Alternatif Masak Nasi Istimewa Hanya dengan Rice Cooker

Masak nasi adalah bagian dari keseharian buat banyak orang di Indonesia. Banyak orang yang makan nasi bahkan tiga kali dalam sehari. Namun, kebanyakan dari kita makan dari dengan cara yang sama. Karena itulah, untuk selingan, kita sesekali perlu mengolah nasi dengan cara yang sedikit beda. 


Di sini, kita aman mencoba beberapa cara mengolah nasi yang bisa kita jadikan selingan di akhir pekan. Yang lebih mengasyikkan adalah kita bisa melakukan ini dengan menggunakan rice cooker yang sehari-hari kita pakai untuk menyiapkan nasi. Kalau ini dilakukan, mungkin anggota keluarga akan bangun di Minggu pagi dengan membawa pertanyaan “Masak apa hari ini, Ma


Nasi Pandan Hijau

Salah satu cara masak nasi paling kekinian adalah nasi hijau. Tampilannya sangat tidak biasa. Biasanya, kita hanya melihat nasi berwarna putih atau kuning. Tapi hijau? Tidak semua orang pernah melihatnya. Karena itulah nasi hijau selalu menarik perhatian. Banyak kafe dan restoran menjadikan nasi hijau sebagai sajian andalan mereka. 


Tapi tahukah Mama bahwa nasi yang kelihatan tidak biasa ini bisa dibuat dengan mudah? Dan bisa dengan menggunakan rice cooker? 


Yang kita butuhkan adalah 5-7 lembar daun bawang yang diblender dengan air sebagai pewarnanya. Untuk proses selanjutnya, kita bisa melakukannya tidak terlalu berbeda dengan memasak nasi di rice cooker seperti biasa. Yang berbeda adalah Mama perlu menambahkan santan di sini. 


Kreasi masak nasi uduk dan sayur


Nasi Uduk 

Nasi uduk juga termasuk nasi yang sangat mudah dibuatnya. Secara tampilan mungkin tidak terlalu berbeda, tapi begitu dia mulai menyentuh lidah, pasti kita tidak akan melewatkan perbedaannya. Rasa nasi yang sudah gurih ini membuat kenikmatan makan menjadi berbeda. Nasi uduk sudah menjadi bagian dari kuliner berbagai daerah di Indonesia dan bisa ditemukan di mana saja. 


Kabar baiknya adalah nasi uduk ini bisa jadi satu resep makanan rumahan yang mudah dibuat hanya dengan menggunakan rice cooker. 


Bahan-bahan yang dibutuhkan sederhana: nasi, santan, daun salam, cengkeh, merica dan garam. Seperti memasak nasi pada umumnya, perlu mencuci bersih beras dan kemudian menambahkan semua bahan ini ke rice cooker dan memasaknya seperti biasa. 


Nasi “Uduk” Meksiko

Bila Mama ingin sedikit jauh melakukan eksplorasi, kenapa tidak mencoba cara masak nasi yang belum terlalu lazim di Indonesia ini? Kita sebut saja ini “nasi uduk meksiko.” Tentu tidak ada yang namanya nasi uduk di Meksiko. Tapi, cara memasak ini kurang lebih serupa dengan nasi uduk, dan inspirasi bumbunya berasal dari Meksiko. Akan ada campuran rempah dan rasa asam tomat serta sedikit aroma cabe. 


Bahan-bahan yang diperlukan pun sebenarnya tidak sulit ditemukan di Indonesia. Untuk nasinya, dianjurkan menggunakan beras basmati, yang banyak dipakai untuk membuat nasi biryani atau nasi kebuli. Beras ini sedikit lebih panjang dari beras lokal dan menghasilkan nasi yang tidak terlalu lengket. 


Selain nasi yang agak khusus ini, kita juga perlu menambahkan 1 cangkir saos Salsa dan bubuk cumin. Kedua bahan ini bisa dengan mudah ditemukan di marketplace online. Untuk mendapatkan citarasa cabe, Mama boleh menambahkan bubuk cabe sesuai selera. 


Semua bahan ini tinggal dicampurkan di dalam rice cooker dengan proporsi air tidak berbeda dengan yang sehari-hari kita pakai. Beras basmati cenderung lebih lama masaknya dibandingkan beras lokal, tapi itu tidak akan jadi masalah saat kita memasak dengan rice cooker. 


Kemiripan dari tiga jenis kuliner ini adalah mereka cocok dinikmati dengan berbagai macam tambahan lainnya. Mama bisa menambahkan tumis buncis, tumis daging, telur mata sapi, telur puyuh, ayam goreng tepung, atau sambal goreng teri sebagai teman makan tiga kreasi nasi ini. 


Bahkan, kalau ingin, sayuran kukus dengan taburan garam secukupnya pun bisa. Dengan tiga kreasi nasi ini akan, akhir pekan Mama dan keluarga bisa lebih berkesan tanpa harus menghabiskan banyak waktu di dapur.


sumber:https://www.freepik.com/free-photo/traditional-nasi-lemak-meal-composition_16870202.htm

sumber:https://www.freepik.com/free-photo/sausage-fried-rice-with-tomatoes-carrots-shiitake-mushrooms-plate_10725352.htm