Masak Ayam Cara ini Untuk Makan Malam Praktis Kaya Nutrisi

Dibanding sarapan, makan malam cenderung mendapat perhatian lebih sedikit. Ini karena biasanya makan malam adalah kelanjutan dari apa yang sudah dimasak pada pagi hari. Namun, apa yang terjadi ketika Mama dan keluarga membutuhkan yang hangat-hangat untuk makan malam? Pastinya ada solusi yang sehat kan? 

Kali ini kita akan melihat beberapa ide masak yang bisa dipakai untuk mendapatkan makan malam yang hangat, lezat, dan kaya nutrisi. Dan tentu saja, karena setelah makan malam biasanya jarang ada kesempatan untuk membakar kalori, kita perlu membuat makan malam yang agak ringan karbohidrat. 



Masak Ayam Panggang Teflon

Satu bahan yang diperlukan dan dapat dipakai dalam dua jenis masakan ini adalah masak ayam panggang teflon. Untuk itu, bahan-bahan yang dibutuhkan hanya empat macam, yaitu: dada ayam tanpa tulang, jeruk nipis, garam, dan merica bubuk.

Setelah bahan siap, lakukan langkah-langkah menyiapkannya. Pertama, potong daging ayam menjadi dua dan beri perasan jeruk nipis hingga merata. Kemudian, taburkan garam dan merica hingga merata dan tunggu 30 menit hingga bumbu meresap. Terakhir, setelah bumbu meresap sempurna, panggang ayam di wajan teflon dengan api kecil.

Setelah ayam terpanggang hingga matang, Mama boleh mendinginkannya dan menyimpannya di kulkas selama beberapa hari. Ketika membutuhkannya, Mama bisa menghangatkan lagi ayam ini atau langsung mencampurkannya ke olahan saat masak.


Masak ayam panggang teflon sebagai solusi makan malam lezat kaya gizi

Masak ayam panggang teflon bisa menjadi solusi makan malam sehat



Nasi goreng ayam dan sayur

Cara pertama memanfaatkan ayam panggang teflon adalah menggunakannya pada nasi goreng. 

Tidak ada makanan hangat yang lebih nikmat dari nasi goreng. Begitu kata orang. Apa Mama setuju? Jangan-jangan papa dan anak-anak memang penggemar berat nasi goreng. 

Tapi, seperti sudah disinggung di awal, kita perlu memperhatikan karbohidrat dan lemak saat masak nasi goreng untuk makan malam. 

Karena sudah mendekati waktu tidur, sebaiknya konsumsi karbohidrat di sini dikurangi dan diganti dengan bahan-bahan lain seperti protein dan serat. Jawabannya adalah, nasi goreng dengan banyak ayam dan sayur.

Oleh karena itu, satu alternatif yang bisa dipilih adalah dengan mengurangi porsi nasi dan menambahkan sayur (khususnya sawi daging, wortel, dan kol) dan ayam untuk memberikan serat dan protein pada makanan. Di sinilah ayam panggang teflon yang kita masak dengan cara seperti di atas bisa dimanfaatkan. 

Untuk tujuan ini, Mama tinggal memasak nasi goreng seperti pada umumnya. Untuk bumbunya, Mama bisa menggunakan bumbu ayam goreng sederhana dengan bawang merah, bawang putih, dan lainnya. Atau, Mama bisa memanfaatkan bumbu nasi goreng yang sudah jadi seperti nasi goreng ala Sajiku. Pilihan bumbu ini bisa dilakukan sesuai selera asal. 

Selanjutnya, ketika nasi sudah mulai memanas, Mama bisa mengiris-iris tipis ayam goreng teflon yang sudah dibuat sebelumnya.



Salad ayam dan crouton

Pilihan kedua yang tak kalah uniknya adalah dengan membuat makan malam berupa salad ayam dengan crouton. Sebagaimana bisa ditebak dari namanya, yang sangat dibutuhkan di sini adalah sayur-sayuran untuk salad, roti tawar, dan ayam. 

Untuk saladnya, kita bisa menggunakan selada, bayam merah, dan sawi putih. Sebagai dressing, ada setidaknya dua pilihan di sini, Mama bisa menggunakan dressing Thousands Islands atau menggunakan minyak zaitun dengan jeruk lemon. 

Untuk menambahkan karbohidrat secukupnya untuk salad ini, mama bisa menggunakan crouton yang sudah jadi atau buatan sendiri. Crouton buatan sendiri bisa dibuat dengan memotong kecil-kecil roti tawar dan kemudian memanggang potongan roti tawar ini di oven atau di atas teflon sampai warnanya agak kecoklatan. 

crouton bisa menjadi sumber kalori ringan untuk makan malam

Crouton menjadi sumber kalori ringan untuk makan malam

Terakhir, untuk ayamnya, mama bisa mengiris kecil-kecil ayam panggang teflon yang telah dibuat sebelumnya. Apabila sebelumnya Mama menyimpan ayam yang sudah dipanggang ini di dalam kulkas, maka Mama perlu memanaskannya sebentar sebelum menyajikannya bersama salad ini. 

Jadi begitulah cara masak makan malam yang praktis dan kaya nutrisi. Dengan masak ayam panggang teflon yang bisa dipakai dalam nasi goreng dan salad ini, Mama akan mendapatkan warna baru dalam makan malam Mama dan keluarga sambil juga mengurangi konsumsi kalori untuk makan malam.