Artikel & Tips Bisa Terjadi Pada Anak Muda, Yuk Kenali Penyebab dan Bahaya Hipertensi di Sini
Bisa Terjadi Pada Anak Muda, Yuk Kenali Penyebab dan Bahaya Hipertensi di Sini

Bisa Terjadi Pada Anak Muda, Yuk Kenali Penyebab dan Bahaya Hipertensi di Sini

31 Mar 2023, 20:03

Seiring dengan perkembangan zaman, prevalensi hipertensi juga mengalami peningkatan. Hipertensi atau yang umum disebut juga peningkatan tekanan darah terjadi ketika tekanan darah seseorang berada di atas 140/90 mmHg. Hipertensi saat ini juga tidak memandang usia,, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga lansia. Menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada tahun 2013, prevalensi hipertensi usia 15-24 tahun sebesar 8.7%. Prevalensi tersebut terus mengalami peningkatan pada tahun 2018 menjadi 13.2%. Ternyata, hipertensi bisa juga lho menyerang usia 20-an. Nah, artikel Dapur Umami kali ini akan membahas tentang penyebab dan bahaya hipertensi pada anak muda beserta tips untuk mengatasinya.


Anak muda saat ini banyak yang mengalami hipertensi, hal ini dapat terjadi umumnya karena pola makan dan lifestyle yang kurang baik. Sebagian besar hipertensi termasuk dalam kategori hipertensi primer, yang penyebabnya adalah konsumsi makanan yang tidak sehat (tinggi garam) dan kurangnya aktivitas fisik. Secara detail berikut adalah penyebab hipertensi yang terjadi pada anak muda.


1. Konsumsi makanan tinggi garam (natrium)

Saat ini banyak tersedia berbagai pilihan makanan cepat saji kekinian yang ternyata mengandung garam (natrium) tinggi. Tidak hanya makanan cepat saji, berbagai macam snack kemasan yang biasa dijadikan teman ngemil ternyata juga tinggi garam. 


2. Kelebihan berat badan dan obesitas

Kelebihan berat badan dan obesitas terjadi akibat pola makan yang tinggi kalori, lemak, gula dan juga garam. Pola ini terbentuk akibat kebiasaan makan sehari-hari yang berlangsung cukup lama sehingga tubuh menyimpan banyak lemak di jaringan adiposa.


3. Tidak berolahraga dan kurang aktivitas fisik

Kemudahan teknologi saat ini cenderung membuat seseorang lebih malas untuk bergerak. Selain itu, dengan berbagai alasan kesibukan yang ada, waktu untuk berolahraga juga tidak ada. Padahal, cukup dengan menyisahkan waktu 30-60 menit per hari berolahraga, dapat membantu tubuh lebih bugar, mengurangi risiko peningkatan berat badan hingga hipertensi


4. Adanya kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol

Kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol di kalangan anak muda menjadi salah satu penyebab terjadinya hipertensi. Kandungan nikotin dalam dalam rokok dapat memperberat kerja jantung.


5. Stress berlebihan

Stress berlebihan dapat meningkatkan kadar hormone kortisol dalam darah. Hormon kortisol yang tinggi dapat meningkatkan tekanan darah sehingga menjadi salah sau risiko hipertensi. Kurangnya manajemen stress yang baik menjadi salah satu problem anak muda saat ini.


Mengalami hipertensi di usia yang masih muda tentu dapat mengganggu aktivitas sehari-hari sehingga produktifitas kerja juga mengalami penurunan. Selain itu, kondisi hipertensi yang tidak ditangani dengan baik dalam jangka panjang justru mengakibatkan berbagai permasalahan kesehatan lainnya misalnya penyakit kardiovaskuler (jantung dan stroke). Tentu, hal ini tidak kita inginkah terjadi di kemudian hari bukan? Nah, berikut adalah tips dari Dapur Umami untuk mengatasi hipertensi pada anak muda.


1. Bijak Garam

Anak muda harus mulai melek dengan kandungan natrium baik pada masakan yang dikonsumsi saat makan utama hingga snack yang biasanya jadi teman ngemil saat kerja. Pastikan asupan natrium dalam sehari tidak lebih dari 2000 mg dan biasakan untuk selalu membaca label makanan kemasan (link artikel Cari Tahu Cara Tepat Membaca Label Makanan Kemasan Disini)


2. Batasi Konsumsi Makanan Tinggi Lemak dan Gula

Makanan tinggi lemak terutama lemak jenuh dan trans juga perlu dibatasi. Selain itu, asupan gula berlebih juga perlu dikontrol terutama dalam minuman kemasan. Konsumsi makanan tinggi lemak dan gula juga berkaitan loh dengan terjadinya hipertensi pada anak muda


3. Olahraga Minimal 5 Kali dalam Seminggu

Berolahraga secara teratur membantu metabolism tubuh menjadi lebih lancar, kesetimbangan energi yang masuk dan keluar juga seimbang dan mengontrol berat badan. Hal lain yang didapat ketika seseorang rutin berolahraga adalah tubuhnya menjadi lebih sehat dan bugar sehingga terhindar dari hipertensi. 


4. Cukup Istirahat dan Mengelola Stress dengan Baik

Memiliki waktu istirahat yang cukup yaitu jam per hari dan mengelola stress dengan baik dapat menjaga hormon kortisol dalam tubuh agar tidak menagalami peningkatan. Hal ini juga membantu mengurangi risiko terjadinya hipertensi lho!


5. Kurangi Asupan Kafein dan Hindari Merokok

Kopi memang boleh dikonsumsi namun jumlahnya jangan sampai berlebihan ya. Konsumsi kafein yang aman dalam sehari tidak boleh lebih dari 400 mg atau setara dengan 2 cangkir kecil kopi. Selain itu, hindari juga merokok untuk meminimalisir hipertensi saat muda.


Nah, diatas adalah penyebab, bahaya dan tips mengatasi hipertensi pada anak muda. Jangan lupa untuk selalu Bijak Garam ya, karena hipertensi primer yang banyak terjadi di anak muda akibat pola makan yang tidak sehat. 


(HF)

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.