Artikel & Tips Snack Ini yang Bikin Anak Suka Makan Sayur
Snack Ini yang Bikin Anak Suka Makan Sayur

Snack Ini yang Bikin Anak Suka Makan Sayur

11 Aug 2023, 14:08

Kaki naga adalah menu makanan yang disukai oleh anak. Kaki naga sendiri bisa jadi salah satu olahan menu lauk hewani maupun snack jajanan. Tak jarang juga, kaki naga jadi menu jajanan yang biasa dibeli oleh anak saat di sekolah. Namun sayangnya, saat membeli kaki naga di luar rumah, menu tersebut belum tentu diolah dengan bahan yang berkualitas, sehat, aman serta memperhatikan aspek hygiene dan sanitasi dengan baik. Nah, mengolah kaki naga sendiri bisa jadi solusi agar makanan yang dikonsumsi anak terjamin kualitasnya. Selain itu, dengan mengolah kaki naga sendiri, kita bisa menambahkan sayur dalam menu tersebut. Bagaimana caranya ya? Yuk, simak selengkapnya di Artikel Dapur Umami kali ini. 


Artikel Terkait: Snack Ini Bikin Si Kecil Nggak Jajan Sembarangan Lagi


Mengenal Kaki Naga, Jajanan Favorit Anak Sekolah

Kaki naga adalah olahan menu daging ayam atau ikan yang dicampurkan dengan tepung tapioka, bawang putih, dan bumbu-bumbu umami lainnya. Pada adonan kaki naga juga bisa ditambahkan sayuran agar kandungan gizinya jadi lebih lengkap. Adonan kaki naga yang sudah digulingkan dalam stick yang selanjutnya dilapisi dengan telur dan bread crumb. Proses pengolahan ini tidak jauh berbeda dengan pembuatan katsu, bento, dan nugget.


Karakteristik menu makanan kaki naga memiliki tekstur renyah dan kering pada bagian luar, tapi lembut pada bagian dalamnya. Kunci keberhasilan membuat kaki naga adalah adanya bahan pengikat agar adonan memiliki tekstur yang kuat, misalnya dengan menggunakan tepung terigu atau tapioka.

 

Kaki Naga Sayur Ala AJI-NO-MOTO®, bikin Anak Suka Makan Sayur

Ada banyak inovasi dalam mengolah kaki naga, mulai dari jenis bahan utama yang digunakan, bahan pengikat, hingga bahan tambahan. Bahan utama yang digunakan dalam membuat kaki naga dari menggunakan daging ayam, ikan laut, hingga air tawar. Selain itu, pada proses pembuatannya kita juga bisa menambahkan aneka sayuran misalnya brokoli, wortel, sawi, bayam, dan sebagainya. Dapur Umami juga punya resep kaki naga sendiri lho! Resep Kaki Naga Sayur Ala AJI-NO-MOTO® ini menggunakan bahan dasar daging ayam dengan isian sayur bayam. Tak hanya lezat, menu kaki naga kali ini juga mengandung serat yang sehat. Menu ini bisa jadi 8 porsi dengan kandungan gizi keseluruhan berikut.


  • Energi: 1596 kkal
  • Protein: 57 gram
  • Karbohidrat: 124 gram
  • Lemak: 109 gram
  • Serat: 1 gram


Artikel Terkait: Feeding Rules, Kunci Awal Bentuk Pola Makan Anak


Nah, itu dia inspirasi Resep Kaki Naga Sayur Ala AJI-NO-MOTO® yang bisa bikin anak nambah lagi kalau makan sayur. Kali ini anak ngga akan lagi menolak makan sayur. Jadi lauk makan bisa, jadi jajanan pun juga bisa. Yuk, recook Resep Kaki Naga Sayur Ala AJI-NO-MOTO® untuk kamu yang ingin menambah sayuran dalam menu makanan anak. 


Reference:
Studi Penambahan Daun Kalakai (Stenochlaena palustris) terhadap Nilai Gizi dan Sifat Organoleptik Kaki Naga Ikan Toman (Channa micropeltes) – Sulistyaningrum et al. (2022) – Journal of Tropical Animal Science. Retrieved 22 July 2023. 
Pengaruh Bahan Pengikat dan Waktu Penggorengan terhadap Mutu Protein Kaki Naga Ikan Tenggiri (Scomberomorus sp.) – Nugroho et al. (2014) – Jurnal Pengolahan dan Bioteknologi Hasil Perikanan. Retrieved 22 July 2023. 
Pengaruh Teknik Pengolahan terhadap Kualitas Kaki Naga Ikan Patin – Sirtin et al. (2017) - Science Social Journal. Retrieved 22 July 2023. 
6 Clever Ways to Get Your Toddler to Eat Vegetables – Streit L (2021) – Healthline. Retrieved 22 July 2023. 
Master List of Vegetable Recipes for Kids – Palanjian A (2023) – Yummy Toddler Food. Retrieved 22 July 2023. 
(NTR-MEH)
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.