Begini Cara Membuat Kulit Martabak Telur Agar Tidak Sobek

Kelihatannya, membuat martabak telur itu gampang. Padahal, kalau dipraktekkan tanpa tau cara dan tekniknya, 100% pasti gagal. Kalaupun bisa Mama makan, pasti bakal beda rasa dan sensasinya dengan martabak ala abang-abang gerobak yang mangkal di pinggir jalan.


Rata-rata, proses bikin martabak telur itu gagal di adonan tepungnya. Permukaan martabak dan teksturnya yang terlalu tebal, terlalu tipis, kurang elastis, hingga mudah sobek, jadi penyebabnya. Padahal, effort bahan dan waktu mengolahnya lumayan banyak!


Nah, kali ini, Dapur Umami bakal membagikan rahasia supaya itu nggak Mama alami.  


Cara Buat Kulit Martabak Telur Anti Sobek 

Kami tidak bisa mengatakan cara ini mudah atau sulit. Satu yang pasti, bikin kulit martabak telur versi abang-abang itu memang tricky dan butuh kesabaran. Kalau Mama masih mau coba, begini cara membuat kulit martabak telur yang benar.


1. Jangan Sembarangan Menggunakan Tepung



Tepung itu sebenarnya ada grade-nya lho, Ma! Masing-masing grade, punya karakter dan kegunaan yang berbeda.Untuk membuat kulit martabak, Mama membutuhkan tepung dengan grade protein tinggi. 


FYI, di dalam tepung itu ada zat yang namanya gluten. Tinggi-rendahnya kadar gluten, menentukan kadar protein di dalamnya. Semakin tinggi gluten, tepung juga akan semakin mudah mengembang dan elastis, namun tidak mudah susut lagi.


Lalu, berapa kadar protein tepung yang masuk level tinggi? Standar umumnya 13-14%. Coba cari aja di warung, minimarket, atau supermarket, pasti ada kok!


2. Gunakan Putih Telur



Putih telur adalah komponen pertama yang perlu Mama campurkan di adonan tepung. Kenapa perlu memasukkannya?


Dalam adonan, fungsinya mirip-mirip gluten dalam tepung karena mengandung protein, yakni bisa membuat adonan mengembang. Selain itu, nantinya terlihat lebih bersih.


Pertanyaannya, putih telur ayam atau telur bebek? Kalau ukurannya protein, bebek umumnya lebih tinggi.


3. Sabar Mengikuti Step by Step Pembuatannya



Membuat kulit martabak ini butuh kesabaran dan memiliki proses yang memakan waktu berjam-jam.


Setelah menyimpan tepung dalam wadah, masukkan putih telur lalu uleni hingga keduanya tercampur merata. Kemudian, tuang air sedikit demi sedikit -tidak boleh langsung banyak karena bisa membuat adonan sulit kalis. 


Saat tepung, air, dan putih telur tercampur, tuang garam lalu uleni dengan penuh kesabaran sambil menambah air sedikit-sedikit. Ketika terasa lengket, Mama bisa tuang minyak kelapa. Sambil diuleni, boleh membanting adonan agar cepat kalis.


Sesudah kalis, sabar dulu! Mama masih perlu mendiamkan adonan dalam dua sesi. 


Sesi pertama, menunggu 15 menit sebelum membagi adonan dalam ukuran masing-masing 40 gram. Sesi dua, mendiamkan adonan dengan lumuran minyak goreng hingga 4 jam.


Lumayan kan prosesnya? Semua tahapannya, perlu Mama lalui dengan kesabaran ya! Dapur Umami percaya, Mama orangnya penyabar banget..


Resep Martabak Telur Praktis, Nggak Ribet!

Kalau waktu Mama memang luang, membuat martabak telur dengan kulit bikinan sendiri pasti worth it. Namun kalau Mama ingin yang praktis-praktis, gunakan saja kulit lumpia sebagai alternatif.


Meski beda dengan ala abang-abang, tapi enaknya nggak kalah kok.


Dapur Umami punya resep martabak telur kulit lumpia yang bisa Mama praktekkan sekarang juga! Dalam waktu sekitar 45 menit, hidangan ini bisa tersaji.



Karena tak perlu membuat kulitnya, langsung saja kita buat isiannya. Mulai dengan menumis daging sapi atau ayam cincang serta bawang bombay. Lalu, taburkan garam, bubuk kari, merica, serta AJI-NO-MOTO┬« secukupnya hingga merata, sisihkan.


Selanjutnya, siapkan wadah berisi kocokan telur dan daun bawang. Campurkan tumisan daging kedalamnya dan aduk hingga rata.


Kemudian, siapkan kulit lumpia, tuangkan adonan isian di atasnya, lalu lipat dengan rapi. Terakhir, Mama bisa menggorengnya dengan minyak panas hingga tekstur martabaknya menjadi crispy. Tandanya, dari warna yang berubah jadi kuning kecoklatan.


Kalau di rumah ada bahannya, Mama juga bisa siapkan acar dan sambal cocol sebagai pelengkap. Bagaimana, mudah bukan?


Tenang saja, walaupun martabak telur ini beda dengan ala abang-abang, tapi rasanya pasti enak kok. Kuncinya, ada di penggunaan bumbu AJI-NO-MOTO® yang teruji umami dan menjadi pilihan utama jutaan dapur di penjuru dunia!