Tiga Resep Sehat untuk Akhir Pekan

Seperti mama tahu, pada akhir pekan kecenderungan makan kita agak berbeda dengan hari-hari biasanya. Bahkan, tidak sedikit yang bilang bahwa kecenderungan makan kita dan keluarga sangat mungkin kurang sehat di akhir pekan. Oleh karena itu, kita perlu usaha untuk mengimbanginya dengan resep sehat untuk akhir pekan.

Kita pernah membahas bahwa ada tiga hal yang menyebabkan pola makan kita berubah selama akhir pekan. Ketiga hal tersebut adalah kegemaran kita makan di luar, makan cemilan, dan jadwal makan berubah karena bangun telat. 

Di artikel ini kita akan berbicara tentang tiga hal yang bisa kita lakukan untuk menyiasati kebiasaan akhir pekan tersebut. Mama akan ketahui di sini tiga cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan akhir pekan yang sehat. Semua itu bisa dirangkum dalam tiga resep ini. 


Salad Sayur atau Buah

Salad adalah istilah yang banyak dipakai di negeri barat untuk makanan yang merupakan campuran dari potongan berbagai macam sayuran atau buah-buahan yang diberi dressing. Di Indonesia, kita juga punya banyak resep salad lokal yang tak kalah lezatnya. Inilah yang pertama bisa kita jadikan cara menyiasati pola makan akhir pekan kita yang tidak umum.


Salad termasuk resep sehat akhir pekan



Pada prinsipnya, dengan memakan salad di akhir pekan, kita lebih menekankan pada peningkatan asupan serat, vitamin, dan mineral dari sayur dan buah dan mengurangi konsumsi kalori. Dengan buah-buahan, kita akan banyak mendapat serat dan vitamin. Sementara dengan salad sayur kita akan banyak mendapat serat dan mineral yang tinggi. 

Yang perlu diperhatikan di sini adalah dressing yang kita gunakan. Kita perlu memastikan sebanyak apa kandungan gula atau lemak dalam dressing yang kita gunakan. Kita perlu memastikan bahwa kandungan gula dalam mayonaise kita tidak terlalu tinggi. Bila tidak, kita akan sama saja dengan makan cemilan, yang banyak kita konsumsi di akhir pekan.


Makanan Tinggi Protein Rendah Kalori

Resep kedua untuk mengantisipasi pola makanan yang berubah di akhir pekan adalah meningkatkan menu tinggi protein dan rendah kalori. Sebab utamanya adalah karena banyak dari cemilan yang kita konsumsi sudah banyak memberikan kalori dan cenderung membuat kita kenyang. 

Untuk mengatasinya, kita bisa mencoba resep-resep yang tidak lagi bergantung kepada nasi. Sebagai misal, di sini kita bisa mencoba berbagai kreasi dengan ikan atau daging yang tidak perlu ditemani nasi. Satu resep mudah yang bisa mama coba adalah ikan bakar dengan rempah-rempah sederhana. 

Mama bisa melakukan ini untuk menggantikan sarapan yang bisa jadi terlambat pada akhir pekan karena keluarga suka bersantai di kasur lebih lama dari biasanya. Bangun terlambat bisa berpotensi mengubah jadwal makan. Tapi, kalau kita menyiasati dengan sarapan ringan dengan sedikit kalori dan banyak protein, jadwal makan kita bisa kembali seperti sedia kala. 

Oh ya, kalau mama ingin membuat ikan bakar, jangan lupa bahwa mama bisa juga menambahkan sayur-sayuran yang juga dipanggang atau dijadikan lalapan sebagai teman makan ikan. Sehat, bukan?