Resep Sayur Berkuah Tanpa Santan Ala Dapur Umami

Bagi Mama ingin makan sayur kuah namun punya problem dengan santan, tak perlu khawatir. Masih banyak kok resep sayur berkuah tanpa santan yang bisa Mama pilih. Bahkan, rasanya juga tak kalah enak.

Dapur Umami sudah memilihkan beberapa resep terbaik untuk Mama olah di rumah. Semoga ini membantu Mama yang sedang mencari inspirasi ya!


Seblak Makaroni Sayur ala Masako

Mama pernah mencoba pedas dan segarnya seblak? Jajanan khas Bandung ini dapat Mama jadikan resep sayur berkuah juga lho! Tanpa kehilangan kelezatannya, rebusan sayuran dalam seblak dapat membuat makanan ini lebih kaya gizi.

Kunci agar rasa khas seblak muncul ada pada bumbu halusnya. Mama bisa siapkan cabai sesuai selera, bawang merah dan putih, kencur, dan kemiri. Potongan wortel, sawi hijau, dan kol adalah beberapa sayur yang dapat Mama campurkan dalam tumisan bumbu halus.

Ketika aroma bumbu sudah menguar, barulah Mama siram wajan dengan air lalu masukan makaroni. Untuk dapatkan rasa gurih yang umami, jangan lupa gunakan penyedap rasa dari masako. Selain wangi, seblak sayur ini juga pasti endeus rasanya!


Sayur Asem Daging ala Sajiku

Pada zaman penjajahan Belanda, sayur asem memang jadi makanan masyarakat pribumi kelas bawah. Namun seiring waktu, rasa lezat dan segarnya menjadikan sayur asem sebagai makanan favorit semua kalangan saat ini.

Isian sayur asem biasanya terdiri dari jagung manis, kacang panjang, kacang tanah, cabai merah, serta buah dan daun melinjo. Agar lebih bergizi, bisa juga ditambah daging tetelan.

Untuk bumbu asemnya, Mama bisa coba gunakan bumbu sayur asem dari Sajiku. Selain praktis, komposisi bumbu ini bisa membuat sayur buatan Mama lebih lezat.

FYI, masyarakat di Jakarta dan Jawa Barat, biasanya mengkonsumsi sayur asem dengan nasi terpisah wadah. Sementara di Jawa Tengah dan Timur, biasanya dicampur. Kira-kira, Mama mau jadi tim nasi dipisah atau dicampur nih?


Sayur Katuk Labu ala Ajinomoto

Sayur berkuah bening dengan bahan utama daun katuk sangat cocok Mama olah jika saat ini sedang dalam masa hamil atau menyusui. Kandungan laktagogum dan prolaktin dalam daun katuk secara medis mampu menjadi booster ASI.

Untuk melengkapi nutrisinya, Mama bisa menambahkan potongan labu siam dan jagung manis dalam kuah sayur katuk. Selain bumbu umum seperti bawang merah dan putih, kelezatan sayur katuk bisa Mama dapat dari temu kunci. Rempah ini mampu memberi rasa dan aroma segar yang sangat kuat.

Sementara untuk memberikan rasa gurih dan mengimbangi temu kunci yang sedikit pahit, penyedap rasa dari Ajinomoto dapat jadi solusinya.


Sup Bihun Sayur ala Ajinomoto


Dengan sup bihun sayur, Mama tak perlu lagi menyiapkan nasi. Keberadaan bihun dalam resep masakan sayur berkuah tanpa santan ini dapat menjadi alternatif sumber karbohidrat yang memberikan tenaga.

Selain bihun, kuah dalam resep ini bisa Mama isi dengan wortel, jagung muda, serta ayam rebus yang sudah disuir. Untuk menambah aroma, Mama cukup menyertakan bawang merah, bawang putih, dan daun bawang. 

Ketimbang daftar lainnya, resep ini mungkin yang paling simple. Namun selama menggunakan berbagai produk Ajinomoto, rasanya pasti enak. Penyedap rasa ini bisa jadi kunci rasa bagi setiap sayur yang Mama olah.

Karena semua resep sayur berkuah tanpa santan ini pasti sehat dan lezat, Mama pasti bingung kan mau masak yang mana? Tak perlu bingung, eksekusi saja semuanya secara berurutan. Bisa, kan?