Artikel & Tips Apa 3 Resep Makanan Bergizi Seimbang Terbaik untuk Oma-Opa?
Apa 3 Resep Makanan Bergizi Seimbang Terbaik untuk Oma-Opa?

Apa 3 Resep Makanan Bergizi Seimbang Terbaik untuk Oma-Opa?

26 Jul 2022, 16:07

Seperti yang Mama tahu, kebutuhan nutrisi setiap orang tentu berbeda beda tergantung jenis kelamin, berat badan, maupun usianya. Ketika sudah menginjak masa lanjut usia (lansia), maka Mama juga harus memastikan untuk tubuh mendapatkan makanan bergizi seimbang.


Hal ini karena oma dan opa termasuk kedalam golongan rentan terhadap penyakit ringan maupun berat karena metabolisme tubuh yang sudah berkurang. Dalam hal konsumsi makanan, oma dan opa perlu mengurangi jenis makanan yang mengandung lemak, berpengawet, maupun yang tinggi akan kadar garam dan gula sehari hari.


Selain makanan, oma dan opa yang ada dalam fase lansia ini juga harus mengkonsumsi air sedikitnya 6 gelas, mengonsumsi makanan mengandung vitamin, atau bisa juga ditambahkan susu rendah lemak dalam setiap harinya.


Untuk melengkapinya, di artikel kali ini kita akan ulas beberapa resep makanan yang bergizi seimbang untuk menu oma dan opa selain sayuran hijau yang bisa Mama jadikan ide berkreasi tanpa worry.


Sup kacang merah

Sup kacang merah ini bisa menjadi salah satu alternatif menu untuk oma dan opa. Sup kacang merah ini biasanya dipadukan dengan protein hewani berupa daging sapi maupun daging ayam. Kacang merah ini dipilih karena kacang jenis ini dibutuhkan oleh tubuh menjaga kesehatan jantung dan dapat mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.


Membuatnya pun cukup mudah, rebus kacang merah bersama dengan daging. Tambahkan duo bawang, sedikit pala, merica, dan AJI-NO-MOTO® untuk memperkuat rasa. Yang terakhir masukkan wortel dan kentang sebagai sumber vitamin dan kaya akan serat, tunggu hingga matang dan siap disantap. 

Sederhana bukan? Sekali saja bikin, pasti Mama sudah auto-ahli.


Grilled Salmon 

Ikan salmon di sini dipilih untuk menu oma dan opa karena ikan ini memiliki tekstur yang lembut, dan salah satu yang paling bergizi bila dikonsumsi. Ikan salmon merupakan sumber protein dimana mengandung protein yang tinggi akan Omega 3.


Penting untuk tubuh dan baik untuk dikonsumsi karena fungsi dari Omega 3 dalam ikan salmon ini dapat mendukung kesehatan lansia dan membantu fungsi otak. Oleh karenanya, dapat membantu meningkatkan daya ingat dan mencegah demensia atau penyakit pikun pada lansia.


Hebatnya lagi, terdapat vitamin D yang dapat membantu penyerapan kalsium dalam tubuh.

Untuk membuat grilled salmon, Mama perlu siapkan fillet salmon, minyak zaitun, garam, bawang putih cincang halus, perasan lemon, dan sejumput AJI-NO-MOTO®. 


Membuatnya pun cukup mudah dilakukan. Pertama, marinasi salmon yang sudah bersih dengan minyak zaitun sekitar 10 menit. Setelah itu, panaskan sedikit minyak zaitun di pan anti lengket, tumis bawang putih cincang.


Panggang fillet salmon yang sudah dimarinasi sebentar saja (5 menit di setiap sisi). Bumbui dengan menaburkan sedikit garam, perasan lemon, dan sejumput AJI-NO-MOTO®.


Sajikan dengan kentang tumbuk sebagai pengganti nasi. Hidangan enak dan bergizi tinggi ini akan menjadi favorit oma dan opa.

Kalau ingin yang bercita rasa Italia, Mama bisa coba grilled salmon oregano ini dari Dapur Umami.


Bubur kacang hijau

Siapa yang mampu menolak kelezatan sajian ini, bubur kacang hijau menjadi salah satu makanan sehat dengan gizi berimbang untuk lansia. Dalam 1 ons kacang hijau, sangat baik untuk mendapatkan banyak protein nabati, serat, dan karbohidrat.


Dengan kandungan tersebut, kacang hijau bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah dan radikal bebas. Oh ya, perlu diketahui bahwa jenis salah satu sumber serat yang terdapat pada kacang hijau ini mampu menjaga kesehatan pencernaan.


Dalam pembuatan bubur kacang hijau, Mama bisa merendam terlebih dahulu kacang hijaunya, agar tidak perlu memasaknya terlalu lama. Rebus kacang hijau, masukkan juga daun pandan dan jahe bila suka. Tambahkan sedikit gula dan santan. Tunggu hingga kacang hijau empuk dan matang.


Hidangan ini siap disajikan sebagai snack sore hari oma dan opa.

Selamat mencoba resep di atas untuk opa dan oma ya, Ma! Untuk tahu lebih banyak tentang gizi seimbang, jangan lupa lihat artikel kita di sini ya.

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.