Masak Bakmi Jawa Dengan Modal 20 ribu, Dijamin Kenyang!

Bakmi jawa yang sedap nan kaya rasa ini umumnya dinikmati pada malam hari atau saat cuaca hujan. Resep bakmi jawa yang berbahan baku mie basah, mie kuning, ataupun mie lethek ini sebenarnya sangat mudah diolah di rumah Mama dengan rasa tidak kalah dengan yang di warung bakmi.


Selain itu, sebagai ibu rumah tangga, tentu Mama akan memilih kualitas dan kebersihan yang paripurna untuk disajikan ke keluarga.


Pada artikel kali ini akan kita bahas secara lengkap bagaimana masak bakmi jawa dengan rasa bintang lima tetapi harga kaki lima. Percaya atau tidak percaya, hanya dengan 20 ribu rupiah, Mama bisa membuat bakmi jawa di rumah, namun dijamin deh seluruh anggota keluarga akan kenyang.


Bakmi Jawa Godog

Menu satu ini bisa menjadi andalan kala hujan turun, karena bisa menyerap kuah hangat dan bakmi jawa yang berasa banget bumbunya. Untuk membuat bakmi jawa godog ini Mama bisa menggunakan berbagai jenis mie yang ada di pasaran, salah satu nya adalah mie kuning, mie telur yang sudah direbus sebelumnya, mie basah, bahkan mie bihun.


Bahan utama yang diperlukan tentu saja mie (ambil 4 keping mie, rebus dengan air panas sisihkan), bawang merah 4 butir, bawang putih 2 siung, dan kemiri yang sudah disangrai.


Untuk mempermudah dalam memasak bakmi jawa ini, Mama bisa memakai baceman bawang alias minyak bawang. Daun seledri, daun bawang, kubis dan ayam suwir (boleh ayam kampung atau ayam biasa). Untuk Mama yang punya bakso sapi atau ayam.


Cara membuatnya, panaskan wajan dengan sedikit minyak, tumis duo bawang dan kemiri yang sudah dihaluskan. Setelah harum masukkan sayur dan ayam suwir, kecap manis, gula garam dan MASAKO® rasa ayam. Setelah rasa, pas masukkan mie dan air, rebus hingga mie matang. Bakmi godog alias bakmi jawa rebus siap disajikan hangat-hangat!


Bakmi Jawa Goreng

Dalam pembuatan bakmi goreng jawa ini sama persis bahannya dengan bakmi jawa godog. Hanya saja cara memasaknya yang perlu dibedakan. Untuk membuatnya Mama hanya perlu menumis bumbu halus duo bawang ataupun baceman bawang dengan minyak, tunggu hingga harum. 


Masukkan sayur sawi hijau dan daging ayam suwir, bisa juga ditambahkan telur yang sudah diorak arik kasar. Tambahkan sawi, kol, dan mie kedalam wajan.


Aduk rata hingga bumbu meresap, tambahkan kecap manis, dan AJI-NO-MOTO® sebagai pelezatnya. Aduk-aduk hingga semua bumbu tercampur rata dan bakmi jawa ini matang. 

Sajikan dengan ditaburi bawang goreng.


Bakmi Jawa Lethek

Bakmi jawa yang satu ini tergolong spesial nih ma, karena menggunakan bahan baku mie lethek khas Bantul. Mie lethek ini berbahan singkong, namun sangat kaya gizi dan rendah kolesterol, dan yang pasti Mama tidak perlu mengeluarkan uang lebih dari 20 ribu untuk membelinya.


Penasaran rasa bakmi jawa lethek dan ingin segera beraksi di dapur? Yuk siapkan bumbunya ma.


Dalam pembuatan bakmi jawa lethek, siapkan beberapa keping mie lethek yang direndam dalam air panas hingga mengembang, tiriskan bila mulai melunak. Haluskan duo bawang dan kemiri. Untuk bahan lainnya sederhana saja, telur, daun bawang, sawi atau kubis sebagai pelengkapnya.


Untuk membuat bakmi jawa lethek ini, tumis duo bawang dengan sedikit minyak. Setelah harum, masukkan telur dan orak arik kasar. Masukkan sayuran, tumis hingga layu. Terakhir masukkan mie lethek, bumbui dengan gula, garam dan sedikit MASAKO® rasa ayam.


Bila Mama menyukai bakmi lethek ini berkuah, maka bisa ditambahkan air sesuai selera. Aduk hingga matang, siap disajikan di meja makan Mama.


Resep di artikel ini hemat dan mengenyangkan seluruh keluarga bukan?