Artikel & Tips Aneka Masakan Tumis Sederhana Ala Dapur Umami untuk Keluarga
Aneka Masakan Tumis Sederhana Ala Dapur Umami untuk Keluarga

Aneka Masakan Tumis Sederhana Ala Dapur Umami untuk Keluarga

18 Jan 2023, 18:01

Meski cara masak tumis itu sederhana, tapi resep ini membuktikan bahwa tumis bisa hasilkan rasa luar biasa.


Tumis adalah salah satu teknik memasak populer di Nusantara. Kalau dibandingkan dengan berbagai teknik lain, tumis tergolong yang paling praktis dan menghemat waktu. Nggak heran kalau ada banyak sekali resep tumis sayur maupun lauk lainnya untuk menu favorit keluarga.


Bagi Mama yang punya waktu terbatas untuk masak, menyajikan hidangan tumis sayur praktis tentunya akan sangat membantu.


Kini, Dapur Umami mau berbagi sejumlah ide masakan tumis untuk Mama. Pastinya, dengan resep variatif yang menggunakan bermacam-macam bahan bergizi.


Ide Tumis Sayur, Terbaik untuk Sarapan!


Kalau keluarga Mama kurang berselera makan tumis sayur, jangan menyerah. Mungkin Mama perlu mencoba ide dari kami berikut ini.


1. Tumis Sawi Hijau

Tumis Sawi Sayur


Sawi hijau terkenal kaya manfaatnya. Namun, Mama perlu resep spesial agar anak dan suami mau memakannya dengan lahap. Jadi, kuncinya terletak pada bumbunya.

Untuk itu, Dapur Umami sarankan Mama menambahkan AJI-NO-MOTO® sebagai penyedap. Agar hidangan tumis ini tak terlalu monoton dan lebih bergizi, bagus juga jika menambahkan potongan tahu kuning.


2. Tumis Pakcoy

Tumis Pakcoy


Rasa pakcoy yang mungkin tidak semanis ketimbang sayuran sejenisnya, mungkin jadi hambatan keluarga untuk memakannya. Padahal, gizinya bagus lho untuk menjaga jantung tetap sehat!

Agar mereka mau makan pakcoy, mungkin Mama perlu mengolahnya menjadi tumis dengan campuran bumbu SAORI® Saus Tiram. Rasa umami yang kuat dari SAORI®, bisa menutupi sedikit getir pakcoy sehingga lebih akrab di lidah. Cara membuat tumis dengan menambahkan SAORI® Saus Tiram memang teman memasak andalan Mama.


3. Tumis Labu Siam

Tumis Labu Siam


Labu siam mungkin tak sepopuler sayuran lain seperti kangkung dan bayam. Namun, efek medisnya bisa diadu. Terutama, buat Mama yang kini sedang hamil.


Mengolah tumis sayur ini sederhana saja. Mama hanya perlu memotongnya tipis seukuran korek api, lalu tumis bersama rempah-rempah khas Nusantara. Hanya saja, kunci lezatnya bisa Mama dapatkan dari tambahan AJI-NO-MOTO®. Jangan lupa koreksi rasa disetiap tingkatan stepnya ya, Ma. Kalau ide tumis sayurnya menurut Mama kurang lengkap, bisa cek yang lebih lengkap koleksi resep Menu Tumis Aneka Sayuran Penuh Gizi untuk Sarapan Pagi.


Ide Tumis Ayam, Cocok Buat Makan Siang!

Siapa sih yang nggak suka makan ayam? Makanan ini termasuk kategori unggas yang lezat tapi paling mudah mendapatkan dan mengolahnya.


1. Tumis Ayam Kecap

Tumis Ayam Kecap


Ayam kecap adalah masakan khas orang Jawa yang terkenal sangat akrab dengan rasa manis. Menyiram ayam dengan bumbu kecap yang creamy, dapat mendorong makan jadi lebih lahap.

Bumbu dan rempahnya sederhana, biasanya cukup bawang bombay, cabai, merica dan kecap. Sisanya, Mama bisa eksplorasi ide lain menyesuaikan dengan bahan masakan lain favorit keluarga.


2. Tumis Ayam Sayur

Tumis Ayam Sayur


Ide ini sangat pas kalau Mama tak punya banyak waktu untuk membuat dua jenis lauk pauk sekaligus. Mencampur ayam dan sayur dalam satu hidangan, sama dengan membuat hidangan yang lengkap. Hidangan ayam yang kaya protein dan lemak, semakin kaya nutrisi dengan campuran sayur kaya vitamin, mineral, dan serat.

Beberapa jenis sayuran yang Dapur Umami rekomendasikan antara lain kol, jagung putih, atau sawi putih. Kalau rempahnya, modal bawang putih dan jahe saja sudah cukup sih.


3. Tumis Ayam Suwir

Tumis Ayam Suwir


Kalau ide yang satu ini, menu ayam khas Bali. Di Bali, namanya ayam sisit. Dengan menyuwir-nyuwir ayam sebelum mengolahnya, bumbu yang Mama buat bisa lebih meresap ke seluruh lapisan daging. Selain itu, makannya juga lebih gampang ketimbang potongan ayam yang lebih besar.


