Cara Mudah Membuat Bawang Goreng Renyah Crispy, Tahan 2 Bulan

Pernah goreng bawang tapi hasilnya cepet lepek? Coba pelajari tips rahasia mudah membuat bawang goreng yang renyah dan crispy-nya tahan lama berikut ini.


sumber: https://www.youtube.com/watch?v=JxKFqYwpJUw 


Bawang goreng di pasaran sering kali terasa renyah. Wajar saja karena sudah melalui proses penirisan di mesin spinner. Lalu, adakah cara mudah membuat bawang goreng renyah dan crispy di rumah tanpa pakai mesin?


Tentu saja ada. Mau belajar membuat bawang goreng yang kriuk?


Tenang. Kali ini, Dapur Umami akan membagikan langkah demi langkah untuk memahami bagaimana membuat bawang goreng yang super renyah, kriuk dan crispy. Dengan penyimpanan yang tepat, renyahnya bisa bertahan hingga 2 bulan.


Simak terus ya.


Persiapan Rahasia

Sebelum mulai menggoreng bawang, Mama perlu memperhatikan beberapa rahasia bawang goreng renyah dan tahan lama.


Pertama, usahakan untuk membuat irisan bawang yang sedang dan merata. Artinya, irisan tidak terlalu tebal atau terlampau tipis, serta konsisten.


sumber: blob:https://www.freepik.com/9f27e631-56e6-4356-8222-ac5de7521634 


Ini akan sangat membantu saat penggorengan sehingga tidak membuat sebagian gosong dan sebagian lain belum matang.


Selanjutnya, pastikan minyak untuk menggoreng sudah benar-benar panas. Baru setelah semua bawang sudah masuk, Mama bisa kecilkan apinya.


Terakhir, angkat bawang goreng sebelum benar-benar kering atau begitu sudah berwarna kuning keemasan. Tak perlu menunggu sampai bawang benar-benar kering agar tidak menjadi gosong.


Tak perlu khawatir nantinya bawang belum matang. Proses memasak akan tetap berlangsung beberapa lama setelah bawang diangkat dari minyak.

Setelah memahami rahasia ini, waktunya menerapkan metodenya.


Membuat Bawang Goreng Renyah Dengan Tepung

Cara membuat bawang goreng renyah pertama, adalah dengan mencampurkan tepung. Ini bikin teksturnya lebih kaku dan renyah daripada bawang goreng original tanpa tambahan apapun.


Adapun jenis tepung yang bisa Mama gunakan adalah tepung maizena dan tepung beras.


Tekstur bawang goreng dengan tepung maizena lebih ringan dan renyah. Sedangkan tekstur yang menggunakan tepung beras lebih kaku, tapi juga terasa renyah.

Yang penting, jangan gunakan tepung tapioka, karena teksturnya akan menggumpal. Selain itu, tambahkan pula garam dan AJI-NO-MOTO® untuk rasa yang lebih gurih.


Untuk membuat bawang goreng dengan metode ini, takarannya adalah 1 sdt + ½ sdt AJI-NO-MOTO® untuk 1 kg bawang merah. Adapun jika Mama membuatnya lebih banyak atau lebih sedikit, tinggal lakukan penyesuaian saja.



Jadi, urutannya adalah iris-iris bawang, campur dengan garam + penyedap, lalu diamkan 1-2 menit. Setelah itu, tambahkan tepung beras atau maizena dengan takaran 5-6 sdm penuh per 1 kilogram bawang merah. Kemudian, aduk hingga rata.


Setelah itu, goreng sesuai cara yang sudah dijelaskan sebelumnya. Angkat lalu tiriskan di atas wadah yang lebar beralaskan tisu agar sisa minyak terserap.


Metode ini bisa membuat bawang goreng tetap renyah hingga 2 bulan. Bahkan, bisa juga sampai 6 bulan jika disimpan di dalam toples dan di dalam kulkas.


Membuat Bawang Goreng Renyah Tanpa Tepung

Resep bawang goreng renyah selanjutnya tak perlu menggunakan tepung. Ini bisa terjadi karena untuk pembuatan bawang goreng tersebut dicampur dengan cuka.

Untuk itu, Mama perlu mencampurkan irisan bawang dengan cuka dalam takaran 3 sdm untuk 1 kilogram bawang merah. Campurkan sedikit demi sedikit sambil dikocok agar merata.


Setelah itu, tambahkan 1 liter air putih sampai semua bawang terendam. Diamkan selama 1-2 menit, lalu tiriskan.


Campurkan irisan bawang tersebut dengan garam dan AJI-NO-MOTO® dengan takarang sama seperti di atas. Taburkan sedikit demi sedikit sambil aduk agar merata.


Terakhir, goreng dengan teknik yang sudah dijelaskan sebelumnya. Kemudian angkat dan tiriskan di atas tisu.


Itu tadi cara mudah membuat bawang goreng renyah dan crispy serta awet dan tahan lama. Pastikan untuk mencobanya dan jangan lupa gunakan AJI-NO-MOTO® untuk rasa yang lebih gurih dan renyah.


Dapatkan produk AJI-NO-MOTO® secara online di marketplace kesayangan anda.