Artikel & Tips Masak Apa Hari Ini yang Praktis? Gorengan sebagai Lauk
Masak Apa Hari Ini yang Praktis? Gorengan sebagai Lauk

Masak Apa Hari Ini yang Praktis? Gorengan sebagai Lauk

29 Sep 2022, 09:09

Ketika musim hujan sudah mulai datang begini, ada satu jenis makanan yang tidak pernah salah: gorengan! Mama pasti setuju deh. Dan, kalau ada yang tanya “masak apa hari ini?” jawabannya jelas sekali “Gorengan”.


Dengan gorengan yang mudah dibuat, dua persoalan diatasi. Persoalan cemilan sore ketika hujan atau ketika anak-anak pulang sekolah kehujanan sekaligus persoalan lauk untuk makan malam. 


Kalau begitu, mari kita intip beberapa resep gorengan yang juga bisa dijadikan lauk andalan ini. 


Bakwan Jagung Udang

Kalau soal lauk yang pura-pura jadi gorengan, bakwan udang adalah juaranya. Gorengan kita ini bisa dibilang lengkap karena sudah mengandung sayuran, karbohidrat, sekaligus protein. 

Dan ada kandungan yang paling besar: kenikmatan!


Untuk membuat bakwan yang satu ini, bahan-bahan yang dibutuhkan bisa sangat beragam. Tapi, setidak-tidaknya Mama bisa siapkan jagung manis pipil, tauge, wortel, dan udang. Dan, agar praktis, gunakan SAJIKU® Tepung Bakwan sebagai sumber karbohidratnya. Alasannya sih sederhana, karena SAJIKU® sudah mengandung tepung dan sekaligus bumbu. 


Caranya juga simpel sekali. Pertama, Mama siapkan semua sayuran dan jagung.. Jagung boleh diulek kasar-kasar agak teksturnya tetap terasa. Tauge boleh dicincang atau dibiarkan utuh. Untuk wortel, Mama boleh memotong korek atau mencincang kasar. Yang penting masih ada kasar-kasarnya dan ketika digoreng masih kelihatan oranye.


Kedua, campurkan semua sayuran dengan SAJIKU® Tepung Bakwan. Jangan lupa cicipi sedikit untuk mengetes rasa, memastikan adonan cukup asin. 


Terakhir, siapkan wajan dan minyak untuk menggoreng adonan. Ketika minyak sudah cukup panas, Mama tinggal tuangkan adonan bakwan jagung. Ketika menuangkan, jangan lupa taruh udang di bagian atas agar tampak menggoda. Ketika adonan sudah mulai berubah warna menjadi keemasan, balik-balik sampai matangnya rata. 

Bakwan jagung udang pun siap dinikmati bersama keluarga. 


Tempe Mendoan

Di nomor dua, kita bisa membuat gorengan yang populer di kalangan anak nongkrong, yaitu tempe mendoan. Yang namanya tempe, resep masakan sehari hari. pasti Mama akan mendapat kekayaan protein dari sana. Jadi, memang tempe mendoan sangat pas dijadikan lauk. 


Mama pasti sudah hapal di luar kepala untuk bahan-bahan dan cara membuatnya. Bahan-bahannya hanya tempe (potong tipis-tipis), SAJIKU® Tepung Bumbu, kucai (iris pendek-pendek), air dan minyak secukupnya. 


Cara membuatnya juga super sederhana. Mama tinggal mencampurkan SAJIKU® Tepung Bumbu, kucai, dan tambahkan air. Tes rasa agar sesuai selera. Selanjutnya masukkan tempe ke adonan sambil mulai memanaskan minyak di atas wajan. Begitu minyak cukup panas, goreng tempe hingga tingkat kekeringan yang diinginkan. Angkat dan tiriskan jika sudah matang.


Gorengan ini adalah kawan yang tepat menunggu hujan reda di sore hari. Kalau ada nasi, bolehlah sekalian sambil makan malam. 


Tahu Berontak

Sekarang, tibalah kita ke resep gorengan terakhir yang bisa dipakai sebagai lauk sore di musim hujan seperti saat ini. Kali ini, kita akan membuat yang sedikit sophisticated dan butuh sedikit lebih banyak usaha dari dua gorengan yang sebelumnya. Namanya “tahu berontak” atau “tahu isi.” 


Bahan-bahan yang Mama butuhkan adalah tahu goreng (dipotong jadi dua secara horizontal), wortel (dipotong korek), jamur kuping, kol (iris tipis-tipis) cuci bersih dahulu, SAJIKU® Tepung Bumbu, dan air es. 


Cara membuat makanan ini ada tiga tahap. Pertama, buat sayatan pada bagian putih tahu goreng. Masukkan semua sayuran yang sudah diiris-iris tadi ke dalam tahu yang sudah disayat. 


Cara memasukkan gorengan tahu berontak atau tahu isi


Kedua, buat adonan SAJIKU® dengan menggunakan air es. Celupkan tahu yang sudah diisi sayuran tadi ke dalam adonan. 

Ketiga, panaskan minyak di atas wajan. Ketika minyak sudah panas, masukkan tahu yang sudah dicelup adonan SAJIKU® dan biarkan hingga adonan berubah warna menjadi keemasan. 


Biasanya sih, ketika gorengan sudah mulai matang, anggota keluarga yang lain sudah akan berdatang ke dapur dan mulai mengharap-harap minta diberi. Kalau sudah begini, Mama bisa menawarkan apakah mereka tidak ingin makan malam sekalian dengan gorengan yang sudah lengkap gizinya ini. 


Kalau ingin lihat tampilannya yang manis, Mama boleh mampir ke laman di Dapur Umami ini ya.

Jadi, itu dia tiga resep gorengan yang sangat pantas dan layak dijadikan lauk untuk makan malam keluarga di musim hujan ini. Tidak ada lagi yang kautir saat keluarga tanya “masak apa hari ini” sambil menunggu hujan. 

Selamat sreng-sreng ya, Ma.

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.