Ini Dia Resep Sup Ikan Batam Spesial dan Segar - Dapur Umami

Ini Dia Resep Sup Ikan Batam Spesial dan Segar

Di kala musim penghujan seperti saat ini, mengolah masakan yang segar dan hangat pastilah cocok, bukan? Yuk, simak resep sup ikan Batam spesial yang bisa Mama masak sebagai hidangan lezat untuk keluarga. 


Sup Ikan Batam 


Batam letaknya sangat strategis, yakni berada dekat dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Tidak heran jika menjadikan kota ini sangat ramai penduduk. Pertumbuhannya sangat pesat terlebih dari sektor industri dan pariwisata. 


Berkunjung ke kota Batam tak lengkap rasanya jika tidak mencoba Sup Ikan Batam. Kuliner Nusantara yang berasal dari Batam ini berbahan dasar ikan. Lazimnya, sup ikan Batam menggunakan daging ikan kakap atau tenggiri. 


Karena jenis makanan ini berkuah, maka akan pas jika Mama hidangkan saat sarapan atau makan siang. Penasaran bagaimana cara membuat sup ikan Batam? 


Cara Membuat Sup Ikan Batam 


Sebagai kota yang berada di kepulauan, tidak heran jika banyak menu masakan yang berbahan dasar seafood di sini. Mama tidak akan susah mencari menu berbahan udang, ikan tengiri atau lainnya. Nah, kali ini Dapur Umami akan membagikan ulasan bagaimana membuat sup ikan Batam dengan cita rasa lezat, segar, dan menggugah selera makan. 


Pertama-tama, siapkan daging ikan yang telah dibuang tulangnya. Dalam resep sup ikan Batam asli memang menggunakan jenis ikan kakap atau tenggiri. Namun, ada beberapa yang berinovasi dan menggunakan ikan jenis lainnya, seperti ikan nila atau ikan dori. 


Langkah selanjutnya yaitu menyiapkan bahan bahan yaitu udang ebi, AJI-NO-MOTO┬«, potongan sayuran sawi hijau, kecap ikan, jeruk nipis untuk melumuri ikan, dan air sagu. Air sagu merupakan campuran dari sesendok tepung sagu dengan 100 ml air. Tak lupa, siapkan pula bumbu pelengkap seperti tomat hijau atau daun selada dan kemangi. 


Sebelum mengolah sup, potong dan bersihkan ikan terlebih dahulu. Selanjutnya, baluri dengan air jeruk nipis untuk menghilangkan bau amisnya. Kemudian, rendam ikan di dalam air sagu selama kurang lebih 15 menit. Mengapa harus merendam ikan di dalam air sagu? Tujuannya agar kondisi ikan mengering dan tetap lembut. 


Sambil menunggu ikan, Mama bisa membuat kuahnya. Didihkan 700 cc air, kemudian tambahkan jahe geprek, dan udang kering. Aduk rata kedua bahan tersebut. Selanjutnya, tambahkan sawi asin kecap dan aduk kembali. Agar menambah kesegaran dan kelezatan, Mama bisa menambahkan potongan tomat hijau dan daun bawang.  


Kecilkan api, dan masukkan daging ikan. Usahakan saat memasukkan ikan posisi kompor dengan api kecil atau mati, agar ikan tidak hancur dan terlalu matang. Jangan lupa bumbui ikan dengan AJI-NO-MOTO®, kecap ikan, sejumput garam serta lada. Langkah terakhir, tes rasa.


Setelah masak sampai matang dan mendidih, hidangkan sup ikan Batam dalam mangkuk saji, jika perlu taburi dengan bawang merah goreng agar lebih sedap sesuai selera. 


Manfaat Sup Ikan bagi Kesehatan


Tahukah Mama? Ternyata mengonsumsi sup ikan secara rutin baik bagi kesehatan, lho. Berikut beberapa manfaat yang akan Mama dapatkan setelah menyantap sup ikan, antara lain:


1. Dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang

Sup ikan yang berkuah dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang saat beraktivitas.


2. Sup ikan tinggi nutrisi

Semangkuk sup ikan berisi sayuran, daging ikan, bawang putih, serta rempah-rempah lain yang bagus untuk menutrisi tubuh. 


3. Rendah lemak

Sup ikan di Batam yang terkenal rendah lemak namun tetap mengenyangkan. Jadi cocok bagi Mama yang ingin berdiet dan konsumsi makanan rendah lemak. 


4. Mudah dicerna

Bagi pasien yang sedang sakit, sebaiknya mengonsumsi sup ikan Batam. Sebab, makanan ini cukup mudah dicerna, apalagi terdapat kuah supnya yang segar. 


Demikianlah informasi berkaitan dengan resep sup ikan Batam. Apakah Mama tertarik untuk membuat sup ikan batam sendiri?



Source of thumbnail: Fish Soup - Yana Gayvoronskaya by Canva Pro