan ide Dapur Umami ini.


Olahan tempe ini dapat Mama buat dengan memasukkan potongan tempe, santan, kelapa parut, air, serta Sajiku® Bumbu Ayam Goreng. Gunakan api kecil untuk menunggu makanan ini mengering dan siap untuk Mama sajikan. Cocok jadi camilan, cocok juga jadi lauk teman makan.


Dari ide-ide resep tempe di atas, pasti ada dong yang menarik minat Mama untuk mengolahnya hari ini? Selain enak-enak, resepnya praktis dan menghemat waktu Mama. 


Mulai sekarang, Mama juga nggak perlu takut lagi menyajikan tempe untuk keluarga. Dapur Umami membantu Mama menghadirkan aneka resep tempe yang menghadirkan suasana semangat makan di meja makan.




Source of thumbnail: Salad Sayuran Warna Warni, yang Lezat dengan Kubus Tempe Panggang by Shiny_Coconut
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.