Referensi Resep Makanan Sehari Hari Untuk di Rumah yang Murah & Simple

Mama harus coba resep makanan sehari hari ini. Meskipun resepnya murah dan simpel, orang rumah pasti nggak akan bosan walaupun mama selalu masak hidangan yang sama sampai satu bulan lamanya.


Sosis Telur Asam Manis

Kalau mama sedang mencari ide resep masakan sehari-hari untuk 1 bulan yang gampang dibuat variasinya, coba bikin sosis telur asam manis. Variasi dari resep ini sangat gampang karena mama tinggal “memainkan” racikan bumbu penyedap dan campuran rempahnya.


Bahan Pembuatan Sosis Telur Asam Manis

Mama mau bikin? Siapkan satu pak sosis ayam/sapi dan 2 telur sebagai bahan utama. Untuk bahan tambahannya, siapkan ½ bawang bombay, 1 siung bawang putih, ½ gula pasir, garam, merica, dan 1 sdm maizena dengan tambahan sedikit air.

Siapkan juga pelengkap kalau mama ingin koreksi rasa masakan supaya lebih cocok di lidah, seperti 3 sdm saus tomat dan ½ saus tiram Ajinomoto.


Cara Membuat Sosis Telur Asam Manis

Pertama-tama, potong dan kerat-kerat sosis - porsinya bisa mama sesuaikan - lalu goreng dengan kondisi api sedang. Sambil menunggu sosis berubah warna, kocok telur dengan teknik orak-arik. Saat sosis sudah agak matang, tuang kocokan telur yang sudah mama siapkan bersama dengan sosis. Terakhir, angkat dan sisihkan.

Kedua, cuci bersih lalu tumis bawang putih dan bombay bersamaan hingga harum semerbaknya tercium seluruh keluarga. Saat sudah wangi, campur saus tomat dan tiram Ajinomoto ke dalam tumisan bawang. Di proses menumis ini, mama bisa menuang air secukupnya supaya bawang tidak hangus dan gosong.

Selanjutnya, mama bisa memberikan gula, garam, dan merica bubuk ke dalam tumisan - aduk sampai merata. Jangan lupa untuk mencoba rasanya, kalau dirasa kurang sedap, mama bisa menambahkan penyedap lainnya.

Terakhir, kalau rasa bumbu sudah cocok, masukkan sosis dan telur yang sudah matang - aduk merata. Masak sebentar dengan api sedang sampai seluruh bahan tercampur, lalu angkat dan sajikan.

Sosis telur asam manis juga bisa mama “sulap” menjadi hidangan berkuah, lo. Triknya adalah membuat kaldu secara terpisah. Mama bisa membuat kaldu jamur tiram, kaldu ayam, atau kaldu tulang.


Nasi Goreng Bakso

Resep masakan sehari hari dirumah yang paling cocok untuk sarapan apa, ya? Kalau mama bertanya akan hal ini, jawaban yang paling realistis adalah: nasi goreng bakso.

Selain mudah dan proses pembuatannya tidak sampai 30 menit, resep makanan sehari hari simple ini juga gampang untuk divariasikan. Contoh, baksonya bisa mama ganti jadi sosis, dada ayam suwir, daging, dan lainnya.


Bahan Pembuatan Nasi Goreng Bakso

Bahan utama yang perlu mama siapkan adalah dua piring nasi yang suhunya sudah room temperature, 2 telur, 6 bakso potong tipis-tipis, sawi, wortel, dan 2 daun bawang. Kalau anggota keluarga ada yang suka dengan labu siam atau kacang panjang, bisa mama tambahkan sesuai selera, ya.

Siapkan juga 2 sdm kecap, ½ sdt garam, 2 sdt gula putih, dan ½ sdt merica sebagai pelengkap rasa.

Terakhir, mama juga perlu menyiapkan bumbu halus yang terdiri dari 2 siung bawang putih, 5 biji bawang merah, 5 buah cabai hijau atau merah, dan penyedap Ajinomoto. Terakhir, kalau keluarga suka makanan pedas, mama bisa menggunakan cabai rawit, ya.


Cara Masak Nasi Goreng Bakso

Pertama-tama, panaskan minyak goreng dan tumis dulu semua bahan bumbu halus yang sudah mama siapkan sampai seluruh dapur menjadi wangi. Setelahnya, masukkan wortel korek ke dalamnya - aduk merata.

Kedua, kocok telur dengan metode orak-arik dan masukkan ke dalam wajan berisi tumisan bumbu halus. Kalau sudah diaduk rata, selanjutnya masukkan bakso serta sawi - aduk lagi hingga merata.

Lalu masukkan semua bahan terakhir, yaitu nasi yang sudah room temperature dan tambahkan kecap manis, garam, gula, dan merica secara bertahap. Mama bisa memasak hidangan ini sampai dirasa matang, tapi jangan diangkat dulu, ya.

Menjelang matang, tambahkan daun bawang dan cicipi rasanya dulu - kalau terasa ada yang kurang, tambahkan penyedap Ajinomoto sampai terasa pas. Setelah itu, angkat lalu hidangkan.


Rekomendasi Penyedap Rasa untuk Masakan Sehari Hari Simple

Karena dua rekomendasi resep makanan sehari hari murah di atas mudah dan membuka ruang untuk berkreasi dari segi rasa, mama bisa coba pakai penyedap dari Ajinomoto. Saori saus tiram atau lada hitam dari Ajinomoto cocok sekali untuk resep di atas, loh.