Artikel & Tips Penuh Khasiat, Bir Pletok Tidak Hanya Terasa Hangat saat Diminum
Penuh Khasiat, Bir Pletok Tidak Hanya Terasa Hangat saat Diminum

Penuh Khasiat, Bir Pletok Tidak Hanya Terasa Hangat saat Diminum

11 Nov 2022, 11:11

Tak hanya gado-gado siram, soto betawi, atau es dogernya, Betawi kaya akan ragam kulinernya yang ikonik lho Ma. Di artikel kali ini kita akan berkenalan dengan bir pletok, walaupun namanya bir tapi aman kok ma, tidak memabukkan. Dia merah, penuh cita rasa, dan hangat di tenggorokan dan perut. Pasti yang bikin Mama penasaran adalah apa yang membuat bir pletok terasa hangat saat diminum!


Kenalan sama bahan bir pletok dan sejarahnya

Minuman yang satu ini dinamakan bir pletok karena ada asal usul dibalik namanya. Eksistensi minuman ini terjadi saat penjajahan Belanda di negara kita, mereka minum bir dikala luang untuk menghangatkan badan dan berpesta. Sedangkan masyarakat betawi sangat lekat dengan budaya dan agama Islam. 


Tak mau kalah, masyarakat betawi ini pun meracik minuman untuk menghangatkan badan, ber bahan yang membuat bir hangat adalah dasar rempah-rempah. Minuman yang diberi nama bir pletok ini akhirnya menjadi populer hingga kini.


Jadi bisa dikatakan bir pletok ini merupakan tiruan dari beer yang beralkohol. Warna merah sedikit kecoklatan pada bir pletok ini juga menyerupai warna wine, walau warna ini dihasilkan dari rempah berupa kayu secang yang sangat bermanfaat bagi tubuh dan kesehatan. Nama pletok ini pun diambil dari bunyi pletok atau plooop saat penutup sumbat wine dibuka. Wah ternyata seru juga sejarah bir pletok ini ya, Ma.


Bahan dasar bir pletok

Untuk resep dan bahan baku bir pletok yang otentik maka diperlukan 13 jenis rempah-rempah. Mulai dari jahe putih, jahe merah, sereh, kunyit, secang sebagai pewarnanya, kayu manis, lada hitam, pala, kapulaga, kembang lawang, cengkeh, hingga daun pandan dan daun jeruk. Namun untuk membuatnya di rumah, Mama bisa membuat bir pletok dengan bahan yang lebih sederhana.


Mama bisa siapkan saja bahan berikut, rempah berupa jahe yang sudah dibakar, gula merah, sereh, daun jeruk, kayu manis, secang, daun pandan, dan sedikit pala.

Paduan jahe putih, jahe merah, sereh, lada hitam, dan pala inilah yang menjadi kunci yang membuat bir pletok terasa hangat saat diminum.


Cara membuat bir pletok

Langkah untuk membuat bir pletok ini cukup mudah. Pertama, masukkan air ke dalam panci, tuang bahan rempah diatas kedalam panci kecuali buah pala. Rebus diatas api kecil saja ya, Ma. Tunggu hingga mendidih.


Langkah selanjutnya bila rebusan sudah mendidih, masukkan buah pala, gula putih dan sejumput garam. Tes rasa apakah sudah sesuai selera. Bila sudah, rebus hingga matang, dan bisa disajikan.


Manfaat bir pletok

Bir pletok khas Betawi yang satu ini ternyata memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh dan kesehatan lho Ma. Bir pletok ini dipercaya dapat meredakan masuk angin, nyeri lambung, gejala flu, meningkatkan nafsu makan, hingga membantu dalam menurunkan tekanan darah.


Manfaat baik ini diperoleh tentu saja karena perpaduan bahan herbal alami dan rempah-rempah pada pembuatannya. Ternyata benar ya Ma, tak hanya terasa hangat, namun juga berkhasiat.


Mama dan keluarga ingin mencobanya? Bila pada jaman dulu bir pletok ini dikonsumsi pada malam hari karena cuaca di Jakarta yang dingin, bir pletok ini dimanfaatkan sebagai minuman penghangat. Namun saat ini Mama juga bisa mengkonsumsi minuman ini di siang hari, dicampurkan dengan es batu, tentu lebih nikmat dan menyegarkan. Membuatnya pun gampang, tinggal rebus semua bahan.


Dengan bahan rempah yang lengkap dan sejuta manfaatnya, jangan ragu untuk mencoba ya Ma. Untuk resep lain seperti Soto Betawi Masako® yang bisa Mama coba di rumah, pantengin terus website Dapur Umami.

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.