Rahasia Mie Goreng Lezat, Baceman Bawang Kuncinya

Musuh terbesar Mama dalam memasak masakan di rumah seringkali adalah menyiapkan bahan yang diperlukan. Benar kan, Ma? Ada satu kuncian yang bisa mengurangi kerepotan saat membuat mie goreng, nasi goreng, maupun tumisan lainnya. Apa itu? Mama perlu punya baceman bawang atau yang biasa disebut minyak bawang. 


Dengan menggunakan ramuan ini, niscaya masakan yang dihasilkan akan lebih gurih dan sedap. Plus momen memasak juga terasa semakin ringan!


Bahan baceman bawang

Dalam pembuatan baceman bawang rahasia ini Mama hanya memerlukan bahan yang sederhana. Tentu saja bahan utama yang digunakan adalah bawang putih.

Gunakan bawang putih ini sebanyak 500 gram atau setengah kilo, kemiri 4 butir, minyak goreng atau bisa juga gunakan minyak kelapa. 


Dengan bahan yang simple ini saja Mama sudah bisa membuat baceman bawang yang akan melezatkan di semua masakan.


Cara membuat baceman bawang

Dalam pembuatannya, hal yang perlu Mama lakukan hanyalah mengupas bawang putih yang sudah disediakan, mencucinya hingga bersih, lalu mengeringkannya.


Sangrai kemiri hingga wangi dan kemudian sisihkan terlebih dahulu. Setelah dua bahan ini siap, Mama perlu mencincang kasar bawang putih dan kemiri ini. 


Untuk selanjutnya Mama masukkan ke dalam wadah bersih dan dituang minyak hingga penuh. Mama bisa menyimpan baceman bawang ini sehari semalam sebelum digunakan, dan menyimpannya dengan waktu yang lama.


Tips agar baceman bawang awet


  1. Gunakan bawang berkualitas premium. Pilih bawang biasa, bukan bawang cutting, untuk rasa baceman yang lebih harum.
  2. Ada hal yang harus Mama perhatikan agar baceman bawang ini awet: kebersihan dalam pembuatan, penyimpanan dan pengambilannya. Dalam pembuatannya, pastikan semua bahan dalam kondisi kering sempurna, tidak ada kandungan airnya. Jadi Mama bisa meniriskan bawang yang sudah dicuci ini dengan tissue. Untuk memastikan bawang yang dihasilkan kering dan bersih. Hal ini dimaksudkan agar baceman bawang tidak basi dan berubah warna, bila Mama melakukan kesalahan di proses ini, baceman bawang biasanya akan berubah warna menjadi hijau dan berbau tidak sedap. Begitu pula dalam pengambilannya, pastikan menggunakan sendok yang bersih dalam mengambilnya.
  3. Mama bisa menghaluskan bawang dan kemiri dengan menggunakan chopper, tetapi tidak sampai halus ya Ma. Pastikan tingkat kehalusannya masih sebesar biji ketumbar, agar bawang yang dihasilkan tidak terlalu berair.
  4. Untuk membuat rasa yang semakin mantap, Mama juga bisa menambahkan 1 sendok minyak wijen kedalam wadah baceman bawang ini. Selain itu aroma yang dihasilkan akan semakin ciamik.
  5. Tempat penyimpanan baceman bawang ini sebaiknya dalam wadah kaca yang tertutup dan kering. Atau Mama bisa memanfaatkan jar bekas selai untuk menyimpan, namun harus sudah disterilkan dan kering sebelum digunakan yah ma.


Membuat mie goreng memakai baceman bawang

Sekarang Mama sudah tahu bahwa rahasia mie goreng terletak pada baceman bawang. Saatnya Mama mengeksekusinya. Siapkan 3 sendok baceman bawang yang sudah Mama buat sebelumnya. Tuang baceman ke dalam wajan yang sudah dipanaskan dengan sedikit minyak.


Hmmmm, bau wangi sudah mulai tercium kan Ma, bila sudah Mama masukkan mie telur yang sudah Mama rebus sebelumnya. Atau Mama juga bisa menggunakan jenis mie favorit keluarga. Untuk selanjutnya Mama masukkan berbagai jenis sayur, bisa menggunakan kol. Sawi putih, maupun sawi hijau sesuai selera.


Tambahkan kecap manis jika suka. Dan jangan lupa juga masukkan topping sesuai selera. Mie goreng siap disajikan di meja makan Mama.

Untuk resep mie goreng yang lezat lainnya Mama bisa cek disini.