Rekomendasi Aneka Olahan Terong ala Dapur Umami

Meskipun pada dasarnya punya rasa hambar dan kadang sedikit pahit, terong tetap bisa Mama olah jadi menu lezat. Kuncinya ada pada proses pengolahannya, terutama pemilihan bumbu. Namun Mama tak perlu bereksperimen lagi, Dapur Umami punya sejumlah menu masakan olahan terong yang sudah teruji


Terong Kuah Siram ala SAORI® 

Tekstur terong yang empuk dan kenyal, akan sangat cocok jika berpadu dengan siraman kuah kental asam manis. Rasa pahitnya dijamin akan tertutupi dalam resep terong saus tiram ini.

Langkah awal yang perlu Mama lakukan adalah potong terong lalu goreng hingga matang, lalu tiriskan terpisah. Selanjutnya, tumis bawang putih, jahe geprek, potongan wortel, serta ayam cincang secara berurutan. Lalu, masukkan terong dan irisan cabai rawit ke dalam tumisan tersebut.

Terakhir, langkah paling penting adalah menyiram tumisan dengan SAORI® Saus Tiram dan larutan tepung maizena. Tahap inilah yang membuat terong jadi umami


Kari Terong ala Masako® 

Karakter terong yang sebenarnya sedikit mirip dengan daging ayam, membuatnya cocok juga jika Mama olah jadi komponen dalam kari khas Nusantara.

Cara membuat resep ini, siapkan dulu bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai merah, kunyit, kemiri, serta lengkuas. Kalau sudah, tumis hingga aromanya muncul dengan kuat. Lalu, tuang santan encer, daun salam, dan daging sapi cincang jika mau.

Saat daging mulai empuk, barulah Mama tambahkan terong. Jangan lupa taburkan Masako® Rasa Sapi agar kuahnya menjadi gurih dan bikin nagih. Ketika terong sudah matang, maka ketika itulah hidangan ini siap disajikan


Urap Terong ala AJI-NO-MOTO®

Terong juga cocok lho Mama sajikan bersama urap. Salad khas Nusantara ini bisa menjadi pendamping yang lezat bagi terong.

Mama dapat mulai mengolah terong dalam menu ini dengan memanggang terong yang sudah dibelah dan dilumuri garam. 

Adapun untuk urap, siapkan komponen utamanya terdiri dari kepala parut, tumis teri, dan air asam. Tumis ketiganya lalu aduk hingga tercampur rata. Untuk memperkaya rasa, tambahkan garam, gula merah, dan AJI-NO-MOTO®. Oseng-oseng hingga semuanya hingga matang


Terong Balado ala AJI-NO-MOTO®

Mama suka dengan rasa balado khas Minang? Kalau iya, Mama bisa lho mengkombinasi terong dan sambal dengan rasa kuat tersebut dengan resep terong balado dari Dapur Umami.

Awali prosesnya dengan menghaluskan dan menumis bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, dan sedikit air. Selanjutnya, masukkan laos dan jahe yang sudah digeprek dan terong yang sudah dipotong-potong. Lalu, taburi garam dan tuang air sedikit lagi. 

Terakhir, tambahkan bumbu AJI-NO-MOTO® lalu aduk hingga semua bahan tercampur merata. Aduk terus sampai matang dan wangi. Memakan sajian terong balado bersama nasi hangat, pasti bikin Mama dan keluarga pengen nambah terus


Terong Crispy ala Sajiku® 

Resep terong crispy, emang ada? Ada dong.

“Dengan Sajiku® Tepung Bumbu, Mama bisa mengolah banyak makanan menjadi cemilan gurih dan crispy. “

Jika Mama tertarik dengan terong crispy, cuci bersih terong dan iris tipis terlebih dahulu. Kemudian, sediakan dua wadah berisi adonan Sajiku® kering dan basah. Pastikan Mama menggunakan air es untuk melarutkan tepung di adonan basah. 

Kalau semua sudah siap, Mama tinggal celupkan terong ke adonan basah lalu guling-guling sambil menekannya ke adonan kering sebelum Mama goreng. Tekstur crispy di luar yang datang dari bumbu Sajiku® dan kelembutan terong, pasti menggugah selera bukan?

Dengan produk-produk AJI-NO-MOTO®, Mama bisa mewujudkan ide-ide masak kreatif untuk semua jenis makanan. 

Masih mau tau resep-resep lezat selain olahan terong? Cek langsung saja kreasi resep teruji dari Dapur Umami!