Sayur Lodeh Putih Khas Jawa Timur, Gurihnya Memanjakan Lidah - Dapur Umami

Sayur Lodeh Putih Khas Jawa Timur, Gurihnya Memanjakan Lidah

Siapa yang tidak kenal sayur yang identik dengan isian berbagai macam sayuran, santan kental dan rasa pedas ini? Di artikel ini kita akan membuat sayur lodeh versi Jawa Timuran dengan kuahnya yang berwarna putih dan rasa gurihnya yang siap memanjakan lidah keluarga. Simak hingga habis artikel ini ya Ma!


Sayur lodeh putih lengkap dengan tetelan

Sayur lodeh identik dengan warnanya yang merah ataupun kuning kan, Ma? Kali ini kita akan membuat sayur lodeh putih, lengkap dengan tetelannya. Dengan perpaduan rasa gurih dari santan kental dan tetelan sapi yang nikmat, siapa mampu menolak kelezatannya?


Untuk campuran lodeh putih ini, kita akan menggunakan beberapa paduan sayur yang sangat sering kita jumpai, antara lain wortel, buncis, jagung muda yang dikerat, daun kol, daun melinjo, buah melinjo, dan tempe yang dipotong dadu. Paduan sayur yang digunakan mirip dengan sayur asam.


Seusai menyiapkan sayurnya, maka kita masuk ke cara membuat nya. Mama siapkan bumbu halusnya terlebih dahulu yang terdiri dari kemiri, kencur, ketumbar, bawang putih, dan bawang merah. Pastikan bumbunya benar-benar halus ya, mas? Bila sudah, Mama tumis bumbu halus hingga harum dan kemudian tambahkan air. Mama rebus tetelan sapi yang sudah dipotong bersama bumbu, daun salam, dan sedikit lengkuas hingga empuk.


Apabila daging tetelan sudah empuk, Mama bisa memasukkan semua sayuran yang telah disiangi dan dibersihkan tadi ke dalam panci. Ketika sayur sudah sedikit empuk, Mama bisa memasukkan santan kental sedikit demi sedikit. Terakhir, tes rasa dengan menambahkan gula, garam dan tentunya AJI-NO-MOTO┬« yang menambah rasa gurih ke dalam masakan Mama. 

Angkat dan sajikan di meja makan Mama. Taburi dengan bawang goreng untuk memberikan rasa gurih. Untuk resep sayur lodeh lain yang tidak kalah lezatnya, Mama bisa intip di Dapur Umami di sini, yah.


Sayur lodeh putih dengan ikan asap

Sayur lodeh putih lengkap dengan ikan asap khas Jawa Timuran satu ini akan sering kita temui di daerah pesisir, seperti daerah Tuban dan Gresik. Perpaduan rasa gurih sayur lodeh dan rasa smoky dari ikan asap akan memberikan sensasi yang berbeda dalam menyantapnya. Untuk isian dari lodeh putih, Mama bisa sesuaikan dengan selera keluarga.


Sebelum memulai, berikut ada sedikit tips untuk Mama dalam memilih ikan asap yang baik untuk campuran sayur lodeh putih ini, Mama pilih ikan asap yang permukaannya cerah dan mengkilap. Sebaiknya Mama tidak pilih ikan asap yang terdapat kristal garam pada permukaannya, karena akan terasa sangat asin bila diolah sebagai bahan lodeh. Mama juga pilih ikan asap yang masih utuh, dan tidak benyek bila dipegang, tanda ikan sudah basi.


Pada sayur lodeh putih kali ini Mama akan memanfaatkan tahu, daun melinjo, labu siam, terong, kacang panjang potong, cabai hijau, dan jagung manis pipil sebagai bahan utamanya. Untuk bahan yang dihaluskan cukup sederhana saja, cukup ulek bawang merah, bawang putih dan juga sedikit kemiri.


Untuk membuatnya, pertama-tama Mama perlu air yang di masak hingga mendidih dalam panci. Lalu masukkan bumbu yang telah diulek tadi beserta sayuran yang telah dipotong dan dicuci bersih. Jangan lupa memasukkan tiga elemen pentingnya: sedikit daun salam, lengkuas, dan santan encer. Aduk agar santan tidak pecah ya, Ma. 


Terakhir, untuk mendapatkan rasa yang sesuai selera, tambahkan gula, garam, dan MASAKO┬« Rasa Ayam. Tes rasa. Langkah terakhir, masukkan tahu dan ikan asap yang sudah dipotong sesuai selera. Sayur lodeh ini siap dihidangkan hangat dengan sepiring nasi. 


Jadi, pilih sayur lodeh putih dengan tetelan atau ikan asap untuk dieksekusi di dapur Mama hari ini?