7 Bumbu dengan Cita Rasa Khas Indonesia, Cuma Kita yang Punya!

Mama ingin tahu apa saja bumbu yang dapat memunculkan cita rasa khas Indonesia? Berikut ini 7 bumbu asli negara kita yang paling disukai di luar negeri! 


Bumbu-bumbu masakan di bawah ini hanya ada di Indonesia lho, Ma!


Mama mungkin sudah tahu, negara kita Indonesia punya sangat banyak bumbu masakan nan lezat. Tapi tahukah Mama, ada beberapa jenis bumbu yang hanya bisa Mama temukan di Indonesia saja lho!


Salah satu alasan utama kenapa Indonesia bisa punya bumbu-bumbu masak yang unik adalah letak negara kita di garis khatulistiwa. Berdasarkan teorinya, negara dilalui lintang ekuator akan punya iklim tropis dengan berbagai tumbuhan yang berbeda dari negara lainnya.


Ingin tahu apa saja bumbu dengan cita rasa khas yang tidak akan bisa Mama dapat di negara selain Indonesia? Simak daftarnya di bawah ini.


1. Empon-Empon

Empon-empon adalah rimpang umbi-umbian dengan beragam rasa dan manfaat, seperti kunyit, kencur, temulawak, temuireng, lengkuas, temu putih, jahe, dan banyak lagi.


Selain sebagai pewarna makanan, empon-empon bisa memunculkan cita rasa khas dalam masakan.


Misalnya kencur dan lengkuas akan membuat masakan santan terasa lebih mantap rasa dan kekentalannya. Jahe dapat memunculkan aroma yang menghilangkan sensasi amis ikan, dan masih banyak lagi.


2. Cengkeh