Makanan Diet yang Cocok buat Bekal Mama Work From Office

Halo Mama pekerja, bekal makanan diet ini cocok untuk Mama yang sedang program menurunkan berat badan. Mama sudah mulai work from office alias bekerja di kantor yah. Bekerja dari kantor artinya Mama harus lebih hati-hati dalam mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19 di kantor.


Selain melakukan anjuran pemerintah untuk melaksanakan 3M (Memakai Masker, Menjaga Jarak, Dan Mencuci Tangan). Tak lupa Mama bisa membawa bekal untuk makan siang, karena selain kebersihan akan sangat terjamin, makanan bekal ini dapat menjaga nutrisi untuk tubuh, selain itu juga low calories.


Buah-buahan


Buah-buahan merupakan makanan diet yang mudah dicari

Buah-buahan merupakan makanan diet yang mudah dicari


Mama pasti pernah mendengar istilah “one apple a day keeps the doctor away”, mengapa ada istilah tersebut? Seperti yang kita ketahui, buah merupakan sumber dari berbagai vitamin yang dibutuhkan tubuh. Beberapa buah memiliki manfaat untuk menambah antioksidan, mencegah anemia, bahkan menjaga kesehatan jantung.


Hal lain buah dapat kita jadikan sebagai bahan makanan diet alami yang mampu mencegah kadar kolesterol dalam darah. Bawa buah yang telah dipotong kecil agar memudahkan ketika makan di kantor ya, Ma.


Kimbab Dori Nasi Merah Low Fat

Berikut ada resep makanan diet yang cocok untuk bekal. Cara membuatnya pun gampang kok, Mama.

Yang pertama adalah bahan untuk nasi merah. Di sini Mama membutuhkan beras merah (1 cup dimasak biasa), cuka dapur (2 sdm), minyak wijen (2 sdm), dan Masak rasa ayam.

Selanjutnya adalah bahan untuk dori. Siapkan fillet ikan dori (200 gram) dan mentega serta Saori saus teriyaki yang masing-masing 1 sendok makan.

Bahan terakhir adalah bahan-bahan untuk sayur. Di sini, Mama membutuhkan wortel (1 buah, potong tipis memanjang), timun jepang (1 buah), bayam (1 ikat), dan nori (3 lembar).

Saat semua bahan ini telah tersedia, Mama bisa mengikuti cara membuat yang standar ini. Campurkan Masako rasa ayam, minyak wijen, dan cuka dengan nasi merah. Jangan lupa untuk mengaduk hingga rata. Setelah itu, sisihkan bahan ini. 

Selanjutnya, mama perlu membuat isian wortel dan timun. Setelah memotong kedua bahan ini dengan ukuran yang diinginkan, beri taburan garam hingga sayuran mengeluarkan air. Kemudian, tumis dengan minyak wijen.

Berikutnya, buat isian dori dengan cara memanggang fillet ikan dori di atas teflon dengan saus teriyaki secukupnya. 

Terakhir, ratakan nasi merah dan isian sayur serta dori di atas nori dan kemudian gulung nori dan potong-potong sesuai selera. 


Kalau ini semua sudah siap, Mama bisa menambahkan kecap asin atau saus serbaguna Mayumi untuk menyajikan nori yang bisa dibawa ke sekolah atau tempat kerja ini. Dengan bahan-bahan ini, pastinya kimbab nori Mama ini termasuk dalam kelompok gizi seimbang!


Vietnamese Fresh Spring Roll

Sayuran di menu makanan diet, yakni Vietnamese Fresh Spring Roll ini tidak ada yang direbus atau dikukus. Semuanya mentah, karena akan menghasilkan tekstur crunchy. Selain itu less guilty bila dikonsumsi.


Lalu, apa saja sih bahan-bahan yang sehat itu? Pertama, ada beberapa jenis sayuran yang bisa mama pakai, yaitu timun, wortel, selada dan kubis ungu. Mama bisa menentukan jumlah masing-masing bahan ini sesuai selera. 


Kedua,ada juga bahan-bahan non sayuran yang harus disiapkan. Bahan tersebut antara lain adalah daun ketumbar (5 batang), bihun (rendam sampai lunak), udang kupas (10-15 ekor, rebus sebentar), kulit lumpia (5 lembar kurang lebih cukup). Dan jangan lupa siapkan saus Mayumi buat cocolannya ya, Mama. 


Nah, apakah cara membuatnya sulit? Sebenarnya cukup sederhana. Pertama, potong wortel dan timun seperti korek api. Untuk kubis, iris halus. Sementara untuk daun selada, potong memanjang menjadi dua bagian. Sementara itu, rendam kulit lumpia sebentar di air hangat (jangan sampai terlalu lembek, ya).


Kedua, setelah kulit lumpia dilebarkan, mulai tata isinya dengan urutan berikut dari bawah ke atas: daun selada, bihun, timun, wortel, kubis, daun ketumbar. Kemudian susun 3 ekor udang di atas kulit lumpia, dengan jarak kurang lebih 3 cm dari tumpukan sayuran. Lipat ke dalam bagian tepi kulit lumpia seperti amplop dan gulung sambil isiannya dipadatkan.


Untuk menikmatinya, mama bisa gunakan cocolan saus mayonaise Mayumi pedas


Dengan kedua resep makanan diet ini, Mama atau papa sudah punya bekal untuk Work from Office. Nikmati semua kelezatan sari lautnya dan dapatkan manfaat vitamin dan mineral dari sayur-sayurnya. Tidakkah ini makanan diet yang lengkap? Selamat beraktivitas.