Resep Seblak Dapur Umami ini Cemilan Penghangat Badan

Seblak adalah makanan yang memiliki asal-usul menarik dan tidak mudah dilacak. Ada beberapa yang mengklaim memiliki makanan yang resep dan ciri-cirinya menyerupai seblak bahkan sejak zaman kemerdekaan. Satu-satunya kesepakatan tentang seblak adalah bahwa saat ini seblak dianggap berasal dari Bandung. 


Apa sih yang dimaksud dengan seblak itu? Ada yang menyebutnya seblak krupuk, seblak makaroni, seblak kering, dan bahkan ada juga seblak mi. Sebanyak apapun variasinya, ada beberapa hal yang membuat seblak sama, yaitu: makanan karbohidrat kering yang direbus dan kuah pedas bercita rasa umami plus kencur. 


Ya, dua hal ini sajalah yang sama. Sedangkan untuk variasinya, ada banyak yang bisa ditambahkan. Berikut ada dua resep seblak yang bisa kita buat dengan mudah dan rasanya tidak akan pernah salah. 


Resep Seblak Sayur Ala Masako®

Seblak jenis pertama ini sebenarnya tidak berbeda dengan seblak kerupuk atau makaroni. Kuahnya juga tetap memiliki rasa pedas dan kencur. Yang menjadikannya khas adalah cita rasa yang didapatkan dari Masako® rasa ayam dan sayuran yang berlimpah. Inilah yang menjadikan resep seblak ini tidak biasa. 


Lalu, apa saja bahan yang dibutuhkan untuk resep seblak sayur ala Masako® ini? Ada tiga kelompok bahan yang perlu dipersiapkan. 

Pertama, yang menjadikannya khas seblak adalah bumbu halusnya. Mama perlu menyiapkan 3 buah cabe rawit, 3 buah cabe merah, 4 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 1 ruas kencur, dan kemiri secukupnya. Jangan lupa menyiapkan Masako® rasa ayam.


Untuk isi seblaknya, mama boleh menyiapkan kombinasi antara bakso, cireng, kerupuk, dan makaroni. Khusus kerupuk dan makaroni, Mama perlu merebusnya sebentar secara terpisah agar bisa cukup mengembang. 


Bahan yang ketiga adalah sayur-sayuran. Di sini, Mama bebas memasukkan sayuran apa saja, mulai dari sawi, wortel, hingga bahkan tauge.

Cara memasaknya relatif sederhana, yaitu menumis sayur-sayuran, memasukkan bumbu halus dan air, lalu terakhir masukkan semua isi seblak. 


Dengan mengikuti resep seblak yang ini, Mama akan mendapatkan cemilan sore musim hujan yang tak meninggalkan prinsip gizi seimbang lho!


Resep seblak sayur ala Masako® menghadirkan cemilan sore yang sehat


Resep Seblak Cita Rasa Thailand

Untuk resep seblak yang kedua ini, cara membuatnya lebih mudah, tetapi cita rasanya tidak akan kalah dengan seblak yang sebelumnya. Yang unik adalah: adanya cita rasa Thailand dalam seblak kita kali ini. 


Secara umum, seblak cita rasa Thailand ini termasuk seblak mi karena adanya penggunaan mie yang cukup dominan. 

Untuk membuat seblak ini, Mama perlu menyiapkan dua kelompok bahan. Yang pertama adalah kerupuk, makaroni, cilok dan telur. Ini merupakan bahan utama seblak. Sementara itu, yang kedua adalah mi instan Yum Yum dari Ajinomoto yang terkenal karena mengusung cita rasa Thailand. Yang ketiga adalah 1 ruas kencur dan kemiri. 


Cara membuat seblak kali ini, Mama perlu merebus makaroni, mie, dan telur. Kemudian masukkan bumbu jadi dari Yum Yum sekaligus kencur dan kemiri. Saat kerupuk dan makaroni dirasa cukup matang, masukkan mie yang sudah dipotong-potong kasar dalam ukuran tidak terlalu kecil. 


Terakhir, tes rasa untuk memastikan kencur sudah terasa dan rasa gurih sudah seperti yang diinginkan. Mudah sekali bukan? 

Dengan kedua resep seblak ala Dapur Umami ini, Mama sudah bisa mendapatkan hidangan seblak yang digemari dan kekinian yang sangat cocok di suasana sore yang sering hujan ini!