Variasi Nasi Kuning Yang Mudah Ditirukan Di Dapur Mama

Nasi kuning ini merupakan nasi dengan warna kuning dan rasa gurih ini yang biasanya disajikan pada saat-saat tertentu saja. Biasanya saat perayaan ulang tahun, atau perayaan yang lain.


Seperti halnya masakan yang lain, nasi kuning ini memiliki berbagai variasi yang bisa Mama catat untuk menambah buku menu Mama. 


Kalau di akhir pekan biasanya Mama mencoba salah satu menu yaitu nasi uduk seperti nasi uduk Dapur Umami ini, keempat resep nasi kuning ini bisa dijadikan alternatif di akhir pekan.


Nasi kuning tanpa santan

Variasi nasi kuning yang satu ini diperuntukkan untuk Mama dan keluarga yang sedang mengurangi asupan santan. Walaupun sedang mengurangi asupan santan, namun Mama dan keluarga masih bisa menikmati nikmatnya sepiring nasi kuning dengan lauk pauk lengkap. Contohnya adalah dengan ayam goreng, ayam rempah rempah, dan lainnya.


Untuk membuatnya, Mama siapkan beras dengan kualitas bagus yang sudah di cuci bersih, daun jeruk, daun salam, sereh, dan seruas kecil lengkuas. Untuk bumbu yang dihaluskan, Mama blender bawang merah, bawang putih, kunyit, kencur, dan sedikit kemiri yang telah disangrai.


Nah, mari mulai kita buat nasinya. Langkah pertama untuk membuat nasi kuning tanpa campuran santan ini adalah: Mama tumis bumbu halus dengan semua bahan yang sudah tersedia hingga harum. Bila sudah harum, masukkan beras dan tambahkan air.


Tambahkan sedikit garam dan MASAKO® rasa ayam untuk semakin menunjang cita rasa. Aron beras ini hingga setengah matang. Selanjutnya, masukkan beras setengah matang ini ke dalam panci kukusan atau dandang hingga matang. Nasi kuning tanpa santan ini less guilty ya, Ma.

 

Nasi kuning bakar isi ayam suwir pedas

Nasi kuning yang satu ini memiliki aroma yang khas, yakni daun pisang yang dibakar. Untuk isian ayam suwir pedas ini, siapkan ayam bagian dada yang sudah direbus. Lalu suwir-suwir kasar ayam tersebut.


Tumis bumbu halus berupa bawang merah, bawang putih, cabe rawit merah, cabe keriting merah dengan daun sereh dan daun jeruk. Setelah bumbu harum, masukkan suwiran ayam, aduk-aduk hingga merata. Tidak lupa masukkan gula, garam, dan AJI-NO-MOTO® sebagai penguat cita rasa. Angkat dan sisihkan.


Mama bisa siapkan nasi kuningnya terlebih dahulu, yaitu dengan menatanya di daun pisang yang sudah dibersihkan dan isi dengan ayam suwir pedas. Kunci bungkus daun pisang dengan tusuk gigi.


Lakukan hingga habis. Bakar nasi kuning ini dengan menggunakan panggangan biasa atau bisa juga menggunakan teflon. Angkat dan sajikan dengan kerupuk udang kecil, siap nambah porsi kedua.


Nasi kuning masak rice cooker

Bila Mama sedang tidak memiliki banyak waktu untuk memasak nasi kuning dengan menggunakan dandang, ada solusinya. Mama bisa memasaknya di rice cooker kok, yang pastinya akan semakin mempersingkat waktu dan praktis. 


Bahan yang digunakan tentu sama saja dengan nasi kuning biasa, yakni beras, aneka bumbu dan santan, dengan bumbu yaitu kunyit bubuk, sereh, dan sedikit garam. Masak nasi kuning ini seperti masak nasi biasa, namun sering diaduk agar santan dan bumbu merata. Jangan lupa cuci beras terlebih dahulu dan tentunya jangan lupa tekan tombol “cook” ya ma.


Nasi kuning daun jeruk

Cara membuat nasi kuning daun jeruk ini bisa dikatakan gampang-gampang susah. Karena bila tidak sesuai maka nasi yang dihasilkan akan tidak nikmat. Namun, kalau pas dengan resepnya maka nasi yang dihasilkan selain gurih, juga beraroma daun jeruk yang segar.


Untuk membuat nasi kuning daun jeruk ini Mama memerlukan bahan berupa beras dengan kualitas bagus, santan, kunyit bubuk, seruas lengkuas, seruas jahe yang sudah dimemarkan, sereh, daun salam daun jeruk purut. Buang tulang daun yang ada pada daun jeruk purut.


Langkah memasaknya sama dengan nasi kuning biasa, yaitu dengan mendidihkan santan dengan semua bumbu yang sudah dipersiapkan. Bila sudah hampir mendidih, masukkan beras, aduk-aduk hingga beras matang dan mengembang, dan kemudian diamkan sejenak.


Panaskan dandang atau kukusan, masak nasi kuning daun jeruk ini hingga matang.

Nah, hari ini Mama sudah dapat empat pilihan resep untuk nasi kuning, kan? Kalau sebulan ada empat akhir pekan, berarti bisa dong tiap akhir pekan coba satu resep. Selamat mencoba, Mama!