Bikin Sehat, Ini Ide Resep Makanan Sehari-Hari untuk Balita

Anak usia balita butuh asupan makanan bergizi agar pertumbuhannya tidak terganggu. Tapi masalahnya, nafsu makan anak seusia ini kerap tak menentu. Kalau itu juga yang anak mama alami, Dapur Umami punya beberapa resep makanan sehari-hari untuk balita yang bisa mama coba.

Resep makanan anak ini disesuaikan dengan karakter anak balita agar mereka semangat makan. Selain tentunya, sudah tim Dapur Umami uji langsung prosesnya sehingga tak mungkin gagal jika mama ikuti step by step-nya!


Kaki Naga Isi Bayam

Kalau anak mama kurang nafsu makan sayur, mama bisa menyembunyikan sayur dalam makanan lain yang mungkin lebih anak sukai. Kaki naga isi bayam ini lahir dari ide tersebut.

Resep ini menyembunyikan bayam di balik adonan ayam yang diolah dengan tepung terigu, garam, merica, dan penyedap rasa dari Ajinomoto. Cara membuat makanan ini crispy, mama bisa pakai bahan pelapis dari tepung terigu, tepung roti, dan telur kocok.

Cara membuatnya sederhana, hanya perlu memblender ayam lalu memasukan bayam cincang ke dalam adonan yang sudah mama bulat-bulat. Selanjutnya, mama bisa siapkan stik es krim atau stik bambu untuk tusukannya. Terakhir, guling-gulingkan adonan ke campuran bahan pelapis sebelum menggorengnya.


Bola Sayur Crispy

Wortel dan sawi adalah dua sayuran yang bisa mama sisipkan dalam menu ini. Resep masakan untuk anak yang susah makan ini akan membuat anak merasa bahwa mereka tidak sedang makan sayur.

Mama hanya perlu daging ayam cincang, potongan wortel dan sawi putih, 2 sendok makan tepung bumbu sajiku, dan air dingin. Masukkan semua bahan dalam satu wadah lalu aduk menjadi adonan sebelum mama goreng dan hias agar menarik.

Agar benar-benar crispy, mama perlu membuat adonan tepung bumbu basah dan kering dalam dua wadah terpisah. Sebelum panasakan minyak menggoreng, mama bisa celupkan adonan ke bumbu basah lalu balur dengan mengguling-gulingkannya di adonan kering.


Pie Apel ala Mayumi

Selain kaya dengan vitamin dan mineral, kandungan karbohidrat di dalam apel dapat menjadi energi bagi si kecil yang aktif sepanjang hari.¹  

Masalahnya, apa mau mereka dikasih apel yang tak diolah sama sekali? Jika kemungkinannya akan susah, mama bisa mencoba resep pie apel dari Dapur Umami. 

Adonan pie bisa mama buat dengan mencampurkan potongan apel hijau, keju, dan saus Mayumi. Kemudian, mama dapat menyiapkan roti tawar dalam cetakan pie dan menaruh adonan di dalamnya. 

Jika sudah selesai, mama tinggal panggang dalam wajan anti lengket sampai roti tampak kering. Plating yang cantik pasti akan menambah daya tarik anak untuk menyantapnya.


Salad Buah ala Mayumi


Stanford Children's Health punya ide menarik yang bisa mama coba untuk membuat si kecil senang makan buah-buahan. Mereka menyarankan mama untuk menggabungkan buah beraneka macam dan warna.² 

Untuk mengeksekusi ide tersebut, salad buah ala mayumi bisa jadi pilihan. Mama hanya perlu menyiapkan potongan berbagai buah yang sudah mama iris serong seperti strawberry, anggur, atau buah lain dengan warna mencolok dan variatif. 

Selanjutnya, siapkan wadah untuk adonan saus berisi campuran Mayumi, susu kental manis, serta susu cair. Terakhir, campurkan buah ke dalam saus dan bekukan sebelum menghidangkannya untuk si kecil. Simple bukan?

Sayangnya, di artikel ini Dapur Umami hanya dapat menyajikan empat resep makanan sehari-hari untuk balita. Tapi tenang, kalau mama sudah selesai praktek semua resep di atas, mama bisa mampir ke menu resep Dapur Umami. Ada banyak resep lain yang tak kalah menarik lho!