Coba 3 Resep Nasi Goreng Warna-warni Penyegar Mata Ini

Nasi goreng adalah salah satu jenis kuliner Indonesia terpengaruh kuliner Asia Timur yang paling populer. Setiap turis yang berkunjung ke Indonesia biasanya sempat sekali dua kali menikmati nasi goreng dan terpesona. Tapi, bagaimana kalau kita bukan turis? Adakah resep nasi goreng yang tetap bisa mengejutkan Mama?


Jangan kuatir, Mama. Masih ada kok resep nasi goreng yang bisa kita sebut anti-mainstream. Resep ini mungkin justru bisa menginspirasi Mama untuk berbagai resep lainnya karena keberaniannya memadukan berbagai hal yang tak biasa. 


Mari kita sebut ini resep nasi goreng warna-warni. Kenapa begitu? tentu saja karena nasi goreng yang dihasilkan di sini akan langsung terlihat berbeda dari warna-warninya. Rahasianya adalah memanfaatkan bahan makanan yang memiliki warna alami yang sangat kuat. Mari! 



Nasi Goreng Ungu

Di antara berbagai jenis nasi goreng, nasi goreng merah dengan saus tomat atau cabe merah mungkin yang paling umum. Tapi bagaimana dengan nasi goreng merah muda keunguan? Mungkin mama pernah melihatnya waktu viral beberapa waktu lalu.


Nah, apa ya kira-kira bahan makanan yang ungu dan lezat? Pasti mama sudah menebak: ya, buah naga! Buah yang berasal dari Amerika Selatan ini memiliki pewarna merah keunguan yang sangat kuat. Setetes saja sari buahnya jatuh ke atas tissue, kita sudah bisa melihat dampaknya. 


Untuk membuat nasi goreng ungu, yang mama perlukan adalah setengah buah naga yang dilumerkan dengan garpu. 


Setelah bagian ini selesai, maka langkah-langkah selanjutnya ternyata tidak terlalu berbeda dengan resep nasi goreng pada umumnya. 


Selain warna ungu yang menawan untuk semua usia, Mama juga akan mendapatkan cita rasa buah naga yang masih tersisa pada nasi goreng ini. 



Nasi Goreng Hijau

Nasi goreng warna lainnya adalah hijau. Memang warna hijau bisa ditemukan pada banyak makanan, khususnya cemilan tradisional, mulai dari wajik, lupis, sampai kue lapis. Tapi bagaimana dengan nasi? Apakah Mama sudah pernah mencobanya? Atau, bagaimana dengan nasi goreng? 


Kira-kira apa ya pewarnanya? Apakah harus menggunakan pandan? Jawabannya sederhana: bayam atau brokoli! Alasannya adalah, untuk nasi goreng atau kuliner gurih lainnya, pewarna hijau yang cocok adalah sayuran yang tidak memiliki aroma manis seperti pada umumnya kue. 


Untuk membuat pewarnanya, mama bisa mengambil satu buah brokoli atau segenggam bayam. Untuk brokoli, Mama perlu mengukusnya dulu dan kemudian menghaluskannya, baik dengan menggunakan garpu maupun menggunakan blender. Untuk bayam, mama bisa melakukannya dengan langsung memblender segenggam bayam.


brokoli adalah pewarna hijau dalam resep nasi goreng hijau

Brokoli, bahan utama dalam resep nasi goreng hijau


Langkah selanjutnya tidak jauh berbeda dengan membuat nasi goreng pada umumnya. Biasanya, aroma sayur akan tetap terasa tergantung berapa lama Mama memasak nasi goreng ini. Semakin lama memanaskannya, semakin berkurang cita rasa sayurannya



Nasi Goreng Hitam

Bagaimana dengan warna hitam? Ah, pasti mama sudah bisa menebak dari mana warna hitam untuk nasi goreng hitam. Betul! Mama bisa menggunakan tinta cumi untuk membuat nasi goreng ini. Mama tinggal mengambil kantong tinta cumi yang berada di bawah bagian kepalanya. 


Oh ya, jangan lupa menghilangkan amisnya. Caranya mudah kok. Mama bisa menggunakan daun jeruk atau jahe ketika memanaskan tinta cumi sebelum digunakan di dalam nasi goreng. 


Yang tak kalah pentingnya, Mama juga bisa menggunakan cuminya sebagai lauk pendamping nasi goreng ini. Asyik kan kalau nasi gorengnya tidak hanya didampingi telur mata sapi?


Setelah mama menyiapkan berbagai bahan pewarna ini, proses selanjutnya bisa dibilang tidak terlalu berbeda dengan membuat nasi goreng pada umumnya. Kira-kira begini:



  1. panaskan minyak di atas wajan dan tumis bumbu 
  2. masukkan nasi dan sekaligus pewarna
  3. tambahkan penyedap rasa dan lakukan koreksi untuk mendapatkan cita rasa yang Mama inginkan
  4. ketika nasi sudah siap dan bumbu meresap, angkat nasi dan tuangkan ke piring
  5. berikan pendamping seperti bawang goreng, abon, kerupuk, kering kentang, telur mata sapi, atau lain-lainnya


Setelah berhasil menggunakan resep-resep nasi goreng warna-warni ini, dijamin keluarga akan mendapatkan kenikmatan baru menyantap nasi goreng. Kalau sudah melakukan beberapa eksperimen, mungkin mama bisa mendapatkan tidak hanya warna yang unik, tapi juga cita rasa yang khas, misalnya nasi goreng dengan daging sapi, cumi, ikan tenggiri, dan sebagainya. Selamat mencoba, Mama!