Artikel & Tips 5 Makanan Sebelum Jogging yang Wajib Ada
5 Makanan Sebelum Jogging yang Wajib Ada

5 Makanan Sebelum Jogging yang Wajib Ada

24 Nov 2022, 16:11

Satu hal yang banyak ditanyakan orang terkait olahraga adalah “boleh nggak makan sebelum olahraga?” Atau pertanyaan lainnya adalah: “Makanan apa sih yang bagus dikonsumsi untuk olahraga?” Nah, singkatnya, boleh dong kita makan sebelum olahraga, Ma. Kan makanan itu sumber energi kita. Tapi, untuk lebih jelasnya, berikut kita bahas 5 makanan wajib sebelum jogging yang wajib ada di rumah.


Pada prinsipnya, karena jogging adalah olahraga yang cukup menguras energi, maka kita membutuhkan asupan karbohidrat dan sumber-sumber lain yang bagus untuk menjaga level gula darah kita. 

Selain itu, Mama juga perlu mengingat bahwa makanan sebelum jogging ini bukan berarti dimakan langsung sebelum jogging. Seringkali banyak yang malah tidak kuat ketika olahraga tepat setelah makan. Untuk itu, perlu makan dengan porsi yang ringan saja. Mari kita lihat lima makanan sebagai bahan bakar yang wajib ada di rumah sebelum jogging. 


Roti gandum dan telur

Roti gandum utuh adalah makanan yang baik dikonsumsi karena mengandung karbohidrat yang sangat bagus. Selain karbohidrat, roti gandum juga mengandung serat dan rendah lemak, yang secara umum membantu penyerapan oksigen di dalam pembuluh darah. 


Untuk melengkapi sekaligus membuat roti gandum yang sederhana ini lebih terasa, siapkan juga telur yang boleh diceplok di atas teflon anti lengket. Kalau ingin lebih yakin tidak akan lengket, gunakan sedikit olive oil yang untuk memasak. 


Paduan roti gandum dan telur ini sangat recommended karena tiga hal. Mereka lengkap dengan adanya karbohidrat, serat dan protein. 


Pisang

Yang kedua ini adalah juga makanan yang wajib ada di rumah dan bisa dikonsumsi sebelum Mama dan keluarga yang sporty ini berangkat jogging di pagi hari. Pisang ini terutama sangat bermanfaat ketika tidak ada cukup waktu untuk menyiapkan makanan yang lebih lengkap seperti roti gandum dan telur di atas. Selain itu sangat dapat menstabilkan kadar gula darah.


Tapi apa sih yang membuat pisang ini begitu penting? Alasan utamanya adalah karena pisang adalah kandungan karbohidrat kompleksnya membuat kita merasa kenyang lebih lama sehingga memberi energi untuk beraktivitas. Yang tak kalah pentingnya, pisang merupakan sumber potasium yang bagus bagi tubuh dan mudah dicerna. 


Smoothie

Yang ketiga yang bisa menjadi pilihan makanan adalah smoothie, atau yang biasa disebut banyak orang sebagai “jus buah.” Ada satu yang perlu dicatat di sini: Mama tidak perlu menambahkan gula pasir di dalam smoothie yang Mama buat. 


Kandungan gizi smoothie tentu saja tergantung buah yang digunakan. Namun, secara umum smoothie sangat bagus karena serat dan gula alami yang dikandungnya. Dengan itu, smoothie akan menjadi sumber yang enak sekaligus kaya manfaat.


Trail mix semakin populer sebagai makanan sebelum jogging atau selama jogging


Kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah kering

Satu lagi yang sangat populer dan perlu mama persiapkan di rumah adalah kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah kering. Ketiga jenis makanan ini memiliki satu kemiripan, yaitu kaya akan serat. Serat ini membantu mengatur gula darah.


Selain memberikan karbohidrat yang dibutuhkan, kacang-kacangan kaya akan protein dan lemak tak jenuh yang bagus bagi jantung. 

Makanya, tidak heran kalau banyak sekali jenis trail mix yang terdiri dari berbagai jenis kacang, biji-bijian bunga matahari dan sebagainya, serta kismis dan sejenisnya. Mengonsumsi makanan semacam ini sangat populer di Eropa dan Amerika dan makanan yang baik untuk saat atau sebelum olahraga.


Kopi susu bisa diganti teh

Nah, yang terakhir ini mungkin tidak Mama sadari. Ya, kopi susu bagus lho diminum sebelum lari. Proteinnya tentu sangat dibutuhkan ketika nanti tubuh perlu memperbaiki sel-selnya setelah jogging. Sementara itu, kafeinnya membantu mengurangi nyeri yang seringkali terjadi setelah Mama dan keluarga berolahraga. 


Oh iya, kalau tidak terbiasa kopi, Mama boleh juga menggantikan sumber kafeinnya dengan teh, meskipun tentu tingkat kafeinnya tidak setinggi kopi. 

Jadi lima ini pastikan ada di rumah ya, Mama? Bahan-bahan ini akan sangat bagus bagi anggota keluarga yang suka jogging dan berolahraga kardio lainnya.


kalau ingin yang berat-berat, asalkan dikonsumsi dua atau tiga jam sebelum jogging, Mama bisa coba semangkuk oatmeal yang sudah dikreasikan menjadi bubur ayam oatmeal ala Masako® yang sehat dan bergizi ini, asalkan tidak terlalu banyak. Intinya, jangan dikonsumsi satu jam sebelum olahraga. Atau, kalau ingin yang praktis, ada lho pizza ayam Mayumi® yang bisa jadi teman sebelum berangkat jogging.


Source of thumbnail: Woman Cooking Sports Lunch by SeventyFour
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.