Ide Resep Cemilan yang Kaya Nutrisi untuk Otak

Cemilan adalah teman yang selalu diperlukan, baik untuk saat bekerja dan belajar maupun saat-saat bersantai di rumah. Tetapi, seringkali Mama bertanya-tanya tentang tingkat kesehatan cemilan yang dikonsumsi keluarga, khususnya buah hati. Karena itulah Mama seringkali mencari-cari resep cemilan yang sehat. Seperti apa resep cemilan yang sehat itu?


Meski yang paling populer adalah cemilan yang bagus untuk diet, ada juga pertimbangan cemilan sehat yang lain. Apa itu? Jawabannya adalah cemilan yang kaya akan nutrisi bagi otak. 

Biar Mama tidak bertanya-tanya lagi, mari kita lihat dulu bahan-bahan yang perlu ada dalam resep cemilan Mama. Berikut bahan-bahan yang kaya akan nutrisi bagi otak:



Telur

Mama pasti setuju bahwa telur adalah satu bahan makanan yang sangat kaya gizi. Kita mungkin mengenal telur sebagai sumber protein kita yang paling mudah didapatkan. Namun, lebih spesifik lagi, telur juga memiliki kandungan khusus bernama kolin yang ternyata sangat bagus untuk meningkatkan fungsi otak. 



Gandum utuh

Bahan lain yang juga dikenal bagus untuk otak adalah gandum utuh. Gandum utuh atau whole wheat  kaya akan serat dan vitamin B. Vitamin B ini mendukung sistem saraf, dan karenanya berdampak juga ke kesehatan otak. 

Bagusnya lagi, gandum utuh ini saat ini sudah menjadi gaya hidup sehat kita di zaman sekarang. Mama bisa dengan mudah menemukan gandum utuh ini di swalayan-swalayan pilihan.



Gandum utuh kaya yang serat bisa dipakai dalam resep cemilan

Gandum utuh kaya yang serat bisa dipakai dalam resep cemilan sehat




Beri

Bahan makanan lain yang perlu ada pada resep cemilan Mama untuk keluarga adalah buah beri. Penyebabnya adalah buah-buah beri kaya akan antioksidan. Seperti Mama tahu, antioksidan sangat bagus mencegah stres oksidatif yang sering terjadi pada otak dan menurut fungsi kognitif. 


Yang perlu Mama ingat adalah ada berbagai macam buah beri. Yang mudah ditemukan di pasar adalah stroberi dan yang paling banyak di kebun adalah murbei. Namun, selain itu, ada juga blueberry, cranberry, dan lain-lain yang mungkin kurang lazim tapi mulai mudah ditemukan di toko-toko makanan impor. 



Sayuran warna-warni

Ada beberapa sayuran yang dikenal sangat bagus untuk kesehatan otak. Beberapa contoh yang saat ini mudah ditemui adalah bawang bombay, brokoli, paprika merah, dan tomat. Sayur-sayuran ini bagus untuk otak utamanya karena kandungan flavonoid dan antioksidannya yang bagus untuk mencegah radikal bebas dan stres oksidatif yang bisa menurunkan fungsi otak.



Cemilan Kaya Nutrisi bagi Otak

Setelah melihat daftar bahan-bahan kaya nutrisi otak yang perlu ada dalam resep cemilan sebagai di atas, pasti Mama sudah mulai membayangkan cemilan apa saja yang bisa masuk daftar ini. Berikut dua contoh resep cemilan untuk memantik imajinasi mama. 



Sandwich mayo telur

Cemilan ini termasuk yang paling tinggi kandungan gizinya untuk otak. Yang pertama, bila dalam resep cemilan ini Mama menggunakan menggunakan roti gandum utuh, maka Mama akan mendapatkan serat dan glukosanya yang dibutuhkan oleh otak. 

Untuk isinya, yang dibutuhkan adalah merebus telur dan kemudian setelah dingin menghancurkannya dan mencampurnya dengan mayonaise Mayumi (atau ditambah keju) dan dijadikan pengisi roti. Dengan itu, maka kolin pun bisa Mama dapatkan. 



Granola bar buatan sendiri

Cemilan ini memang semakin mudah ditemukan di mana saja dengan berbagai variasinya. Sekilas tampak seperti makanan pabrikan yang sulit. Namun, sebenarnya resep cemilan sehat ini terbilang sederhana. 



Granola bar yang mengandung beri kering sangat bagus untuk otak



Bahan-bahannya sangat beragam tergantung minat Mama. Yang lazim adalah menggunakan oat, madu, mentega, dan garam. Sebagai variasi, mama bisa tambahkan coklat, kacang almond, sirup mapel, kismis atau berbagai jenis beri kering. Dengan oat dan beri, Mama akan mendapatkan sumber yang kaya serat dan antioksidan. 


Cara membuatnya hanyalah 1) memanaskan mentega dan madu, 2) memasukkan semua bahan lain, 3) memadatkannya di loyang panggang, 4) memasukkan loyang panggang ke oven sebentar, dan 5) memotong-motong granola yang sudah kering. 


Semoga bahan-bahan dan dua contoh resep cemilan di atas cukup memantik rasa penasaran Mama untuk mencoba berbagai resep cemilan lain yang bagus untuk otak. Selamat berkreasi, Mama.