Artikel & Tips 7 Rekomendasi Makanan Sebelum Jogging, Aman dan Anti Lapar
7 Rekomendasi Makanan Sebelum Jogging, Aman dan Anti Lapar

7 Rekomendasi Makanan Sebelum Jogging, Aman dan Anti Lapar

17 Nov 2022, 17:11

Lupakan rasa lapar saat lari pagi. Nikmati saja rekomendasi makanan sebelum jogging yang aman dan efektif menahan lapar berikut.


Olahraga adalah aktivitas yang sangat baik untuk memperlancar aliran darah di tubuh. Lemas saat lari pagi bisa bikin mood olahraga berantakan. Untungnya ada beberapa makanan sebelum jogging yang bisa Mama konsumsi dengan aman, yang merupakan makanan yang baik untuk tubuh sehingga bisa tetap olahraga tanpa harus menahan lapar yang bisa menjadi pilihan.


Kali ini, Dapur Umami akan berbagi informasi tentang:


  • 7 rekomendasi pilihan makanan sebelum jogging pagi, dan
  • alasan kenapa makanan ini baik dikonsumsi untuk olahraga pagi (sebelum olahraga).

Simak sampai akhir, ya.


Pisang


Buah ini jadi rekomendasi utama makanan sebelum olahraga pagi. 

Teksturnya yang padat sangat bermanfaat untuk menunda lapar selama berolahraga di pagi hari atau malam hari. Selain itu, kandungan karbohidrat dan glukosanya bisa menjaga gula darah tetap optimal selama berolahraga.


Yang tak kalah penting, pisang kaya akan kalium yang dapat mencegah otot kram saat beraktivitas. Lengkap kan, manfaatnya untuk camilan sebelum jogging?

Tentunya Mama perlu makan namun tak boleh makan terlalu banyak sebelum berolahraga agar tidak muntah atau kram perut. Porsi 1-2 buah sudah cukup dan maksimal satu jam sebelum makan.


Cracker


Makan cracker sebelum olahraga juga aman dan bermanfaat bagi tubuh. Snack ini mengandung karbohidrat dan gula yang bagus menjaga kadar gula darah selama olahraga.


Selain itu, beberapa cracker sudah diperkaya dengan vitamin B kompleks yang bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme energi untuk tubuh. Satu cracker mengandung sekitar 40 kkal sehingga 3-4 biji saja sudah cukup.

Yang paling penting, jangan lupa untuk minum setelah makan cracker agar Mama tidak kehausan saat jogging nantinya. Cukup 1 gelas agar tidak mual saat olahraga.


Muffin


Selain cracker, kue muffin, donat, bolu atau lainnya juga bisa jadi pilihan camilan sebelum jogging.


Makanan sebelum jogging idealnya adalah tinggi karbohidrat, proteinnya sedang, serta rendah lemak dan serat yang pencernaannya butuh waktu lebih lama. Kue yang disebutkan di atas memenuhi hal ini.


Satu buah donat bisa mengandung 250 kkal, sedangkan 1 buah muffin memiliki sekitar 145 kkal. 

Mama perlu mengatur agar asupannya di kisaran 100-120 kkal sebelum olahraga. Demikian agar kebutuhan energi selama olahraga terpenuhi tanpa bikin perut tidak nyaman.


Sereal



Makan sereal sebelum jogging juga bisa jadi penunda lapar dan pemberi energi bagi tubuh. Porsi setengah atau satu gelas sudah cukup tanpa tambahan apa pun.


Namun, Mama perlu memperhatikan apakah bisa menoleransi laktosa pada campuran susunya. Pasalnya, susu dan produk turunannya bisa menyebabkan perut kembung atau diare pada orang tertentu.

Jika tidak punya masalah intoleransi laktosa, berarti santai saja mengonsumsinya.


Smoothies


Smoothies juga pilihan yang baik sebagai minuman sebelum jogging. Kandungan gula alami dalam buah akan mudah diserap sebagai sumber energi saat lari.


Usahakan campurannya menggunakan yoghurt, ya Ma, bukan susu ataupun kental manis. Yoghurt memiliki laktosa dan gula yang rendah sehingga nyaman di perut dan tidak menambah kalori berlebihan. Setelah itu, campurkan biji bijian seperti chia seed, superfood yang membuat kenyang lebih lama.


Selain itu, Mama juga perlu menghindari bahan smoothies dari kacang-kacangan, brokoli atau kembang kol. Seratnya yang sangat tinggi bisa bikin kebelet BAB kalau dikonsumsi sebelum olahraga.


Oatmeal


Sereal gandum utuh satu ini juga sempurna untuk kudapan sebelum olahraga. Selain mengandung karbohidrat yang mudah dicerna, jenisnya juga slow release. Jadi, gula darah Mama selama olahraga dapat tetap optimal.

Semangkuk oatmeal, setengahnya punya kalori hingga 339 kkal. Jadi, upayakan mengonsumsi ¼ atau ⅓ mangkok saja.

Agar rasanya lebih lezat, Mama bisa menjadikannya topping pada potongan buah pisang atau mangga.


Energy Bar


Saat ini sudah banyak snack khusus olahraga yang disebut energy bar. Camilan ini mengandung protein, kaya karbohidrat, serta sudah ada vitamin dan mineral. Jadi, bisa dibilang aman bagi perut dan dapat memberikan tenaga.


Kalau Mama memakannya sebelum jogging, maka ½ batang saja sudah cukup untuk memberikan energi agar bisa jogging selama 30 menit.

Tentunya, Mama perlu mengonsumsi makanan di atas minimal 30 menit sebelum olahraga. Cek panduan makan dan minum saat olahraga berikut.

Setelah membaca rekomendasi makanan sebelum jogging di atas, tentu Mama harus lebih semangat lagi berolahraga agar tubuh bugar dan sehat karena tahu bahan bakar yang tepat. Semangat.


Source of thumnail: Bananas by Ikostudio
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.