Bumbu tumis ayam suwir juga nggak ribet. Bawang-bawangan, cabai, atau serai juga sudah oke. Cocok juga kalau Mama tambahkan dengan kecap.

Oh ya, kalau butuh resep lengkap tumis ayamnya, mampir ke artikel Resep Tumis Ayam untuk Bekal Makan Siang di Kantor ini ya!


Ide Tumis Seafood, Pas Jadi Teman Makan Malam

Bukan hanya daging unggas, seafood juga cocok kok Mama tumis. Beberapa jenis seafood,punya karakter yang bikin rasanya lezat kalau ditumis!


1. Tumis Kerang Dara

Tumis Kerang Dara


Kalau mau makan kerang yang bisa Mama tumis, kerang dara paling recomended. Ukurannya yang lebih kecil, membuat bumbu dan rempah tumis lebih mudah meresap ke dalam kerang. Namun, pastikan sebelum menumis Mama rebus dulu kerangnya.

AJI-NO-MOTO® punya SAORI® Saus Rasa Mentega yang bisa blend dengan rasa gurih dan manis dari kerang dara.


2. Tumis Tongkol

Tumis Tongkol


Tongkol adalah salah satu seafood paling populer karena mengolahnya termasuk paling mudah. Rasa dasarnya yang gurih, bisa semakin gurih jika Mama menumis ikan ini dengan bumbu yang tepat. Dapur Umami sih menyarankan Mama yang mau mengolah tumis tongkol untuk pakai Masako® Rasa Ayam.

Kalau untuk rempah sih cukup bawang-bawangan dan daun salam. Kalau mau pakai sayur, memilih buncis adalah pilihan tepat.


3. Tumis Cumi Hitam

Tumis Cumi Hitam


Mengolah cumi hitam yang rasanya lebih hambar ketimbang cumi asin adalah ide bagus. Namun, Mama membutuhkan rempah dan bumbu yang sedikit lebih banyak supaya rasanya bisa lebih kuat dan memanjakan lidah.

Bawang-bawangan, aneka cabai (hijau dan rawit), jahe, serta lengkuas, jadi rempah wajib untuk tumis cumi. Untuk bumbunya, pastikan memasukkan AJI-NO-MOTO® yang punya rasa umami sebagai salah satunya.


4. Tumis Udang Sayur

Tumis Udang Sayur


Tumis udang paling pas kalau Mama ingin buat hidangan seafood plus sayuran dalam satu kali masak. Udang bisa blend dengan berbagai jenis sayur seperti sawi putih, jagung capcay, kapri, atau wortel.


Untuk bumbu tumis dan rempahnya nggak perlu macam-macam. Hanya dengan bawang putih dan Masako®, rasanya sudah lezat dan menggugah selera.


Resep lebih lengkap untuk aneka tumis seafood di atas, bisa Mama baca di Masakan Tumis Seafood Simpel untuk Makan Malam Keluarga.


Ide Tumis Tahu, Bikin Rindu Masakan Ibu

Tumis tahu bukan hanya cocok untuk hidangan akhir bulan, tapi mungkin bisa membuat Mama flashback dengan memori masakan ketika masih kecil.


1. Tumis Tahu Jamur

Tumis Tahu Jamur


Kombinasi tahu yang punya tekstur lembut, cocok kok jika Mama olah dengan jamur enoki dan champagne yang teksturnya kenyal dan padat. Dapur Umami sudah menguji resep ini.

Mama bisa eksekusi kedua bahan ini jadi hidangan tumis yang sedikit berkuah. Agar lebih enak, gunakan tahu yang sebelumnya sudah digoreng dengan balutan tepung terigu dan maizena.


2. Tumis Tahu Saus Tauco

Tumis Tahu Saus Tauco


Pengaruh saus tauco yang punya rasa asin, asam, dan pedas, bisa Mama masukkan dalam sajian tumis tahu. Rasa tauconya bisa Mama dapatkan dari bumbu tauco, cabai dan tambahan SAORI® Saus Tiram. Bagus juga jika menambahkan buncis dan potongan tomat dalam masakan.

Hasil akhirnya, selain lebih kaya gizi, makanan akan punya rasa tauco dan tekstur creamy yang lezat.


3. Tumis Tahu Tuna

Tumis Tahu Tuna


Tahu sebenarnya sudah punya protein yang cukup tinggi. Namun, kalau Mama ingin protein lebih ekstra, tumis tahunya bisa ditambahkan dengan daging ikan tuna. Sebelum ditumis, baiknya tahu digoreng dulu setengah matang secara terpisah.


Mama dapat menggunakan bumbu khas oriental untuk sajian ini. Minyak wijen, kecap asin, lada bubuk, serta Masako rasa ayam bisa jadi pilihan.


Kalau mau cara lengkap mengolahnya dan menemukan ide lainnya, mampir ke resep Resep Tumis Tahu Ala Masako® yang Bikin Rindu Masakan Ibu, yang sudah kami tulis sebelumnya.


Kunci dari kelezatan semua resep versi Dapur Umami ada di produk-produk terbaik dari AJI-NO-MOTO®. Bahan masakan apapun, kalau pakai AJI-NO-MOTO®, rasanya pasti juara!








Source of thumbnail: Japanese food on table by nazar_ab


Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.