Resep Bakso Mercon Beranak Ala Rumahan

Jenis bakso yang viral ini ternyata bisa juga Mama kreasikan dan buat dirumah loh. Apalagi kalau bukan bakso mercon beranak. Bukan berarti bakso ini dapat meledak dan beranak ya, Ma.


Maksudnya adalah bakso ini memiliki rasa super pedas yang meledak di mulut dan di dalam bakso terdapat berbagai isian sehingga disebut bakso beranak. 


Cara membuatnya memang sedikit berbeda dengan pembuatan bakso biasa. Utamanya karena bakso ini memerlukan bahan cabai yang cukup banyak. Mama simak artikel ini ya.


Bahan-bahan bakso mercon beranak

Bahan untuk membuat bakso mercon beranak kali ini tidak membutuhkan daging sapi murni (sehingga namanya menjadi bakso sapi). Tapi, yang digunakan adalah campuran daging ayam dengan perbandingan yang sama. 


Untuk porsi besar, Mama siapkan 1 kilogram daging sapi dan satu kilogram daging ayam (pilih bagian dada ayam yang lebih banyak dagingnya).


Tepung tapioka, es batu, putih telur, 14 siung bawang putih yang sudah digoreng sebelumnya, baking soda, garam, dan yang tidak boleh ketinggalan AJI-NO-MOTO®. Jangan lupa juga air secukupnya untuk merebus, daun bawang, daun seledri dalam jumlah yang banyak.


Untuk bahan isian bakso mercon beranak dengan rasa pedas yang menggoyangkan lidah, Mama siapkan 200 gram atau 2 ons cabai rawit, cabai merah besar, bawang merah, dan minyak untuk menumis.


Hmmm… membayangkan saja sudah terasa pedasnya ya, Ma?


Bakso mercon beranak : cara membuat

Sebelum mulai memasak bakso mercon beranak ini kita olah terlebih dahulu isiannya, agar nantinya memudahkan Mama dalam memasak dan memasukkannya ke dalam adonan bakso. 


Haluskan semua bawang merah, cabai rawit, dan cabai merah ini hingga halus dan menjadi bumbu halus. Mama bisa gunakan chopper untuk mempersingkat waktu memasak dan hasil yang bagus. 


Setelah semua siap dan halus, tumis bahan isian ini dengan sedikit minyak. Awas siap bersin-bersin ya ma, karena aroma nya sangat kuat. Tak lupa tambahkan gula, garam dan sedikit MASAKO® rasa ayam. Sisihkan isian sambal ini.


Untuk membuat bakso mercon beranak ini Mama bisa gunakan chopper atau mungkin food processor. Yang pertama dimasukkan adalah daging sapi dan daging ayam. Haluskan dan aduk rata bersama semua bumbu yang sudah dipersiapkan hingga semua tercampur rata. Bila chopper tidak muat, bisa Mama jadikan dua kali proses. 


Bagi adonan bakso ini menjadi dua bagian ya, Ma. Adonan yang pertama Mama cetak sebesar kelereng. Masukkan ke dalam air mendidih. Angkat dan sisihkan bakso berukuran kelereng yang sudah jadi ini. 


Adonan lainnya Mama cetak dengan ukuran yang lebih besar, dengan cara Mama pipihkan di telapak tangan, masukkan beberapa butir bakso berukuran kelereng dan sambal. Bungkus kembali dengan adonan dan kemudian bulatkan. Mama bisa menggunakan sendok untuk membantu membentuk. Lakukan hingga adonan habis dan tunggu hingga bakso mengapung lebih lama. 


Angkat dan tiriskan lalu sisihkan bakso mercon beranak sambil Mama bisa mengolah kuahnya.


Cara Membuat Kuah Bakso

Untuk membuat kuah bakso mercon beranak ini Mama memerlukan tulang sapi, bawang putih yang sudah dihaluskan, merica, AJI-NO-MOTO® dan tentu saja cabai rawit 3 ons. 


Cara membuatnya cukup mudah: tumis bumbu yang sudah dihaluskan dan masukkan ke dalam air kaldu tulang yang sudah mendidih. Tak lupa masukkan cabai rawit untuk sensasi pedas. Tes rasa. Apabila sudah pas, masukkan bakso mercon beranak yang sudah dibuat beserta kuah sedapnya ke dalam mangkuk dan siap disajikan.


Bagaimana, Ma, tertantang untuk membuat bakso mercon beranak yang pedas ini? Makan hati-hati agar masalah pencernaan tak menghampiri, ya. Selamat ber huh hah, Ma!