Logistik Wajib Agar Mudah Membuat Beragam Kreasi Sambal

Kalau Mama bertanya apa yang dibutuhkan untuk membuat sambal, pasti jawabannya berbeda-beda, tergantung jenis sambal yang ingin kita buat. Namun, ada beberapa jenis bahan makanan yang bisa dibilang wajib ada di dapur Mama agar Mama bisa dengan mudah membuat berbagai macam sambal. 


Ya, Mama tidak salah dengar. Ada bahan yang wajib ada di setiap dapur agar membuat sambal tidak begitu sulit. Bahan-bahan ini banyak dipakai dalam berbagai jenis sambal, mulai dari sambal terasi, sambal tomat, sambal matah, sambal goreng, dan lain sebagainya.


Tomat

Bahan yang satu ini memberikan rasa segar pada sambal yang kita buat. Nyaris semua jenis sambal bisa menggunakan tomat, mulai sambal tomat, sambal terasi, sambal matah, dan lain sebagianya.

Tomat juga bermanfaat sebagai pengganti air ketika kita menghaluskan berbagai bahan yang dibutuhkan dalam sambal.


Cabe rawit

Untuk sambal di Indonesia, khususnya Jawa, cabe rawit adalah bahan yang sifatnya wajib. Manfaat cabe rawit adalah untuk memberikan rasa pedas yang tajam di lidah. Hal ini berbeda dengan rasa pedas yang dihadirkan oleh jahe dan lada, yang lebih terasa di tenggorokan. 

Bila kita berbicara tentang level kepedasan sambal, sebenarnya kita berbicara tentang sebanyak apa cabe rawit yang kita ingin kita gunakan. 


Cabe merah

Berbeda dengan cabe rawit yang merupakan sumber utama rasa pedas, cabe merah (atau cabe merah keriting) lebih merupakan sumber aroma, cita rasa khas cabe, dan warna merah yang alami. Tingkat kepedasan cabe merah cenderung rendah (tapi tetap saja cukup pedas). 


Bawang putih dan bawang merah

Ini adalah bahan wajib dalam menciptakan rasa sedap dan gurih dalam semua makanan. Tak terkecuali saat membuat sambal. Kedua bahan ini pada dasarnya adalah bahan untuk menghasilkan rasa sedap. 


Daun salam

Daun yang satu ini bermanfaat sebagai penyedap alami dalam makanan-makanan nusantara. Namun, tidak semua jenis masakan bisa menggunakan penyedap daun salam. Untuk sambal, misalnya, daun salam banyak dipakai pada jenis-jenis sambal yang dimasak, bukan sambal mentah. 


AJI-NO-MOTO®

Untuk memperkuat rasa makanan, Mama perlu juga selalu menyediakan AJI-NO-MOTO® Dengan memberikan sedikit saja pada sambal yang Mama buat, baik itu sambal matang maupun sambal mentah, kita bisa menghadirkan rasa gurih sedap. Bila dikehendaki, AJI-NO-MOTO® bisa diganti dengan kaldu sapi atau ayam seperti Masako®.


Bahan tambahan

Selain logistik utama agar kita bisa mudah membuat sambal apa saja, kita juga membutuhkan bahan-bahan tambahan yang bagus kalau juga ada di rumah. Bahan-bahan tambahan itu antara lain adalah jeruk nipis, daun jeruk, asam jawa, kemiri, terasi, bawang bombay, dan beberapa lainnya. 


Ide sambal

Dengan beberapa jenis bahan ini, kita bisa membuat rupa-rupa sambal yang banyak dipakai sehari. 

Sambal bawang bisa Mama buat dengan menggunakan bawang putih, bawang merah, cabe rawit, tomat, AJI-NO-MOTO® dan gula-garam sesuai selera. Tambahkan sedikit minyak goreng ketika mengulek bahan-bahan ini.


Sambal terasi juga menggunakan bahan-bahan yang relatif sama dengan sambal bawang, tetapi Mama perlu menggoreng semua bahan utamanya. 

Sambal tomat sangat mirip dengan sambal terasi, tetapi dengan porsi tomat lebih banyak dan tanpa terasi. Ketika membuat sambal tomat, Mama perlu menghaluskan dulu semua bahan sebelum kemudian menumis dengan api kecil sambal yang sudah halus ini. Sambal tomat ini cenderung tahan lebih lama dan banyak dipakai untuk tempe penyet. 


“Matah” berarti mentah dalam bahasa Bali, yang merupakan asal kuliner ini. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain, tomat, bawang merah, bawang putih, cabe rawit, sereh, terasi, dan jeruk nipis. Oh ya, jangan lupa menambahkan minyak goreng panas ketika mencampur bahan-bahan yang sudah dirajang. 

Dengan bahan-bahan wajib serta beberapa ide sambal ini, pastinya Mama akan bisa menghadirkan sajian sambal yang menggugah selera kapan saja dibutuhkan.