Rekomendasi 5 Makanan Diet yang Cocok untuk Remaja

Diet waktu remaja boleh saja, tapi gizi untuk pertumbuhan tak boleh kurang. Cek rekomendasi makanan diet hidup sehat apa yang cocok untuk remaja


sumber: https://www.pexels.com/photo/variety-of-food-on-wooden-coaster-793759/ 


Remaja merupakan usia dimana orang mulai memperhatikan penampilan, terutama perempuan. Tak heran, banyak yang mencari-cari menu makanan diet apa yang paling bagus untuk remaja.


Sebagai usia di mana pertumbuhan berlangsung cepat, tubuh perlu gizi yang cukup dan seimbang. Maka dari itu, sangat penting untuk memilih menu diet khusus remaja yang tidak mengurangi nutrisinya. Penurunan berat badan dari yang obesitas juga berimpact baik untuk kesehatan, salah satunya kesehatan jantung.


Berikut rekomendasi 5 makanan diet yang bagus untuk remaja dengan memperhatikan jumlah kalori, mengonsumsi makanan untuk dikonsumsi yang rendah kalori dengan asam lemak omega-3, dan mengandung lemak sehat.


Telur Rebus

sumber: https://www.pexels.com/photo/pastry-and-boiled-egg-on-plate-566566/ 


Tubuh memiliki kemampuan metabolisme yang tinggi selama masa remaja. Asalkan terus aktif, sebenarnya tak perlu khawatir akan mengalami kelebihan berat badan di masa itu.


Kurangnya aktivitas dan tingginya konsumsi karbohidrat bisa membuat lemak bertumpuk. Jika demikian, ada baiknya kamu menghindari konsumsi nasi sebagai sumber energi.


Sebagai gantinya, kamu bisa mengonsumsi telur rebus. 

Telur mengandung protein tinggi yang sangat baik untuk pertumbuhan. Selain itu, kandungan proteinnya bisa bikin perut kamu terasa kenyang lebih lama.


Jadi, selain bakal mengurangi jumlah dan frekuensi makan, kamu nggak perlu khawatir kekurangan protein untuk menunjang pertumbuhan.


Pisang

sumber: https://www.pexels.com/photo/bananas-with-skin-on-white-surface-5946090/ 


Pisang memang buah-buahan mengandung gula dan terasa manis. Akan tetapi, indeks glikemiknya masih lebih rendah dari nasi putih.

Selain itu, pisang juga mengandung banyak kandungan serat yang tak larut. Serat ini dapat membantu memberikan rasa kenyang pada perut.


Lebih lagi, pisang kaya akan berbagai kandungan vitamin dan mineral, termasuk vitamin A, magnesium, dan kalium. Nutrisi tersebut sangat penting untuk menjaga metabolisme tubuh tetap aktif dan sehat.


Mengganti porsi sarapan atau makan malam dengan buah pisang akan membantumu untuk mendapatkan berat badan ideal dengan cepat.


Serealia Berkulit Ari

sumber: https://www.pexels.com/photo/brown-rice-grains-226621/ 


Cara diet simple untuk remaja sering hanya dengan 1 jalan: melewatkan kesempatan makan. Kenyataannya, hal tersebut justru bisa mengganggu kesehatan, bahkan menyebabkan efek balik dorongan rasa lapar dan makan yang kuat.


Di sisi lain, kamu sebenarnya bisa tetap makan, merasa kenyang, tapi berat badan tetap ideal. Caranya, ganti sumber makanan utama jadi serealia berkulit ari.

Misal kamu makan roti gandum, pilih yang terbuat dari gandum utuh. Jika kamu makan nasi, maka pilih yang terbuat dari beras coklat yang masih mengandung kulit ari.


Serat pada kulit ari akan membantumu untuk cepat merasa kenyang, tanpa makan terlalu banyak. Sedangkan nutrisinya bisa membantu metabolisme tubuh lebih lancar. 


Dengan kata lain, ini merupakan salah satu sumber karbohidrat untuk diet terbaik yang bisa kamu dapatkan. 


Sayur dan Buah

sumber: https://www.pexels.com/photo/assorted-sliced-fruits-in-white-ceramic-bowl-1092730/ 


Pada dasarnya, sayur dan buah adalah menu diet sehat untuk usia berapapun. Bagi remaja yang mengalami obesitas atau kegemukan, ini menjadi cara sehat untuk diet.


Jenis sayuran dan buah mengandung vitamin, mineral, serta serat yang tinggi. Ukurannya yang cenderung besar juga membuat kamu merasa kenyang tanpa harus mengonsumsi kalori yang banyak.


Untuk perbandingan, 1 centong nasi bisa memberikan kamu 135 kalori. Sementara itu, dalam semangkuk salad dan buah, hanya mengandung sekitar 77 kalori.

Jadi, tak ada alasan untuk tidak memasukkannya dalam menu diet sehat kamu.


Ikan

Meskipun tujuan diet adalah mengurangi berat badan, tapi tidak makan ikan adalah sebuah kesalahan.

Ikan mengandung protein yang sangat penting untuk masa pertumbuhan. Jenis ikan tertentu seperti makarel, tuna, dan sarden bisa jadi sumber zat besi yang baik.


Ini akan sangat membantu, khususnya bagi remaja perempuan yang mengalami menstruasi.

Tak perlu khawatir bakal gemuk akibat makan ikan, sebab ikan cenderung rendah lemak. Maka dari itu, ikan bisa jadi salah satu menu diet terbaik untuk remaja.


Agar lebih sedap dan tidak membosankan, kamu bisa memasaknya secara kreatif. Temukan beragam menu masakan ikan yang lezat dari Dapur Umami seperti Ikan Kembung Goreng Sambal Matah berikut. 


Dari semua rekomendasi tadi, menurut Mama apakah ada bahan diet dari biji-bijian? Silakan temukan di https://www.dapurumami.com/.



Tak perlu lagi bingung mencari inspirasi menu diet sehat untuk remaja. Tinggal pilih variasi dari 5 rekomendasi makanan diet di atas saja. Jangan lupa untuk mengonsumsi jenis makanan yang bervariasi agar gizi kamu cukup dan seimbang.