Mudah Membuat Minyak Penyedap dengan Tiga Panduan Ini

Selain penggunaan MSG, ada satu hal lagi yang menjadi ciri dalam masakan asia, yaitu penggunaan berbagai jenis minyak untuk penguat rasa. Kita kenal saus tiram, kecap ikan, minyak wijen, dan banyak lagi minyak yang membuat masakan menggoyang lidah. Nah, apakah Mama tahu bahwa kita bisa dengan mudah membuat minyak-minyak penyedap itu? 


Yang kita butuhkan adalah bahan-bahan yang tepat sekaligus cara membuatnya. Kalau semua itu sudah tersedia, maka prosesnya sendiri akan cukup mudah. Untuk itu, dalam kesempatan ini kita akan melihat tiga macam minyak penyedap yang cukup populer dan bisa dibuat sekarang juga di dapur Mama. 



Minyak Bawang Putih

Inilah salah satu minyak yang paling populer untuk masakan Asia. Mama bisa dengan mudah menemukan minyak bawang ini ketika membeli mie ayam atau pangsit. Minyak yang bahannya sangat sederhana ini uniknya sangat bisa mengubah citarasa masakan secara signifikan. Untuk minyak bawang putih, bahannya adalah 1 bonggol bawang putih (sekitar 6-8 siung) dan minyak kelapa (250 ml). 


Nah, yang tidak kita semua tahu adalah adanya cara mudah membuat minyak penyedap ini. Padahal, kita bisa mudah membuat minyak ini. Langkah-langkah penyiapan berbagai jenis minyak ini relatif seragam. Untuk minyak bawang putih, cincang kasar semua bawang. Selanjutnya panaskan minyak kelapa di atas api kecil dan masukkan bawang putih cincang. 


Nah, setelah minyak cukup panas tetapi tidak sampai mendidih, matikan kompor. Selanjutnya, biarkan bawang berubah warna (tapi tidak sampai gosong) di dalam minyak yang masih panas ini. Setelah dingin, masukkan minyak beserta cincangan bawangnya ke dalam toples. 


Dengan cara yang sangat mudah ini, Mama sudah mendapatkan minyak penyedap yang bisa dipakai ketika membuat mie ayam di rumah. 



Mudah membuat minyak penyedap dengan bawang putih

Mudah membuat penyedap rasa dengan minyak dan bawang putih 



Minyak Bawang Merah

Minyak yang juga sangat populer di dunia boga Indonesia adalah minyak bawang merah. Minyak bawang merah ini terkenal sangat gurih dan bergizi. Penggunaan minyak ini bisa ditemukan dalam pembuatan bakso, capcay, maupun dalam MPASI (makanan pengganti ASI). 


Bahan dan cara pembuatannya relatif sama dengan minyak bawang putih. Untuk minyak bawang merah ini, Mama membutuhkan tiga bahan, yaitu bawang merah (100 gram), minyak goreng (250 ml), dan minyak wijen (4-5 sendok makan). Untuk membuatnya, langkah-langkahnya sama persis dengan membuat minyak bawang putih di atas. 


Dengan memiliki minyak bawang merah ini, Mama sudah punya bekal kalau misalnya membutuhkan minyak yang memiliki citarasa gurih dan segar untuk dipakai saat menggoreng atau membuat masakan-masakan tertentu. 



Minyak Cabe

Minyak penyedap ketiga yang bisa dibuat adalah minyak cabe. Bila dibandingkan dengan dua jenis minyak yang digambarkan sebelumnya, minyak cabe mungkin yang paling lazim. Minyak yang gurih dan pedas ini digunakan pada berbagai jenis Chinese food, khususnya yang berasal dari daerah Shezuan yang memang terkenal gemar pedas. 


Di toko makanan Asia di seluruh dunia, minyak cabe bisa ditemukan dalam kemasan toples-toples kecil seukuran 250 ml. Tidakkah sangat menguntungkan buat Mama bila kita bisa membuat sendiri minyak penyedap yang sangat populer ini. 


Terus, apa saja bahan dan bagaimana sih cara membuatnya? Kabar baiknya buat Mama, bahan dan cara pembuatan minyak ini sangat sederhana. Mama hanya membutuhkan cabe merah (100 gram) Mama boleh menggunakan cabe merah kering atau cabe merah segar. Di sini Mama bertugas menentukan dan memilih jenis cabe yang diinginkan. Bila menggunakan cabe segar, maka Mama harus mencincang cabe tersebut hingga dalam bentuk serpihan-serpihan kecil.


Selanjutnya, untuk membuat minyak cabe, caranya persis seperti minyak-minyak penyedap rasa di atas. Pertama, panaskan minyak dan masukkan semua chili flake atau cincangan cabe merah ke dalam minyak. Ketika sudah mulai tercium harum, matikan kompor dan biarkan minyak cabe menjadi dingin. 


Dengan melakukan ini, mama akan mendapatkan satu toples minyak cabe yang sangat gurih. Biasanya, minyak cabe ini bisa dipakai kelak ketika Mama ingin membuat ramen noodle atau nasi goreng. 


 Mama bisa dengan mudah membuat minyak cabe


Sekarang, kemungkinan besar mama sudah mulai menyadari bahwa ternyata kita bisa mudah membuat minyak penyedap untuk kebutuhan di rumah. Ya, memasak Chinese food di rumah jadi mungkin dilakukan, bukan? 

Sekarang, Chinese food apa yang ingin Mama buat sendiri minggu depan?