5 Ide Resep Makanan Sehari-Hari Murah Meriah Tapi Tetap Lezat

Makanan lezat tidak selalu identik dengan harga yang mahal. Mama tetap bisa mendapatkannya dari resep makanan sehari-hari dengan harga murah kok!

Beberapa resep rekomendasi dari Dapur Umami berikut ini adalah buktinya. Dengan modal terjangkau, Mama bisa menghadirkan resep makanan sehari-hari murah sesuai selera yang bisa membuat makan keluarga jadi lebih lahap. Berikut ini beberapa di antaranya!


Plecing Kangkung ala Ajinomoto

Bahan utama resep masakan sederhana sehari-hari untuk pemula ini adalah dua ikat kangkung yang mama cuci bersih seharga lima sampai enam ribu rupiah saja. Dengan tambahan sedikit budget, Mama bisa tambahkan satu ons tauge.

Sisanya, Mama tinggal memasukan semua bahan bumbu dapur yang masih tersedia seperti bawang merah, cabai rawit, kemiri, dan terasi menjadi bumbu halus. Jangan lupa koreksi rasa saat memasaknya. Kalau ada, boleh juga mama tambah dengan telur puyuh.

Agar semakin nikmat, pastikan Mama juga menambahkan air jeruk limau dan penyedap rasa dari Ajinomoto. 

Kombinasi bumbu beraroma kuat, rasa asam jeruk limau, serta gurih khas Ajinomoto, bisa bikin menu ini jadi favorit keluarga. 


Perkedel Tempe Umami

Dari 100 gram kentang dan tempe yang umumnya harganya tak sampai 10 ribu, Mama bisa dapatkan lauk padat nutrisi. Sudah jadi rahasia umum, kentang itu sumber karbo dan tempe itu sumber protein.

Cara membuat resep ini cukup simpel. Mama cukup campurkan kentang yang sudah dihaluskan, tempe cincang, seledri, gula, garam, dan bumbu Masako dalam satu wadah. Kombinasi adonan yang mama aduk rata tersebut sudah lebih cukup untuk memberi rasa umami dan aroma sedap.

Agar semakin gurih, jangan lupa celupkan adonan ke dalam kocokan telur sebelum menggorengnya. Mama bisa mengangkat lalu menyajikan perkedel ketika warnanya kuning kecoklatan.


Tahu Tek Surabaya ala Sajiku

Makanan khas Surabaya ini cocok Mama jadikan teman nasi sekaligus cemilan bergizi. Bermodal tahu putih, segenggam tauge, dan telur, Mama bisa buat sajian lezat di rumah.

Membuat resep ini juga sederhana, mirip membuat telur dadar. Perbedaannya terletak pada penambahan potongan tahu. Agar rasanya renyah, Mama perlu menambahkan tepung bumbu crispy dalam adonan tahu tek tek ini.

Kalau mau mendapatkan sensasi resep khas Surabayanya, Mama perlu menyiapkan bumbu kacang dan lontong. Jika menyiapkan lontong ribet dan memakan waktu, menyantapnya bersama nasi panas juga tak kalah nikmat. 


Telur Dadar Rica-Rica ala Masako

Bumbu rica-rica sebenarnya tak hanya cocok berpadu dengan ayam goreng. Kalau uang belanja sedang menipis, Mama bisa ganti ayam dengan telur. Selain harganya lebih murah, telur juga punya gizi yang tak kalah tinggi sebagai resep makanan sehari-hari di rumah.

Agar rasa telur tak terlalu standar, Mama bisa tambahkan terong ungu dalam kocokan dan bumbu Masako. Untuk sambal rica-ricanya, Mama bisa mengolahnya dari cabai merah, bawang merah, bawang putih, serai, jahe yang ditumbuk kasar.

Saat panaskan minyak dan mulai menumis, Mama perlu menambahkan garam, merica, dan bumbu masako lagi agar dapatkan gurihnya. Jangan lupa beri sedikit larutan tepung maizena untuk mendapatkan efek kental.


Sayur Asem Jatim ala Sajiku


Sayur berkuah adalah ide yang tepat jika Mama mencari makanan yang bikin seger. Dari sekian banyak sayur, sayur asem adalah pilihan yang sepertinya paling oke untuk Mama.

Mama hanya perlu menyiapkan sedikit kangkung, kecambah, kacang panjang, dan cabai merah besar. Untuk bumbunya, Mama tak perlu repot mencampurkan banyak bumbu. Cukup dengan Sajiku rasa sayur asem, urusan beres. 

Komposisi bumbu dari Ajinomoto ini tak kalah nikmat dengan bumbu tradisional. Kalau ragu, Mama bisa buktikan sendiri.

Pasti Mama sudah tak sabar kan mempraktekkan resep makanan sehari-hari murah meriah di atas? Kalau semuanya nanti selesai Mama coba, Mama bisa cari resep lain yang tak kalah murmer di Dapur Umami, oke?