Daging Sapi Lebih Kaya Rasa dengan 7 Jenis Sayur Ini

Daging sapi adalah bahan masakan yang nyaris tidak pernah salah. Ada banyak jenisnya yang bisa diolah untuk berbagai kebutuhan kuliner dari segala penjuru dunia. Bahkan, sudah bukan rahasia lagi bahwa daging sapi adalah sumber rasa gurih umami yang alami karena kaya akan glutamat. 

Pendeknya, dalam hal cita rasa, daging sapi sulit ditandingi oleh daging merah apa pun. Namun, kalau mama ingin meningkatkan cita rasa daging merah ini sambil juga menambahkan tambahan gizi dari bahan-bahan lain, mama bisa coba sepilihan sayur yang akan kita bicarakan sebentar lagi. 


Jamur

Yang pertama-tama harus muncul di sini adalah jamur. Ada berbagai jenis jamur yang bisa kita gunakan untuk menemani daging sapi. Mama boleh memilih mulai dari jamur merang, jamur shitake, jamur kancing, atau jamur kuping. Semua jenis jamur ini memiliki aroma dan rasa khas yang menjadikannya sering dijadikan penyedap rasa. 

Jamur bisa diolah dalam bentuk tumis maupun sup. Bila mama menggunakan jamur kancing, resep yang paling tepat adalah menggunakannya dalam sup daging sapi seperti yang disarankan dapur umami ini. 

Atau, mama juga bisa menggunakan jamur dalam tumis daging yang dibuat dengan kecap manis juga.


Asparagus

Asparagus adalah sayuran yang sangat mudah diolah karena rasanya yang gurih dan mudah berpadu dengan berbagai jenis bahan mulai bahan sup sederhana hingga sup berkuah santan. Rasa yang khas ini bisa berpadu dengan sangat baik dengan daging sapi, khususnya ketika mama membuat steak. 

Pengolahan asparagus yang sangat praktis adalah dengan menggorengnya tanpa minyak (grill). Untuk melakukan itu, mama hanya perlu memanaskan wajan anti lengket tanpa minyak (atau dengan sedikit minyak zaitun) dan memanaskan asparagus sampai agak lunak. Untuk menambahkan rasa, mama hanya perlu menaburkan sedikit garam dan lada hitam. 


Buncis

Kalau mama memilih memasak daging sapi dengan cara ditumis seperti tumis sapi lada hitam atau teriyaki, maka sayuran yang tepat di sini adalah buncis. Buncis bisa ikut menyerap cita rasa sapi dan semakin lezat ketika berpadu dengan bumbu teriyaki. 

Bila memang memilih memasak tumis atau teriyaki dengan menyertakan buncis, mama hanya perlu memperhatikan urutan memasukkan bahan. Pastikan untuk memasukkan daging terlebih dahulu karena daging pasti membutuhkan waktu untuk masak lebih lama. Begitu daging sudah masak dan lunak, masukkan buncis. Pastikan untuk tidak terlalu lama memanaskannya agar buncis tetap terasa renyah. 


Bawang Bombay, Tomat, Jalapeno, Paprika

Yang terakhir ini adalah bila mama memilih untuk memasak barbekyu atau daging panggang. Di sini, yang dimaksud barbekyu adalah daging sapi panggang dengan bumbu rempah-rempah sesuai minat. Untuk mengimbangi rasa gurih daging sapi yang semakin kuat saat dipanggang, beberapa jenis sayuran bisa dipilih untuk digunakan. 

Sayur-sayuran yang bisa mama pilih di sini adalah beberapa sayuran dengan aroma dan rasa yang khas. Bawang bombay bisa dijadikan pilihan dengan diiris lebar-lebar dan beberapa lapis. 


Untuk tomat, kita bisa memilih tomat yang berdaging tebal dan tidak terlalu berair yang disiapkan dengan dipotong menjadi seperempat. Sementara itu, untuk jalapeno dan paprika, mama bisa memilih untuk memanggangnya secara utuh atau dipotong menjadi dua bagian. Mama bisa memilih untuk memanggang sayur-sayuran ini pada tusuk panggangan terpisah atau menggunakan tusuk barbekyu yang sama dengan daging sapi. Namun, bila memilih untuk menggunakan tusuk yang sama, pastikan bahwa daging sudah hampir matang sebelum menyertakan sayur-sayuran pilihan ini di tusuk yang sama, 

Dengan menyertakan bawang bombay, tomat, jalapeno dan paprika, mama akan mendapatkan rasa dan aroma segar sebagai penyeimbang daging sapi yang gurih. 

Dengan memadukan daging sapi yang gurih ini dengan berbagai pilihan sayuran, mama akan mendapatkan keseimbangan rasa dan kekayaan cita rasa dalam satu jenis hidangan. Apakah mama punya bahan-bahan lain yang bisa memperkaya cita rasa daging sapi? Jangan lupa berbagi dengan kita kalau mama juga punya ya. 


sumber:https://images.app.goo.gl/tBknwLboxtcVTkSSA