Artikel & Tips 7 Bumbu dengan Cita Rasa Khas Indonesia, Cuma Kita yang Punya!
7 Bumbu dengan Cita Rasa Khas Indonesia, Cuma Kita yang Punya!

7 Bumbu dengan Cita Rasa Khas Indonesia, Cuma Kita yang Punya!

14 Sep 2021, 14:09

Mama ingin tahu apa saja bumbu yang dapat memunculkan cita rasa khas Indonesia? Berikut ini 7 bumbu asli negara kita yang paling disukai di luar negeri! 


Bumbu-bumbu masakan di bawah ini hanya ada di Indonesia lho, Ma!


Mama mungkin sudah tahu, negara kita Indonesia punya sangat banyak bumbu masakan nan lezat. Tapi tahukah Mama, ada beberapa jenis bumbu yang hanya bisa Mama temukan di Indonesia saja lho!


Salah satu alasan utama kenapa Indonesia bisa punya bumbu-bumbu masak yang unik adalah letak negara kita di garis khatulistiwa. Berdasarkan teorinya, negara dilalui lintang ekuator akan punya iklim tropis dengan berbagai tumbuhan yang berbeda dari negara lainnya.


Ingin tahu apa saja bumbu dengan cita rasa khas yang tidak akan bisa Mama dapat di negara selain Indonesia? Simak daftarnya di bawah ini.


1. Empon-Empon

Empon-empon adalah rimpang umbi-umbian dengan beragam rasa dan manfaat, seperti kunyit, kencur, temulawak, temuireng, lengkuas, temu putih, jahe, dan banyak lagi.


Selain sebagai pewarna makanan, empon-empon bisa memunculkan cita rasa khas dalam masakan.


Misalnya kencur dan lengkuas akan membuat masakan santan terasa lebih mantap rasa dan kekentalannya. Jahe dapat memunculkan aroma yang menghilangkan sensasi amis ikan, dan masih banyak lagi.


2. Cengkeh

Tahukah Mama, sejak masa kolonial dulu, cengkeh adalah salah satu hasil kebun Indonesia yang paling diincar dunia?


Bukan hanya untuk rokok, faktanya cengkeh juga sangat enak sebagai bahan makanan lho! Bahkan di luar negeri, bunga cengkeh banyak diperjualbelikan sebagai bumbu dengan cita rasa harum dan pedas.


Cengkeh ini paling cocok Mama pakai untuk bumbu penyedap masakan. Jika suka makanan gaya Italia (seperti pizza dan pasta), Mama juga bisa menambahkan bubuk cengkeh kering sebagai topping-nya.


3. Kemiri

Orang luar negeri banyak mentyebut kemiri sebagai “candlenut”. Sama seperti lengkuas, kemiri juga paling cocok untuk memasak bumbu bali dan masakan bersantan.


Di Indonesia, Mama menggunakan kemiri dengan cara mengulek atau menggiling dengan blender. Sementara itu di luar negeri, orang-orang banyak menggunakan kemiri dengan cara diekstrak dulu menjadi minyak.


Selain cita rasanya yang lezat sebagai bahan masakan, kemiri juga bagus untuk perawatan rambut lho!


4. Keluak

Keluak atau kepayang adalah salah satu bumbu membuat rawon yang tidak bisa Mama lewatkan. Kepayang memiliki sensasi gurih yang khas dan sedikit pedas. Selain itu, kepayang juga bisa menjadi bahan pewarna hitam alami.


Sebagai informasi, kepayang punya kulit super keras. Jika ingin membuat makanan berbahan dasar keluak, Mama bisa pakai batu uleg atau palu untuk membuat cangkang kepayang retak. Setelah itu, baru Mama bisa mencongkel isinya dengan sendok.


5. Kayu Manis

Kayu manis atau cinnamon adalah bumbu khas Indonesia berikutnya yang sudah populer di mancanegara. Bumbu satu ini dapat digunakan mengolah hampir segala jenis masakan, mulai dari yang rasanya asin, gurih, sampai manis.


Saat Mama menambahkan kayu manis dalam masakan, Mama bisa mendapatkan kombinasi cita rasa manis dan pedas. Bukan hanya itu, kayu manis juga akan memunculkan aroma khas yang menggugah selera makan.


6. Lada dan Pala

Selain cengkeh, lada dan pala juga merupakan komoditas Indonesia yang jadi bahan perebutan sejak zaman penjajahan. Di luar negeri, pepper dan nutmeg - sebutan lain untuk lada dan pala - adalah pengganti paprika atau cabe.


Selain pedas, lada dan pala juga bisa memunculkan cita rasa khas yang gurih dan membuat bumbu masakan lebih terasa.


7. Ketumbar

Bumbu dengan cita rasa khas Indonesia yang terakhir adalah ketumbar. Orang Barat menyebut ketumbar sebagai coriander atau cilantro.


Ketumbar banyak dipakai untuk menguatkan cita rasa masakan bersantan dengan sensasi asam bercampur pedasnya. Selain untuk santan, ketumbar juga bisa untuk bumbu makanan goreng, seperti tempe, ikan, dan tahu.


Dari 7 bumbu di atas, adakah bumbu cita rasa khas Indonesia favorit Mama?


sumber:https://images.unsplash.com/photo-1517646458010-ea6bd9f4a75f?ixid=MnwxMj

sumber:https://images.unsplash.com/photo-1610450622221-90387799d7f5?ixid=MnwxM

sumber:https://images.unsplash.com/photo-1589536677029-c0aa1808fba6?ixlib=rb-1.2.1

sumber:https://images.unsplash.com/photo-1622948765111-7ba69778cbdb?ixid=MnwxMj

sumber:https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/8/86/Kluwek.jpg

sumber:https://www.pexels.com/id-id/foto/tongkat-kayu-manis-71128/

sumber:https://cdn.pixabay.com/photo/2017/06/21/16/57/nutmeg-2427844_960_720.jpg

sumber:https://images.unsplash.com/photo-1608797178894-bf7c596932da?ixid=MnwxM

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.